Tugas Lokakarya 3 Guru Penggerak (Meningkatkan Pembelajaran Melalui Berdiferensiasi dan Sosial Emosional)

Logo Guru Penggerak

Tugas Lokakarya 3 Guru Penggerak : Lokakarya 3 Guru Penggerak menyoroti dua aspek penting dalam dunia pendidikan, yaitu Pembelajaran Berdiferensiasi dan Sosial Emosional. Para Calon Guru Penggerak ditantang untuk mengintegrasikan pemahaman mereka tentang dua konsep ini dalam praktik mengajar sehari-hari┬╣.

Pemahaman Konsep

Dalam lokakarya ini, peserta diharapkan untuk menjalani serangkaian tugas yang akan membantu mereka memahami lebih dalam konsep Pembelajaran Berdiferensiasi dan Sosial Emosional. Ini melibatkan simulasi pembelajaran berdiferensiasi, praktik berkesadaran penuh (mindfulness), dan praktik integrasi 5 kompetensi sosial emosional dalam rencana pembelajaran┬╣.

  1. Simulasi Pembelajaran Berdiferensiasi: Calon Guru Penggerak harus mampu mendemonstrasikan pemahaman mereka tentang pembelajaran berdiferensiasi. Ini mencakup penggunaan metode dan pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar beragam di dalam kelas.
  2. Praktik Berkesadaran Penuh (Mindfulness): Peserta diharapkan dapat menunjukkan pemahaman mereka tentang mindfulness, teknik kesadaran diri yang dapat diterapkan dalam konteks pendidikan. Hal ini dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan fokus pada kehadiran saat ini.
  3. Praktik Integrasi 5 Kompetensi Sosial Emosional dalam Rencana Pembelajaran: Calon Guru Penggerak perlu mengaplikasikan pemahaman mereka tentang 5 kompetensi sosial emosional (self-awareness, self-management, social awareness, relationship skills, responsible decision-making) dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
  4. Membuat Rencana Berbagi Pengalaman: Sebagai hasil dari lokakarya, peserta diharapkan membuat rencana strategis untuk berbagi pengalaman mereka belajar konsep pembelajaran berdiferensiasi dan kompetensi sosial emosional dengan rekan sejawat┬╣.

Output dan Hasil Refleksi

Hasil dari Lokakarya 3 ini tidak hanya sebatas pada tindakan fisik, tetapi juga mencakup hasil refleksi mendalam. Peserta diharapkan untuk menciptakan:



  • Hasil Refleksi dari Simulasi Pembelajaran Berdiferensiasi: Catatan reflektif yang mencerminkan pengalaman dan pembelajaran mereka selama simulasi. Ini dapat mencakup kesuksesan, tantangan, dan ide-ide untuk pengembangan lebih lanjut.
  • Hasil Refleksi dari Praktik Mindfulness dan Integrasi 5 Kompetensi Sosial Emosional: Dokumentasi reflektif mengenai bagaimana mindfulness dan integrasi kompetensi sosial emosional memengaruhi praktik mengajar mereka dan dampaknya terhadap kelas.
  • Strategi Berbagi Pengalaman dengan Rekan Sejawat: Rencana strategis yang merinci cara mereka akan berbagi pengalaman dan pembelajaran mereka dengan rekan sejawat. Ini dapat melibatkan sesi kolaboratif, presentasi, atau forum diskusi.

Melalui tugas ini, Lokakarya 3 Guru Penggerak bertujuan untuk menciptakan lingkungan di mana pendidik dapat secara efektif menggabungkan Pembelajaran Berdiferensiasi dan Sosial Emosional dalam pendekatan pengajaran mereka, memberikan dampak positif pada pengalaman belajar siswa.

Related posts