Akhlak Tercela Pergaulan Remaja : Pengertian, Bentuk, Dampak dan Menghindari

  • Whatsapp
Akhlak Tercela Pergaulan Remaja : Pengertian, Bentuk, Dampak dan Menghindari

Wislah.com : Masa depan suatu bangsa terrletak di tangan para pemuda. Apabila pemudanya berkualitas dan kompetitif maka masa depan bangsa menjadi cerah. Untuk mempersiapkan generasi tangguh, dan berakhlak mulia maka para pemuda harus dididik dan diberi ruang untuk mengembangkan diri sesuai kemampuan yang dimilikinya melalui pendidikan di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat.

Kegiatan-kegiatan positif di lembaga-lembaga pendidikan formal, dan di tengah-tengah masyarakat. Jangan sampai ada remaja yang terjerumus ke dalam akhlak tercela pergaulan remaja misalnya kenakalan remaja (juvenile delinquency) yang berakibat munculnya gejala sakit (patologis) sosial pada anak-anak dan remaja.

Simak penjelasan tentang : Pengertian Prilaku Tercela Remaja, Bentuk Akhlak Tercela Pergaulan Remaja, Dampak Akhlak Tercela Pergaulan Remaja dan Menghindari Akhlak Tercela Pergaulan Remaja.

Pengertian Prilaku Tercela Remaja

Perilaku tercela remaja diidentikkan dengan kenakalan remaja. Kenakalan remaja (juvenile delinquency) adalah gejala sakit (patologis) secara sosial pada anak-anak dan remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial, sehingga mereka mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang. Tingkah laku kenakalan remaja cakupannya sangat luas mulai dari tingkah laku yang tidak dapat diterima sosial sampai pelanggaran status hingga tindak kriminal.

Baca Juga :   Pasar Modal : Pengertian, Fungsi, Jenis, Bapepam, Lembaga dan Profesi


Baca Juga : Menghindari Prilaku Menyimpang Pergaulan Remaja

Bentuk Akhlak Tercela Pergaulan Remaja

  1. Pergaulan seks bebas (free sex)

Hubungan seksual sebelum atau di luar nikah tidak dapat dibenarkan. Hubungan seksual akan dianggap sah dan dibenarkan apabila seseorang sudah resmi menikah. Naluri seksual yang tidak terkendali atau dilakukan tanpa aturan akan mendatangkan kekacauan di masyarakat, misalnya terjangkitnya penyakit kelamin, perkelahian, dan kesulitan menentukan orang tua biologis dari anak-anak yang dilahirkan. Pergaulan seks bebas (free sex) memicu munculnya pelanggaranpelanggaran yang baru, misalnya aborsi dan pembunuhkan bayi-bayi yang lahir dari hubungan seks di luar nikah tersebut.




  1. Tawuran

Remaja yang terlibat dalam tawuran seringkali dipicu oleh persoalan-persoalan yang sederhana, misalnya saling ejek, senggolan kendaraan, dan lain-lain. Yang lebih memperihatinkan adalah adanya beberapa remaja yang terlibat tawuran tetapi tidak mengetahui penyebabnya, hanya ikut-ikutan dengan dalih solidaritas yang keliru. Untuk itu, remaja harus jeli dan hati-hati apabila menghadapi permasalahan semacam ini.

  1. Mengkonsumsi minuman keras
Baca Juga :   Pendidikan Seks Bebas: Pengertian, Tujuan dan Bahaya

Di dalam alkohol ada racun yang disebut protoplasmic, yaitu racun yang mempunyai efek depresen pada sistem syaraf, sehingga orang yang mengkonsumsi minuman alkohol secara berlebihan akan kehilangan kemampuan untuk mengendalikan diri, baik secara fisik, psikologis maupun sosial. Hal inilah yang menyebabkan seorang pemabuk sering melakukan keonaran atau keributan bahkan perkelahian hingga pembunuhan. Oleh karena itu, pemabuk Atau alkoholis (pecandu alkohol) maupun pengedar minuman keras dianggap melanggar norma-norma sosial dalam masyarakat.

  1. Penyalahgunaan narkoba

Narkoba merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya. Dampak yang ditimbulkan dari mengkonsumsi narkoba sungguh sangat membahayakan. Pada awalnya, narkotika digunakan untuk keperluan medis, namun dalam perkembangannya sering disalahgunakan bukan untuk kepentingan medis. Di dunia medis, narkotika digunakan untuk keperluan operasi medis karena dapat memberikan rasa nyaman dan menghilangkan rasa sakit untuk sementara waktu. Namun apabila digunakan tanpa pengawasan dokter maka sangat membahayakan karena akan berpengaruh kepada sistem kerja otak dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Baca Juga : Akhlak Terpuji Pergaulan Remaja

Dampak Akhlak Tercela Pergaulan Remaja

  1. Bertentangan dengan nilai-nilai ajaran agama.
  2. Hilangnya budaya malu.
  3. Menimbulkan masalah kesehatan.
Baca Juga :   Surah Ali ‘Imran Ayat 103 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan

Menghindari Akhlak Tercela Pergaulan Remaja.

  1. Meningkatkan Kadar Iman Dan Amal Saleh.
  2. Meningkatkan Kualitas Akhlak Dan Etika Bergaul.
  3. Mengatur Waktu Dengan Baik.



Related posts