WISLAH.COM –Tulisan ini memuat soal dan kunci jawaban 3.7 Penggunaan Aplikasi Nearpod dalam Pembelajaran dalam Pelatihan Multimedia Berbasis Web, di Pintar Kemenag.
Sebagai informasi, pada pelatihan ini peserta akan mempelajari : 1. Pemanfaatan Google Classroom sebagai Kelas Maya 2. Desain Formulir Online Google Form 3. Penggunaan Google Sites sebagai Web Blog 4. Pemanfaatan Google Drive sebagai Media Penyimpanan 5. Penggunaan Mentimeter dalam Pembelajaran 6. Penggunaan Nearpod dalam Pembelajaran.
Persyaratan 1. PNS Kemenag dan Non-PNS Kemenag 2. Syarat Pangkat/Golongan Ruang : Semua 3. Syarat Jenis Kelamin : Semua 4. Syarat Pendidikan Umum : Semua
Masuk pada bahasan inti, berikut adalah Soal dan Kunci Jawaban 3.7 Penggunaan Aplikasi Nearpod dalam Pembelajaran:
1 dari 10 soal
Apa tujuan utama penggunaan Nearpod dalam pembelajaran?
A. Menghilangkan kebutuhan guru
B. Meningkatkan keterlibatan siswa
C. Meningkatkan koneksi internet
D. Membuat siswa tidur
Jawaban:
B. Meningkatkan keterlibatan siswa
2 dari 10 soal
Bagaimana siswa bisa mengakses materi yang dibagikan oleh guru melalui Nearpod?
A. Dengan mengirim surat elektronik
B. Dengan menelepon guru
C. Dengan mengetikkan kode sesi
D. Dengan mengunjungi kantor guru
Jawaban:
C. Dengan mengetikkan kode sesi
3 dari 10 soal
Nearpod adalah platform pembelajaran digital yang dirancang untuk membantu guru dalam mengintegrasikan apa?
A. Musik dalam pembelajaran
B. Multimedia dalam pembelajaran
C. Teknologi kehidupan sehari-hari
D. Seni rupa dalam pembelajaran
Jawaban:
D. Seni rupa dalam pembelajaran
4 dari 10 soal
Bagaimana guru dapat memantau kemajuan siswa selama sesi Nearpod?
A. Dengan menelepon setiap siswa
B. Dengan mengirimkan pesan teks
C. Dengan mengirim surat melalui pos
D. Melalui dashboard yang memberikan data waktu nyata
Jawaban:
D. Melalui dashboard yang memberikan data waktu nyata
5 dari 10 soal
Apa manfaat utama dari penggunaan Quizzes dalam Nearpod?
A. Mengumpulkan makanan
B. Melatih kemampuan menari
C. Membuat video pembelajaran
D. Membantu mengukur pemahaman siswa
Jawaban:
D. Membantu mengukur pemahaman siswa
6 dari 10 soal
Apa yang dimaksud dengan “Nearpod Live Participation?
A. Pertunjukan teater langsung
B. Acara olahraga langsung di sekolah
C. Konser musik langsung dalam kelas
D. Interaksi langsung dalam sesi Nearpod
Jawaban:
D. Interaksi langsung dalam sesi Nearpod
7 dari 10 soal
Nearpod dapat diakses melalui perangkat apa saja?
A. Hanya smartphone
B. Hanya kalkulator
C. Komputer desktop, smartphone, dan tablet
D. Hanya komputer desktop
Jawaban:
C. Komputer desktop, smartphone, dan tablet
8 dari 10 soal
Apa yang bisa guru lakukan saat siswa menjawab pertanyaan dalam sesi Nearpod?
A. Memberikan umpan balik langsung kepada siswa
B. Menghapus jawaban siswa
C. Mengirim hadiah fisik kepada siswa
D. Mengabaikan jawaban siswa
Jawaban:
A. Memberikan umpan balik langsung kepada siswa
9 dari 10 soal
Manakah dari berikut ini bukan fitur Nearpod?
A. Quizzes (Kuis)
B. Teleportasi
C. Virtual Reality (Realitas Virtual)
D. Collaborative Boards (Papan Kolaboratif)
Jawaban:
B. Teleportasi
10 dari 10 soal
Fitur apa yang memungkinkan guru membagikan presentasi dan mengizinkan siswa untuk mengikuti alur presentasi?
A. Nearpod VR
B. Collaborative Boards
C. Nearpod Quizzes
D. Virtual Reality
Jawaban:
B. Collaborative Boards