Surah Sad Ayat 27-28 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Surah Ṣad Ayat 27-28 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan


Surah Sad Ayat 27-28 | Bacaan Surah Sad Ayat 27-28 | Terjemah Surah Sad Ayat 27-28 | Mufradat Surah Sad Ayat 27-28 | Isi Kandungan Surah Sad Ayat 27-28 | Wislahcom | Referensi |

Bacaan Surah Sad Ayat 27-28

وَمَا خَلَقْنَا السَّمَاۤءَ وَالْاَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا بَاطِلًا ۗذٰلِكَ ظَنُّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فَوَيْلٌ لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنَ النَّارِۗ

اَمْ نَجْعَلُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ كَالْمُفْسِدِيْنَ فِى الْاَرْضِۖ اَمْ نَجْعَلُ الْمُتَّقِيْنَ كَالْفُجَّارِ



Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Cinta Beda Agama

Terjemah Surah Sad Ayat 27-28

  • Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dengan sia-sia. Itu anggapan orang-orang kafir, maka celakalah orang-orang yang kafir itu karena mereka akan masuk neraka.
  • Pantaskah Kami memperlakukan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan sama dengan orang-orang yang berbuat kerusakan di bumi? Atau pantaskah Kami menganggap orang-orang yang bertakwa sama dengan orang-orang yang jahat?

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Berpikir Kritis

Mufradat Surah Ṣad Ayat 27-28

dan Kami tidak menciptakanوَمَا خَلَقْنَا
langitالسَّمَاۤءَ
dan bumiوَالْاَرْضَ
dan apa yang ada antara keduanyaوَمَا بَيْنَهُمَا
dengan sia-siaبَاطِلًا
celakalah orang-orangظَنُّ الَّذِيْنَ
orang-orang kafirكَفَرُوْا
nerakaمِنَ النَّارِۗ
pantaskah Kami memperlakukanاَمْ نَجْعَلُ
mengerjakan kebajikanوَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ
orang-orang yang berbuat kerusakanكَالْمُفْسِدِيْنَ
orang-orang yang bertakwaالْمُتَّقِيْنَ
sama dengan orang-orang yang jahatكَالْفُجَّارِ

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Berpaikan Dalam Islam



Isi Kandungan Surah Sad Ayat 27-28

Kata baṭilan pada ayat 27 dapat berarti batil, sia-sia tanpa tujuan dan main-main tanpa ada perintah dan larangan atau tanpa adanya realisasi pahala dan siksa.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran Tentang Berbakti Pada Orang Tua

Allah Swt menjelaskan bahwa Dia menjadikan langit, bumi dan makhluk apa saja yang berada di antaranya tidak sia-sia. Langit, matahari, bulan, bumi dan lainnya sangat besar artinya bagi kehidupan manusia. Semua itu diciptakan atas kekuasaan dan kehendak-Nya sebagai rahmat yang tidak ternilai harganya.



Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Berbuat Baik

Apabila memperhatikan dengan seksama terhadap makhluk yang ada di jagat raya ini, pasti akan diketahui bahwa semuanya tunduk dan taat pada ketentuan-ketentuan yang berlaku dan tidak bisa dihindari, seperti dalam proses penciptaan manusia mulai dari alam ruh, alam kandungan, lahir ke dunia, alam kubur sampai alam akhirat. Apabila manusia mengakui kemahakuasaan Allah, tentulah akan mengakui pula kekuasaan-Nya menurunkan wahyu kepada hamba pilihan-Nya.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Belajar

Ayat ini juga menunjukkan bahwa Allah-lah yang menciptakan amal perbuatan, karena amal perbuatan itu kejadiannya di antara langit dan bumi. Karena penciptaan langit dan bumi tidak sia-sia sehingga bisa dipastikan akan adanya hari berbangkit dan hari perhimpunan. Setiap orang yang tidak mempercayainya, maka dia adalah orang yang meragukan kebijaksanaan Allah dalam menciptakan langit dan bumi.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Aurat

Related posts