Apa Saja Tugas Customer Service ? Beserta Pengertian, Fungsi, dan Tanggu Jawabnya

  • Whatsapp
Tugas Customer Service

Customer Service (CS) Adalah | Tugas Customer Service | Pengertian | Fungsi | Tanggung Jawab | Customer Service Bank

Fungsi dan Tugas Customer Service

Di bawah ini adalah kumpulan fungsi dan tugas dari Customer Service yang diungkap oleh Kasmir dalam bukunya “Etika Customer Service”, yaitu:

Sebagai Receptionist

Customer Service bertindak sebagai penerima tamu yang datang ke bank dengan ramah, sopan, tenang, simpatik, menarik dan menyenangkan Customer Service memberikan perhatian dan ucapan salam kepada nasabah yang datang dan berbicara dengan jelas.

Sebagai Deskman

Customer Service bertindak sebagai pemberi informasi mengenai produk perbankan, menjelaskan manfaat atau karakteristik produk yang akan digunakan menjawab pertanyaan nasabah. Brosur dan formulir sangat diperlukan untuk kelancaran kegiatan, dan membantu pengisian formulir aplikasi secara lengkap sesuai dengan transaksi nasabah.

Baca Juga :   Lingkungan Hidup Adalah ? Pengertian dan Jenis Lingkungan Hidup

Salesman

Customer Service bertindak atau berusaha untuk menjual produk perbankan diperlukan pendekatan-pendekatan kepada nasabah untuk sedia menggunakan produknya dan juga berusaha mencari nasabah baru. Keluhan dan permasalah nasabah juga perlu diperhatikan sebab menjadi tolak ukur untuk kinerja Customer Service.

Sebagai Customer Relation Officer

Customer Service bertindak sebagai penghubung antara bank dengan nasabah. Bukan tidak mungkin nasabah pindah ke lain bank karena pelayanan yang kurang, sehingga diperlukan hubungan yang baik antara bank dengan nasabah agar nasabah senang, puas dan percaya untuk menggunakan jasa dan produk yang kita miliki.

Sebagai Komunikator

Customer Service bertindak sebagai pemberi segala informasi mengenai produk dan jasa yang ditawarkan serta memberi kemudahan kepada nasabah. Selain itu juga sebagai tempat menampung keluhan dan sarana konsultasi nasabah. Hal ini untuk menjaga hubungan baik dan lancar antara bank dengan nasabah.

Pengertian Customer Service Menurut Para Ahli

Sebagai pelengkap dari daftar penjelasan tentang tugas customer service, di bawah ini beberapo definisi Customer Service yang diungkap oleh para ahli dari beberapa sumber:

Baca Juga :   Meninggalkan Shalat : Kedudukan dan Dampak

Menurut Kasmir dalam bukunya “Customer Service Excellent”, customer service secara umum adalah seseorang yang ditugaskan untuk memberikan pelayanan dalam bidang pembukuan rekening, penutupan rekening, menerima dan menyesesaikan berbagai keluhan pelanggan.

Menurut Malayu Hasibuan dalam bukunya“Manajemen Sumber Daya Manusia”, customer service merupakan bagian dari front office. Front office adalah bagian-bagian organisasi dimana para karyawan secara langsung melayani konsumen.

Menurut Suharto Abdul Majid dalam bukunya “Customer Service dalam Bisnis Jasa Transportasi”, Customer Service adalah ilmu dan seni tentang melayani pelanggan sebagai ujung tombak perusahaan yang berada di garis paling depan, yang secara fungsional berada di semua lini, baik di tahap sebelum, selama maupun sesudah dalam kegiatan produksi maupun nonproduksi suatu perusahaan.

Menurut Kasmir dalam bukunya “Customer Service Excellent”, customer service adalah kegiatan yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan nasabah melalui pelayanan yang diberikan seseorang

Baca Juga :   Keputusan Bersama : Pengertian, Bentuk, Cara dan Melaksanakan

Menurut Awaliddin “Managemen Bank Syariah”, customer service adalah suatu kegiatan yang merupakan diperuntukan atau ditunjukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan untuk memenuhi kebutukan dan keinginan. Seseorang customer service memegang peran yang sangat penting disamping memberikan pelayanan juga sebagai pembina hubungan masyarakat.

Tanggung Jawab Customer Service

Di bawah ini adalah kumpulan tugas dari Customer service dalam menjalankan tugasnya, yaitu :

1. Bertanggung jawab kepada pemimpin.

2. Secara efektif memberikan perbaikan kualitas operasi dan layanan bank yang telah ada dan yang akan diterapkan.

3. Melakukan koordinasi dan bekerja sama dengan bagian lainnya dalam memproses dan meningkatkan kualitas layanan bank.

4. Sebagai penghubung antara nasabah dengan bagian-bagian yang terkait dan batasan diatas wewenangnya.

5. Menjamin tetap terjadinya hubungan yang baik dan memuaskan bagi para nasabah, dimana hal ini menghimpun para nasabah.

6. Memberikan informasi mengenai semua jenis produk dan jasa bank termasuk manfaat dan keuntungannya bagi nasabah.

Related posts