Surah Al-Isra Ayat 12 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Surah Al-Isra Ayat 12 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan


Surah Al-Isra Ayat 12 | Bacaan Surah Al-Isra Ayat 12 | Terjemah Surah Al-Isra Ayat 12  | Mufradat Surah Al-Isra Ayat 12 | Isi Kandungan Surah Al-Isra Ayat 12 | Wislahcom | Referensi |

Bacaan Surah Al-Isra Ayat 12

وَجَعَلْنَا الَّيْلَ وَالنَّهَارَ اٰيَتَيْنِ فَمَحَوْنَآ اٰيَةَ الَّيْلِ وَجَعَلْنَآ اٰيَةَ النَّهَارِ مُبْصِرَةً لِّتَبْتَغُوْا فَضْلًا مِّنْ رَّبِّكُمْ وَلِتَعْلَمُوْا عَدَدَ السِّنِيْنَ وَالْحِسَابَۗ وَكُلَّ شَيْءٍ فَصَّلْنٰهُ تَفْصِيْلًا

Terjemah Surah Al-Isra Ayat 12  

Dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda, lalu Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang, agar kamu mencari karunia dari Tuhanmu, dan supaya kamu mengetahui bilangan tahun-tahun dan perhitungan. Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas.



Mufradat Surah Al-Isra Ayat 12

dan Kami jadikanوَجَعَلْنَا
malamالَّيْلَ
dan siangوَالنَّهَارَ
sebagai dua tandaاٰيَتَيْنِ
lalu Kami hapuskanفَمَحَوْنَآ
terangمُبْصِرَةً
dan supaya kamu mengetahuiوَلِتَعْلَمُوْا
bilangan tahun-tahunعَدَدَ السِّنِيْنَ
dan perhitunganوَالْحِسَابَۗ
kami terangkanفَصَّلْنٰهُ
dengan jelasتَفْصِيْلًا

Isi Kandungan Surah Al-Isra Ayat 12

Pada ayat ini Allah Swt telah menampakkan dua tanda kekuasaan-Nya kepada manusia yaitu pergantian waktu malam dengan waktu siang. Waktu malam diperuntukkan manusia beristirahat, sedangkan di waktu siang digunakan untuk bertebaran mencari nafkah. Silih bergantinya siang dan malam itu, dimaksudkan agar manusia dapat menunaikan kewajiban dunianya dan akhiratnya secara adil dan khusyu’. Malam merupakan waktu yang paling tepat untuk menenangkan pikiran dan hati dengan meningkatkan kualitas ibadah, seperti zikir, doa dan salat malam. Begitu pula dengan waktu siangnya, di mana seseorang dapat beraktifitas dengan semangat dan penuh optimissebab ketenangan jiwa yang telah diupayakan saat malam harinya. Dengan adanya perbedaan waktu itu, manusia dapat dengan mudah menghitung tahun, bulan, minggu, dan harinya termasuk usia yang telah dilaluinya. Tidak hanya itu, kemudahan lainnya adalah upaya penyusunan kalender yang bisa dilakukan untuk setiap awal tahunnya.

Dengan demikian, semua aktifitas manusia di dunia ini dapat dilakukan dengan terencana dan terukur hasilnya. Rekayasa waktu yang telah Allah Swt. tetapkan ini bukanlah suatu kebetulan dan kebisa aan, bagi orang-orang yang benar-benar mengimani. Dia pasti akan dianugerahkan kemampuan untuk memaknai tanda-tanda kekuasaan-Nya dengan memfungsikan akal sehatnya.

Related posts