Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila (PPKN) Kelas 9 Halaman 26, 27 Kurikulum Merdeka

KUNCI JAWABAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila (PPKN) Kelas 9 Halaman 26, 27 | Kurikulum Merdeka |

Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila (PPKN) Kelas 9 Halaman 26, 27 Kurikulum Merdeka

Pada postingan ini anda akan mendapatkan kunci jawaban dari Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila (PPKN) Kelas 9 SMP, MTS Halaman 26, 27

Tapi, bijaklah dalam memanfaatkan kunci jawaban dari tulisan ini.


Bagaimanapun fungsi pertanyaan dalam sebuah proses pembelajaran Pendidikan Pancasila (PPKN) Kelas 9 SMP, MTS adalah untuk mengukur daya serap dari berlangsungnya pembelajaran Pendidikan Pancasila.

Penting bagi guru tahu secara objektif pemahaman anda dari materi yang sampaikan oleh beliau.

Jadi anggap saja, Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila (PPKN) Kelas 9 SMP, MTS adalah bagian proses pembelajaran anda sebagai siswa mengenai materi yang sedang diajarkan.

Tapi jika, anda adalah orang tua dari siswa SD, MI Kelas 5 yang sedang membantu anaknya untuk mengajarkan tugas.

Besar harapan kami (wislah.com), agar proses yang ada lakukan adalah bagian dari pendidikan anda untuk anak, agar lebih berkembang dalam memahami materi Pendidikan Pancasila Kelas 9 SMP, MTS.

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 9 Halaman 46, 47 Kurikulum Merdeka

Tapi jika anda adalah guru dari mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 9 SMP, MTS. Bapak/ibu guru yang sangat kami hormati, ini adalah kunci jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 9 SMP, MTS dari soal yang ada dalam Buku Pendidikan Pancasila (PPKN) Kelas 9 SMP, MTS pada Halaman 26, 27.

Bapak/Ibu guru bisa memanfaatkan wislah.com, karena isinya bukan hanya kunci jawaban yang ada dalam buku siswa Pendidikan Pancasila Kelas 9 SMP, MTS, tetapi kami juga berpartisi aktif dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka, dengan ikut serta membagikan berbagai hal tentang kurikulum ini, antara lain:

Semoga ini adalah bagian dari sumbangsih kami (wislah.com), ikut serta dalam memajukan kehidupan bangsa, terutama dalam bidang pendidikan, lebih khusus lagi penyebaran secara merata referensi untuk para pelajar di berbagai daerah di Indonesia.

Doakan kami (wislah.com) terus tumbuh dan berkembang, sehingga apa yang menjadi niatan kami bisa tercapai serta bermanfaat.

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 9 Halaman 65 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila (PPKN) Kelas 9 Halaman 26, 27

Pasangkan pernyataan pada bagian A (soal) dengan bagian B (pilihan) secara tepat!

Jawaban:

1. Sila Keempat

2. Sila Kelima

3. Sila Kedua

4. Sila Ketiga

5. Sila Kesatu

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 9 Halaman 62 Kurikulum Merdeka


Jawablah pertanyaan di bawah ini!

1. Pancasila merupakan norma dasar (Grundnorm/Staats Fundamentalnorm) yang berfungsi sebagai falsafah bernegara dan pedoman cita-cita berbangsa dan bernegara. Bagaimana kamu menghayati Pancasila sebagai norma dasar dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban:

Saya menghayati Pancasila sebagai norma dasar dalam kehidupan keseharian dengan: pertama, selalu mengingat bahwa Pancasila merupakan falsafah hidup bangsa yang menjadi pedoman bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Saya menghayati nilai-nilai Pancasila, mulai sila pertama sampai kelima, yaitu ketuhanan, kemanusian, persatuan, permusyawaratan dan perwakilan, dan keadilan sosial. Kedua, mencoba mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-sehari, seperti peduli terhadap sesama, toleran, gotong royong, dan bersikap adil. Ketiga, menjadi peserta didik yang bertanggung jawab dengan cara belajar dengan giat, menghargai sesama, patuh pada orang tua dan guru, bekerja sama, dan tolong-menolong.

2. Kondisi Indonesia yang memiliki keberagaman suku bangsa, asal daerah, agama dan kepercayaan, dan kondisi sosial ekonomi menjadi sebuah tantangan. Berdasarkan kondisi tersebut, sikap apa yang harus dimiliki oleh peserta didik ketika menghadapi keberagaman Indonesia, serta nilainilai Pancasila apa yang harus menjadi pedomannya?

Jawaban:

Sikap yang harus dimiliki peserta didik sebagai berikut.

a. Bersikap toleran, menghargai perbedaan, terbuka, dan saling membantu meskipun berbeda suku, bangsa, agama, dan kelas sosial.

b. Berupaya untuk peduli dan membantu sesama tanpa melihat perbedaan suku bangsa, asal daerah, agama dan kepercayaan, serta kondisi sosial ekonomi. Artinya mau berteman dengan siapa pun, meskipun terdapat perbedaan yang tampak. Nilai Pancasila yang dijadikan pedoman terkait keberagaman adalah sila ketiga yaitu “Persatuan Indonesia”. Meskipun beragam, Indonesia harus bersatu untuk meraih cita-cita dan tujuan nasional, menjadikan seluruh rakyat Indonesia sejahtera.

3. Salah satu tujuan negara yang tercantum dalam Alinea IV Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Apa yang harus dilakukan negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia? Jelaskan pendapatmu!

Jawaban:

Upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai berikut.

a. Meningkatkan akses pendidikan bagi setiap penduduk. Selain akses, pemerintah juga perlu meningkatkan kualitas pendidikan bagi setiap penduduk di usia sekolah.

b. Menyediakan fasilitas pendidikan, seperti sarana prasarana, teknologi pembelajaran, akses internet dan listrik. Dengan demikian, setiap anak dapat mengenyam pendidikan yang berkualitas

c. Mengutamakan riset dan pengembangan teknologi. Pemerintah perlu mendukung riset-riset yang dilakukan oleh akademisi dan memacu pengembangan teknologi terbaru yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh penduduk.

d. Mendukung pengembangan kreativitas dan inovasi yang dilakukan anak-anak muda. Anak-anak muda diberi kesempatan pelatihan dan pendanaan pada setiap program yang mampu meningkatkan kreativitas dan inovasi di kalangan anak muda.

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 9 Halaman 49, 50, 51 Kurikulum Merdeka

4. Dalam konteks kehidupan bernegara, Pancasila menjamin masyarakat yang beragam untuk memiliki hak yang setara dalam beribadah, bekerja, memperoleh fasilitas pendidikan dan kesehatan, jaminan sosial, dan layanan-layanan publik lainnya. Menurutmu, bagaimana cara menerapkan upaya-upaya tersebut dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban:

Pemerintah sudah berupaya untuk menjamin hak yang setara dalam beribadah, bekerja, memperoleh layanan pendidikan, kesehatan, jaminan sosial, dan layanan publik lainnya. Meskipun demikian, implementasi upaya tersebut masih belum optimal karena ada banyak tantangan dalam memberikan hak pada setiap warga negara.

Related posts