Nasehat Kyai NU : Kata Kata Bijak, Quotes, Caption, dan Status WA Nahdlatul Ulama

  • Whatsapp
Kata Kata NU : Kata Kata Bijak, Quotes, Caption, dan Status WA Nahdlatul Ulama

Kata Kata NU | Nahdlatul Ulama | Kata Mutiara Kyai | Quotes NU | Kata Bijak Ulama | Kata Mutiara Fatayat | Kata Bijak GP Ansor | Nasehat Bijak Kyai | Wislahcom | NU Milenial | KAta

Nahdlatul Ulama (NU) adalah organisasi Islam terbesar di Indonesia. Organisasi ini berdiri pada 16 Rajab 1344 (31 Januari 1926).

Dengan usia organisasi yang sudah lama, sangat wajar jika Nahdlatul Ulama (NU) melahirkan banyak ulama / kyai / ajegan.

Salah satu dampak yang sangat terasa di tengah kultur generasi milenail adalah bertebaran di media sosial Quotes Ulama Nahdlatul Ulama (NU). Dikemas dalam bentuk gambar , video singkat, sampai animasi.

Nah, kumpulan Nasehat Kyai NU ini adalah sajian dalam bentuk lain, namun tetapi bisa digunakan sebagai bahan Caption Ig, Status WA,Status Facebook, Twiter dan Tiktok.

Nahdlatul Ulama (NU) walaupun sebagai organisasi dengan nilai tradisinya yang kuat, tidak boleh melepaskan momen ini. Karena ruang ruang sosial media pun sejatinya ruang Dakwah NU.

Kata Bijak Ulama Nahdlatul Ulama (NU)

Orang yang tidak mampu melihat kekurangannya sendiri, sulit bisa melihat kelebihan-kelebihan orang lain. (KH. Mustafa Bisri)

Malaikat tidak pernah salah, setan tidak pernah benar. Manusia bisa salah dan benar, maka kita dianjurkan saling mengingatkan bukan menyalahkan. (KH. Mustafa Bisri)

Menghormati orang lain adalah bagian dari menghormati diri sendiri. (KH. Mustafa Bisri)

Sebelum Anda menasihati orang banyak, sudahkah Anda menasihati diri Anda sendiri? (KH. Mustafa Bisri)

Zaman akhir iku senengane podo ngatur pangeran. yaiku podo akeh-akehan istighosahan koyo-koyo demo marang pangeran.

(Zaman akhir itu banyak orang yang mendemo Tuhan yaitu dengan cara Istighosah, seolah-olah seperti mengatur Tuhan).  (KH. Maimun Zubair)

Membela tanah air berarti membela agama. Hal ini merupakan sesuatu yang secara spiritual diyakini, secara gagasan dipikirkan, dan secara empiris dikerjakan. (KH. Said Aqil Siroj)

Nasehat Kyai Nahdlatul Ulama (NU)

Wong Yahudi iku biyen gelem mulang angger dibayar, tapi akehe kiyai saiki ngalor ngidul karo rokoan ora gelem mulang nak ora dibayar, gelem mulang angger dibayar.

(Orang Yahudi dulu mau mengajar kalau dikasih uang, tetapi kebanyakan kyai sekarang mondar-mandir sambil rokoan tidak mau mengajar kalau tidak dikasih uang). (KH. Maimun Zubair)

Apik-apik’e wong iku taqwo marang Allah yoiku ora ngelakoni doso mboh iku doso cilik utowo doso gede kabeh iku di inggal.

(Bagus-bagusnya orang itu ialah orang yang bertaqwa, yaitu tidak mau melakukan dosa, baik dosa kecil maupun besar semuanya ditinggal).  (KH. Maimun Zubair)

Nak wong ahli toriqoh utowo ahli tasawuf iku ora ono bedone doso iku gede utowo cilik podo bae kabeh didohi.

