Memproduksi Teks Rekon Berbentuk Berita Bertema Peristiwa, Pengertian, Struktur, Ciri dan Contoh

Perkalian dan Pembagian Bilangan Desimal, Contoh dan Cara Menghitungnya (Rangkuman Materi Matematika SD/MI Kelas 4 Bab 16) Kurikulum Merdeka

Memproduksi Teks Rekon Berbentuk Berita Bertema Peristiwa | Pengertian Teks Rekon | Struktur Teks Rekon | Ciri-Ciri Teks Rekon | Contoh Teks Rekon |

Pengertian Teks Rekon

Teks rekon adalah teks yang menjelaskan suatu kejadian yang pernah terjadi sesuai dengan urutan waktu kejadian. Rahman (2017:33) mengemukakan teks rekon atau cerita ulang adalah teks yang menceritakan kembali pengalaman masa lalu secara kronologis dengan tujuan memberi informasi kepada pembaca. Kemudian, menurut Dadang (2008:13) recount adalah sebuah cerita yang membawa pendengar atau pembaca ke sebuah perjalanan melewati berbagai rentetan kejadian. Recount adalah teks yang menceritakan kembali suatu peristiwa yang terjadi di waktu lampau, (Gestiana,2013:50).

Secara umum, teks rekon terdiri dari tiga jenis, yaiturekon pribadi, rekon faktual (informasional), dan rekon imajinatif. Adapun penjelasaanya sebagai berikut:

  • Rekon pribadi adalah cerita ulang yang memuat kejadian di mana si penulis terlibat langsung dalam cerita tersebut.
  • Rekon faktual (informasional) adalah cerita ulang yang memuat kejadian faktual seperti eksperimen ilmiah, laporan polisi, dan sebagainya.
  • Rekon imajinatif adalah cerita ulang yang memuat cerita imajinatif dengan lebih detil sehingga pembaca bisa membayangkan bagaimana proses ceritanya secara langsung.
Baca Juga :   Modul Ajar Biologi SMA Kelas 10, 11 dan 12 Kurikulum Merdeka 2022 (Download Contoh)

Struktur Teks Rekon

Teks rekon memiliki struktur, yang digunakan untuk memudahkan penulis dalam membuat atau menulis teks rekon dan untuk membedakan teks rekon dengan teks yang lain. Rahman (2017:34) menyatakan beberapa struktur dari teks rekon, yaitu sebagai berikut:


  • Orientasi yaitu pembuka isi atau dalam teks cerita secara langsung bisa kita masukan pengenalan tokoh secara umum, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, latar belakang keluarga, serta riwayat pendidikan tokoh yang diangkat.
  • Peristiwa dan masalah memperlihatkan berbagai pengalaman sang tokoh, baik peristiwa yang mengesankan maupun persoalan yang dihadapinya. Pada umumnya bisa dibagi menjadi beberapa urutan.

1. urutan peritiwa kehidupan tokoh (tahap-1),

2. urutan peritiwa kehidupan tokoh (tahap-2),

3. urutan peritiwa kehidupan tokoh (tahap-3).

  • Reorientasi adalah pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan. Reorientasi merupakan tahapan yang bersifat pilihan., artinya boleh saja bagian ini tidak disajikan oleh penulis.

Ciri Ciri Teks Rekon

Secara umum, teks rekon atau teks cerita ulang memiliki beberapa ciri-ciri berikut ini.



  • Bersifat faktual/imajinatif.
  • Menceritakan peristiwa masa lalu.
  • Disusun secara kronologis.
  • Sifatnya menghibur.
  • Memberi informasi masa lalu.
  • Berbagi pengalaman.
Baca Juga :   Menulis Teks Prosedur Bertema Beragam Kegiatan, Pengertian, Menyimak dan Contoh

Contoh Teks Rekon

Satgas: Jadikan Hari Pahlawan sebagai Teladan Perjuangan Melawan Pandemi Covid-19

JAKARTA – Peringatan Hari Pahlawan pada 10 November hendaknya menjadi momentum melanjutkan perjuangan para pahlawan. Namun, hari ini, perjuangan itu harus dilakukan menghadapi pandemi Covid-19 hingga Indonesia terbebas dan menuju Endemi Covid-19.

“Mari kita terus bekerja keras dan berkolaborasi untuk berjuang menghadapi Pandemi Covid-19 sehingga Indonesia dapat segera merdeka dari pandemi ini,” Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan di Graha BNPB, Kamis (11/11/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Ia memaparkan, selama ini Indonesia telah berjuang keras dalam melawan pandemi COVID-19. Seperti dalam program vaksinasi, Pemerintah terus mencukupi kebutuhan vaksin dengan mendatangkannya dari luar negeri. Per 8 November 2021, Pemerintah Indonesia secara resmi menerima kedatangan Vaksin Sinovac dalam bentuk jadi sebanyak 4 juta dosis.

Kedatangan Vaksin Covid-19 Tahap 115 ini menambah total keseluruhan vaksin yang diterima Indonesia menjadi sekitar 326 juta dosis dalam bentuk bahan baku (bulk) dan vaksin jadi. Pemerintah menargetkan 123 juta penduduk mendapat vaksin Covid-19 dosis lengkap akhir tahun 2021.

Baca Juga :   Sebaran Flora dan Fauna Dunia, Sistem Bioma dan Menurut Alfred Russel Wallace

Kabar baik lainnya adalah capaian babak baru vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Pekan lalu, Indonesia berhasil menyuntikkan lebih dari 200 juta dosis vaksin, yang menempatkan negeri ini dalam peringkat 5 besar negara dengan jumlah vaksinasi terbanyak di dunia.

“Terima kasih atas peran kita semua dalam upaya panjang untuk bersama-sama menghentikan laju pandemi ini,” lanjutnya.

Disamping itu, Pemerintah terus mengapresiasi kerja keras para tenaga kesehatan. Melalui Kementerian Kesehatan pada 10 – 13 November 2021 di Jakarta,  menyelenggarakan acara Pemberian penghargaan Bidang Kesehatan bagi tenaga Kesehatan dan Sumber Daya Manusia Penunjang Tingkat Nasional Indonesia.

Penghargaan diberikan secara khusus kepada para tenaga kesehatan dan penunjang yang telah memberikan waktu, tenaga, serta baktinya kepada rakyat Indonesia selama hampir 2 tahun terakhir menghadapi pandemi Covid-19.

“Saya ucapkan selamat dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para individu hebat yang telat berjuang tanpa lelah menjadi benteng pertahanan kita dalam menghadapi badai pandemi ini,” pungkas Wiku.


Baca Kumpulan: Rangkuman Bahasa Inggris Tingkat Lanjut Kelas 11 SMA

Related posts