Surah Al-Maidah Ayat 2 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Surah Al-Maidah Ayat 2 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan


Surah Al-Maidah Ayat 2 | Bacaan Surah Al-Maidah Ayat 2 | Terjemah Surah Al-Maidah Ayat 2 | Mufradat Surah Al-Maidah Ayat 2 | Isi Kandungan Surah Al-Maidah Ayat 2 | Wislahcom | Referensi |

Bacaan Surah Al-Maidah Ayat 2

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُحِلُّوْا شَعَاۤىِٕرَ اللّٰهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلَا الْهَدْيَ وَلَا الْقَلَاۤىِٕدَ وَلَآ اٰۤمِّيْنَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرِضْوَانًا ۗوَاِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوْا ۗوَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ اَنْ صَدُّوْكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اَنْ تَعْتَدُوْۘا وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ

Terjemah Surah Al-Maidah Ayat 2

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi`ar-syi`ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatangbinatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari karunia dan keredhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian (mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.



Mufradat Surah Al-Maidah Ayat 2

hai orang-orang yang berimanيٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا
janganlah kamu melanggar syi`ar-syi`ar Allahلَا تُحِلُّوْا شَعَاۤىِٕرَ اللّٰهِ
dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haramوَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ
jangan (mengganggu) binatangbinatang had-yaوَلَا الْهَدْيَ
dan binatang-binatang qalaa-idوَلَا الْقَلَاۤىِٕدَ
dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullahوَلَآ اٰۤمِّيْنَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ
mereka mencariيَبْتَغُوْنَ
karuniaفَضْلًا
dari Tuhannyaمِّنْ رَّبِّهِمْ
keredhaanوَرِضْوَانًا
dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajiوَاِذَا حَلَلْتُمْ
maka bolehlah berburuفَاصْطَادُوْا
dan janganlah sekali-kali kebencian (mu) kepada sesuatu kaumوَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ
dan tolong-menolonglah kamuوَتَعَاوَنُوْا
dalam (mengerjakan) kebajikanعَلَى الْبِرِّ
dan takwaوَالتَّقْوٰىۖ
dan jangan tolong-menolongوَلَا تَعَاوَنُوْا
dalam berbuat dosaعَلَى الْاِثْمِ
dan pelanggaranوَالْعُدْوَانِ
sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nyaاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ

Isi Kandungan Surah Al-Maidah Ayat 2   

Di awal ayat ini menjelaskan bahwa Allah Swt. melarang hamba-Nya untuk melanggar aturan-aturan keislaman. Melanggar pada bulan-bulan yang dimuliakan, seperti bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharam, dan Rajab. Mengganggu binatang-binatang yang dijadikan sembelihan dan binatang-binatang yang sengaja dipersiapkan secara istimewa dengan tanda-tanda dilehernya untuk dipersembahkan sebagai bukti ketaqwaannya kepada Allah Swt.

Pada ayat ini juga Allah Swt. menghimbau kepada kaum muslimin untuk tidak menjadikan kebenciannya atas orang-orang yang pernah menghalau saat berkunjung ke baitullah mendorongnya untuk tidak saling membantu. Allah Swt. menegaskan bahwa prinsip dasar dalam menjalani kerjasama adalah harus dengan siapapun selama memiliki tujuan yang baik dan berdampak kemaslahatan umum.

Related posts