Penjelasan tentang Penilaian dan evaluasi pemahaman dalam UbD

Soal Jawab

Tulisan ini adalah penjelasan atas pertanyaan Apa itu “Penilaian dan evaluasi pemahaman dalam UbD

Pertanyaan di atas meminta penjelasan tentang bagaimana penilaian dan evaluasi pemahaman dilakukan dalam kerangka Understanding by Design (UbD). UbD adalah pendekatan untuk merancang kurikulum dan instruksi yang berfokus pada pemahaman konseptual dan transfer pengetahuan. Dalam konteks ini, penilaian dan evaluasi merujuk pada bagaimana pemahaman siswa diukur dan dievaluasi dalam konteks UbD.

Jawaban


Penilaian dan evaluasi dalam UbD memiliki karakteristik unik yang membedakannya dari pendekatan tradisional. Berikut adalah beberapa aspek penting dari penilaian dan evaluasi dalam UbD:


  1. Fokus pada Pemahaman: Tujuan utama UbD adalah untuk mempromosikan pemahaman mendalam dan transfer pengetahuan. Oleh karena itu, penilaian dan evaluasi dirancang untuk mengukur sejauh mana siswa memahami konsep dan dapat menerapkannya dalam konteks baru.
  2. Penilaian Autentik: UbD menekankan pada penilaian autentik, yang berarti penilaian dirancang untuk mencerminkan tugas dan situasi dunia nyata sebanyak mungkin. Ini sering melibatkan tugas kinerja yang meminta siswa untuk menerapkan apa yang mereka pelajari dalam situasi yang kompleks dan realistis.
  3. Penilaian Sebagai Pembelajaran: Dalam UbD, penilaian bukan hanya digunakan untuk mengukur pemahaman, tetapi juga sebagai alat untuk mempromosikan pembelajaran lebih lanjut. Ini berarti bahwa umpan balik dari penilaian digunakan untuk membantu siswa memahami di mana mereka perlu memperbaiki dan bagaimana mereka dapat melakukannya.
  4. Penilaian Berkelanjutan: Penilaian dalam UbD bukanlah kegiatan satu kali, tetapi proses berkelanjutan yang terjadi sepanjang unit pembelajaran. Ini memungkinkan guru dan siswa untuk memantau pemahaman sepanjang waktu dan membuat penyesuaian yang diperlukan.
  5. Rubrik Penilaian: UbD menggunakan rubrik penilaian untuk memberikan kriteria yang jelas dan spesifik untuk apa yang diharapkan dari siswa. Rubrik ini memberikan deskripsi rinci tentang apa yang diharapkan pada setiap level kinerja, dan digunakan sebagai alat untuk memberikan umpan balik kepada siswa.

Secara keseluruhan, penilaian dan evaluasi dalam UbD dirancang untuk mendukung tujuan utama pendekatan ini, yaitu untuk mempromosikan pemahaman mendalam dan transfer pengetahuan. Dengan fokus pada pemahaman, penilaian autentik, penilaian sebagai pembelajaran, penilaian berkelanjutan, dan penggunaan rubrik penilaian, UbD menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung pemahaman siswa dan pertumbuhan berkelanjutan.

Related posts