Surah Yunus Ayat 40-41 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Surah Yunus Ayat 40-41 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan


Surah Yunus Ayat 40-41 | Bacaan Surah Yunus Ayat 40-41 | Terjemah Surah Yunus Ayat 40-41 | Mufradat Surah Yunus Ayat 40-41 | Isi Kandungan Surah Yunus Ayat 40-41 | Wislahcom | Referensi |

Bacaan Surah Yunus Ayat 40-41

وَمِنْهُمْ مَّنْ يُّؤْمِنُ بِهٖ وَمِنْهُمْ مَّنْ لَّا يُؤْمِنُ بِهٖۗ وَرَبُّكَ اَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِيْنَ

وَاِنْ كَذَّبُوْكَ فَقُلْ لِّيْ عَمَلِيْ وَلَكُمْ عَمَلُكُمْۚ اَنْتُمْ بَرِيْۤـُٔوْنَ مِمَّآ اَعْمَلُ وَاَنَا۠ بَرِيْۤءٌ مِّمَّا تَعْمَلُوْنَ



Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Dakwah

Terjemah Surah Yunus Ayat 40-41

  • Dan di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepadanya (Al-Qur`an), dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Sedangkan Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Cobaan

  • Dan jika mereka (tetap) mendustakanmu (Muhammad), maka katakanlah: “Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu tidak bertanggung jawab terhadap apa yang aku kerjakan dan aku pun tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu kerjakan.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Cinta Tanah Air



Mufradat Surah Yunus Ayat 40-41

dan di antara merekaوَمِنْهُمْ
ada orang-orang yang beriman kepadanya (Al-Qur`an)مَّنْ يُّؤْمِنُ بِهٖ
orang-orang yang tidak beriman kepadanyaمَّنْ لَّا يُؤْمِنُ بِهٖۗ
sedangkan Tuhanmuوَرَبُّكَ
lebih mengetahuiاَعْلَمُ
orang-orang yang berbuat kerusakanبِالْمُفْسِدِيْنَ
dan jika mereka (tetap) mendustakanmu (Muhammad)وَاِنْ كَذَّبُوْكَ
maka katakanlahفَقُلْ
bagikuلِّيْ
Pekerjaankuعَمَلِيْ
dan bagimu pekerjaanmuوَلَكُمْ عَمَلُكُمْۚ
Kamu tidak bertanggung jawabاَنْتُمْ بَرِيْۤـُٔوْنَ
terhadap apa yang aku kerjakanمِمَّآ اَعْمَلُ
dan aku pun tidak bertanggung jawabوَاَنَا۠ بَرِيْۤءٌ
terhadap apa yang kamu kerjakanمِّمَّا تَعْمَلُوْنَ

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Cemburu

Isi Kandungan Surah Yunus Ayat 40-41

Pada ayat 40 Allah Swt menjelaskan kepada Rasulullah Saw dan para pengikutnya bahwa keadaan orang musyrikin Makkah yang menerima ayat-ayat al-Quran akan terbagi menjadi dua golongan. Segolongan yang benar-benar mempercayai al-Quran dengan i’tikad yang kuat, mengikuti Nabi Muhammad Saw serta mengambil manfaat dari apa yang diwahyukan al-Quran kepadanya, dan segolongan lainnya tidak mempercayainya dan terus menerus berada dalam kekafiran, walaupun ia telah memperoleh keterangan yang tidak dapat dibantahnya. Namun demikian mereka tidak akan diazab secara langsung di dunia seperti yang dialami oleh kaum sebelum Nabi Muhammad Saw tetapi akan menerimanya nanti di akhirat.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Sosial Kemasyarakatan



Di akhir ayat dijelaskan bahwa Allah Swt lebih mengetahui tentang orang-orang yang membuat kerusakan, yaitu orang-orang yang menetapi kekafirannya, ingkar dan ragu. Mereka mempersekutukan Allah Swt dan menentang hukum-Nya, serta menganiaya diri mereka sendiri (karena fitrah mereka telah rusak). Mereka itulah orang-orang yang akan mendapat siksa yang pedih.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Sedekah

Pada ayat 41, Allah Swt menjelaskan apabila orang Musyrikin tetap mendustakan Rasulullah Saw (sesudah ditetapkannya hujjah melalui tantangan untuk membuat yang semisal dengan al-Quran) maka beliau diperintah untuk mengatakan kepada mereka bahwa beliau akan tetap meneruskan tugas-tugas kerasulannya sebagai penyampai perintah Allah Swt yang jelas kebenarannya, perintah berupa tuntunan ibadah, mengandung peringatan dan janji, yang menjadi pedoman kemaslahatan hidup di dunia dan akhirat. Beliau tidak diperintahkan untuk menghakimi mereka apabila mereka tetap mempertahankan sikap mereka yang mendustakan al-Qu`an dan mempersekutukan Allah Swt.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Sabar

Mereka berlepas diri (tidak bertanggung jawab) terhadap apa yang dilakukan oleh beliau, dan beliau pun tidak bertanggung jawab terhadap apa yang mereka lakukan. Maksudnya Allah Swt tidak akan menjatuhkan hukuman kepada seseorang karena kesalahan orang lain.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Negara

Related posts