Kunci Jawaban IPAS Kelas 6 Halaman 24 Kurikulum Merdeka

KUNCI JAWABAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Kunci Jawaban IPAS Kelas 6 Halaman 24 | Kurikulum Merdeka |

Kunci Jawaban IPAS Kelas 6 Halaman 24 Kurikulum Merdeka

Pada postingan ini anda akan mendapatkan kunci jawaban dari Mata Pelajaran IPAS Kelas 6 SD, MI Halaman 24

Tapi, bijaklah dalam memanfaatkan kunci jawaban dari tulisan ini.


Bagaimanapun fungsi pertanyaan dalam sebuah proses pembelajaran IPAS Kelas 6 SD, MI adalah untuk mengukur daya serap dari berlangsungnya pembelajaran IPAS.

Penting bagi guru tahu secara objektif pemahaman anda dari materi yang sampaikan oleh beliau.

Jadi anggap saja, Kunci Jawaban IPAS Kelas 6 SD, MI adalah bagian proses pembelajaran anda sebagai siswa mengenai materi yang sedang diajarkan.

Tapi jika, anda adalah orang tua dari siswa SD, MI Kelas 6 yang sedang membantu anaknya untuk mengajarkan tugas.

Besar harapan kami (wislah.com), agar proses yang ada lakukan adalah bagian dari pendidikan anda untuk anak, agar lebih berkembang dalam memahami materi IPAS Kelas 6 SD, MI.

Tapi jika anda adalah guru dari mata pelajaran IPAS Kelas 6 SD, MI. Bapak/ibu guru yang sangat kami hormati, ini adalah kunci jawaban IPAS Kelas 6 SD, MI dari soal yang ada dalam Buku IPAS Kelas 6 SD, MI pada Halaman 24.

Bapak/Ibu guru bisa memanfaatkan wislah.com, karena isinya bukan hanya kunci jawaban yang ada dalam buku siswa IPAS Kelas 6 SD, MI, tetapi kami juga berpartisi aktif dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka, dengan ikut serta membagikan berbagai hal tentang kurikulum ini, antara lain:

Semoga ini adalah bagian dari sumbangsih kami (wislah.com), ikut serta dalam memajukan kehidupan bangsa, terutama dalam bidang pendidikan, lebih khusus lagi penyebaran secara merata referensi untuk para pelajar di berbagai daerah di Indonesia.

Doakan kami (wislah.com) terus tumbuh dan berkembang, sehingga apa yang menjadi niatan kami bisa tercapai serta bermanfaat.

Baca Juga : Kunci Jawaban IPAS Kelas 6 Halaman 51 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban IPAS Kelas 6 Halaman 24

Uji Pemahaman

1. Ceritakan bagaimana tubuh manusia bisa bergerak!

Jawaban:


Peserta didik diharapkan dapat menjawab dengan bahasanya sendiri. Pada intinya, tubuh manusia bergerak karena memiliki sistem gerak yang terdiri atas tulang, otot, sendi, dan sistem saraf. Rangka membuat tubuh kita kokoh. Adanya sendi antartulang membuat gerak kita menjadi lentur. Walaupun sendi memiliki batas gerak yang berbeda-beda. Agar dapat bergerak, tulang digerakkan oleh otot. Ada sistem saraf yang juga terlibat dalam upaya menggerakkan otot-otot yang ada pada tubuh kita.

2. Aga senang sekali bermain di telepon pintarnya. Ia bisa bermain dalam waktu lama dengan posisi tubuh seperti pada gambar berikut.

a. Bagian tulang mana yang akan terkena dampak?

b. Seperti apa kemungkinan dampaknya?

c. Apa yang perlu Aga perbaiki dari sikapnya?

Jawaban:

a. Tulang leher dan tulang punggung.

b. Jawaban peserta didik dapat bervariasi sesuai tingkat pemahamannya. Pada intinya, tulang leher dan punggung bisa kaku, sakit, dan pegal. Sakit leher dapat berdampak ke kepala seperti pusing. Jika menjadi kebiasaan saat masih usia pertumbuhan, ada risiko terkena kifosis.

Baca Juga : Kunci Jawaban IPAS Kelas 6 Halaman 58, 59 Kurikulum Merdeka

c. Agar perlu menjaga posisi mata dan telepon pintar sejajar agar tidak menunduk. Melakukan peregangan di bagian leher dan punggung. Kemudian, mengurangi waktu penggunaan telepon pintarnya dengan cara melakukan aktivitas lain.

3. Mia alergi terhadap produk berbahan susu. Perutnya akan sakit jika mengonsumsi produk ini. Padahal, susu merupakan salah satu sumber kalsium. Apa saran yang dapat kalian berikan kepada Mia agar ia tetap dapat memenuhi kebutuhan kalsiumnya sehari-hari?

Jawaban:

. Mia dapat mengonsumsi makanan lain yang juga mengandung kalsium. Seperti ikan sarden, sayuran hijau, serta kacang-kacangan (kacang kedelai dan kacang almond). Sebaiknya, Mia juga rajin berjemur di pagi hari agar tidak kekurangan vitamin D.

4. Seorang pecinta alam terjebak di dalam gua selama 30 hari. Ia dapat bertahan hidup di dalam kegelapan dengan cara memakan persediaan makanan yang tersisa dari bekal yang dibawa dan minum dari sumber air yang ada di dalam gua tersebut. Setelah diselamatkan oleh tim SAR, orang tersebut dibawa ke rumah sakit. Dokter menyampaikan jika rangka kaki orang tersebut mengalami kerapuhan. Ia kesulitan untuk berdiri dan berjalan. Menurut kalian apa yang menyebabkan kondisi tersebut? Jelaskan!

Jawaban:

Kemungkinan penyebabnya kekurangan vitamin D dan kalsium. Orang tersebut tidak kena sinar Matahari selama 30 hari karena terjebak di dalam gua yang gelap. Tanpa vitamin D, tubuh kita akan kesulitan menyerap kalsium dari makanan. Jika asupan kalsium tidak cukup maka tubuh akan mengambil kalsium dari tulang dan gigi. Akibatnya tulang akan rapuh.

Baca Juga : Kunci Jawaban IPAS Kelas 6 Halaman 64 Kurikulum Merdeka

Related posts