Ruang Lingkup Penelitian Menurut Para Ahli dan Contonya (Skripsi dan Tesis)

  • Whatsapp
Ruang Lingkup Penelitian Menurut Para Ahli

Ruang Lingkup Penelitian Adalah | Ruang Lingkup Penelitian Menurut Para Ahli | Contoh Ruang Lingkup Penelitian | Kualitatif | Kuantitatif | Skripsi | Tesis |

Ruang Lingkup Penelitian Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa (pengertian) ruang lingkup penelitian menurut para ahli yang dikutip dari berbagai sumber:  

  1. Menurut Dr. Dwi Purnomo, M.Pd., ruang lingkup penelitian adalah variable-variabel yang diteliti, populasi atau subjek penelitian, dan lokasi penelitian.
  2. Menurut Dr. Faisal Ananda Arfa, M.A., ‎dan Dr. Watni Marpaung, M.A, Ruang lingkup penelitian merupakan bingkai penelitian yang menggambarkan batas penelitian, mempersempit permasalahan, dan membatasi area penelitian.
  3. Menurut Dr. Tantur Syahdrajat, Ruang lingkup penelitian merupakan rumusan tentang pembatasan masalah yang diteliti beserta penjelasannya, yang meliputi materi/variabel, responden/data, waktu, dan tempat.

Contoh Ruang Lingkup Penelitian

Contoh Ruang Lingkup Penelitian Kuantitatif (Skripsi)

Berikut adalah contoh ruang lingkup penelitian kuantitatif dalam skripsi yang ditulis oleh Wulan Rahmadhanni, dengan judul “Pengaruh Profesionalisme Auditor, Karakteristik Personal Auditor, Batasan Waktu Audit Dan Fee Audit Terhadap Kualitas Audit ( Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Pekanbaru )”.

Baca Juga :   Pemikiran Socrates Tentang Negara dan Penelitian Tentangnya

Ruang Lingkup Penelitian



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kausal yang digunakan untuk menjelaskan pengaruh variabel independen profesionalisme auditor, karakteristik personal auditor, batasan waktu audit dan fee audit terhadap variabel dependen kualitas audit. Penelitian ini dilakukan pada seluruh Kantor Akuntan Publik di Pekanbaru yang terdaftar pada direktori 2016.

Jenis dan Sumber Data:

a. Jenis data

Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengukuran metrik menggunakan skala interval yang dapat diartikan sebagai skala yang mempunyai jarak yang sama antara kategori yang satu dengan kategori yang lainnya.

b. Sumber data

Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang dikumpulkan atau didapat oleh peneliti secara langsung dari sumber datanya. Untuk mendapatkan data primer peneliti harus mengumpulkan secara langsung.

Contoh Ruang Lingkup Penelitian Kualitatif (Skripsi)   

Berikut adalah contoh ruang lingkup penelitian kualitatif dalam skripsi yang ditulis oleh Nanda Eka Putri, dengan judul “Analisis Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Rs. Jiwa Tampan Provinsi Riau”.




Ruang Lingkup Penelitian

Baca Juga :   Durhaka Kepada Orang Tua : Larangan, Bentuk dan Dampak

Penelitian berupa studi kasus, yaitu metode pengumpulan data dengan mengambil beberapa elemen dan kemudian masing-masing elemen tersebut diteliti, kesimpulan yang ditarik hanya berlaku untuk elemen-elemen yang diteliti saja. Penelitian dilakukan pada RS. Jiwa Tampan Provinsi Riau dengan data berupa elemen-elemen yang menjadi tolak ukur dalam pengukuran kinerja, dengan metode Balanced Scorecard.

Contoh Ruang Lingkup Penelitian Pendidikan

Berikut adalah contoh ruang lingkup penelitian pendidikan dalam skripsi yang ditulis oleh Lilis Rahmawati, dengan judul “Pemanfaatan Media Sederhana Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”.

Ruang Lingkup Penelitian

Dalam penelitian ini membahas mengenai penggunaan media sederhana pada pembelajaran IPA, penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN Umbul Kapuk dari tanggal 24 Maret – 28 April 2016, berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Umbul Kapuk, pada saat pembelajaran di kelas khususnya pada pembelajaran IPA suasana kelas cenderung belum berpusat pada siswa. Meskipun demikian, pembelajaran seperti ini sering diterapkan karena tidak memerlukan alat dan bahan praktek, cukup penjelasan tentang konsep-konsep yang ada pada buku ajar atau referensi lain, sehingga aktivitas siswa dikelas kurang muncul dan evaluasi hasil belajar siswa masih banyak dibawah rata-rata. Maka dari itu peneliti mencoba melakukan Penelitian pada kelas IV dengan menggunakan media sederhana.

Baca Juga :   Saat ini telah semakin banyak perusahaan multinasional yang mendirikan restoran cepat saji di Indonesia. Secara tidak langsung fenomena tersebut juga berpengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat, terutama bagi kalangan anak muda. Dampak negatif dari adanya gejala sosial tersebut adalah …

Contoh Ruang Lingkup Penelitian (Tesis)

Berikut adalah contoh ruang lingkup penelitian dalam tesis yang ditulis oleh Arnelia Putri, dengan judul “Kegagalan Pragmatik Dalam Menanggapi Ilokusi Tuturan Tak Langsung”.

Ruang Lingkup Penelitian

Penelitian ini mengkaji mengenai kegagalan pragmatik dalam menanggapi ilokusi tuturan tak langsung. Sebagai penegasan terhadap judul penelitian di atas, penelitian ini membatasi isi atau lingkup dengan subjek penelitian berupa ilokusi tuturan tak langsung. Sedangkan objek penelitiannya adalah mahasiswa Sekolah Pascasarjana di salah satu perguruan tinggi negeri di Kota Bandung. Untuk dapat melihat berapa banyak kegagalan pragmatik yang terjadi dalam berkomunikasi, peneliti mengambil data dari beberapa peristiwa tutur. Peristiwa tutur sebagai sumber data penelitian ini di antaranya, yaitu (1) kegiatan belajar mengajar, (2) pelayanan mahasiswa dan fasilitas umum kampus, (3) diskusi atau belajar bersama, (4) kantin dan rumah kontrakan, dan (5) kegiatan kemahasiswaan. Objek penelitian selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teori kegagalan pragmalinguistik dan sosiopragmatik. Adapun variabel sosial yang berkaitan dengan kegagalan sosiopragmatik yaitu peran dan status, jenis kelamin, usia, dominasi/ otoritas, serta latar belakang budaya.




Related posts