(Kalau orang Ahli Toriqoh atau Tasawuf tidak ada bedanya dosa itu baik besar atau kecil semuanya ditinggalkan). (KH. Maimun Zubair)

Baca Juga :   Quotes Andrea Hirata : Kumpulan Kata Bijak dari Pemikiran Seorang Novelis (Penulis Laskar Pelangi)

Caci maki dan fitnah sama sekali bukanlah argumentasi dan jauh dari akhlak Islami. (KH. Mustafa Bisri)

Boleh berhenti sekolah, tapi jangan berhenti belajar. (KH. Mustafa Bisri)

Tidak ada jabatan di dunia ini yang perlu dipertahankan mati-matian. (Gus Dur)

Quotes Bijak Nahdlatul Ulama (NU)

Sabar itu gak ada batasnya, kalau ada batasnya berarti gak sabar. (Gus Dur)

Yang lebih penting dari politik adalah kemanusiaan. (Gus Dur)

Tuhan tidak perlu di bela karena DIA yang Maha Kuasa. (Gus Dur)

Agama jangan jauh dari kemanusiaan. (Gus Dur)

Keberhasilan pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam mensejahterakan umat yang mereka pimpin. (Gus Dur)

Kita butuh Islam yang ramah bukan Islam yang Marah. (Gus Dur)

Kata Mutiara Kyai Nahdlatul Ulama (NU)

Kita semua adalah orang biasa dalam pandangan orang-orang yang tidak mengenal kita.

Kita adalah orang yang menarik di mata orang yang memahami kita.

Kita istimewa dalam penglihatan orang-orang yang mencintai kita.

Kita adalah pribadi yang menjengkelkan bagi orang yang penuh kedengkian.

Kita adalah orang-orang jahat di dalam tatapan orang-orang yang iri.

Pada akhirnya, setiap orang memiliki pandangannya masing masing, maka tak usah berlelah lelah agar tampak baik di mata orang lain.

Cukuplah dengan ridha Allah bagi kita, sungguh mencari ridha manusia adalah tujuan yang tak kan pernah tergapai.

Sedangkan Ridha Allah, destinasi yang pasti sampai, maka tinggalkan segala upaya mencari keridhaan manusia, dan fokus saja pada ridha Allah. (KH. Said Aqil Siroj)

Ada yang sibuk memperdebatkan ibadah, hingga tak sempat ibadah. (KH. Mustafa Bisri)

Kerendahanmu tidak akan terangkat dengan merendahkan orang lain. (KH. Mustafa Bisri)

Kata Kata Nasehat Bijak KH. A. Wahid Hasyim

Ungkapkanlah apa yang ingin diungkapkan. (Jangan ragu) pemuda memang selalu dicemooh lantaran kecakapannya.

Tatkala waktuku habis tanpa karya dan pengetahuan, lantas apa makna umurku ini?

Biarkan aku meraih kemuliaan yang belum tergapai. Derajat kemuliaan itu mengikuti kadar kemudahan dan kesulitannya. Engkau kerap ingin mendapatkan kemuliaan itu secara murah. Padahal pengambil madu harus merasakan sengatan lebah.     

Kata Kata Nasehat Bijak KH. Hamid Pasuruan

Shalat shubuh jamaah! Gak usah tanya lagi nak, setengah tahun saja rasakan, kalau hidupmu banyakan melaratnya daripada enaknya, marahin yai siap aku, di maki kamu siap aku, tapi harus jamaah shubuh. Wes gak usah banyak tanya lagi, sana pulang!

Kata Kata Nasehat Bijak KH. Hasan (Mbah Mangli)

Bila Seorang Ulama Ikhlas Menyebarkan Agama Allah, Maka Apapun Yang Diinginkannya Pasti Dikabulkan langsung Oleh Allah.

Kata Kata Nasehat Bijak Habib Lutfhi bin Yahya

Perselisihan para ulama fiqih ibarat biji mangga, tumbuh bercabang kemudian menumbuhkan ranting, dari ranting kemudian muncul dedaunan dan buah-buahan yang memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda.

Sesama wali quthub meski memiliki pangkat kewalian yang sama tetapi memiliki sirr atau rahasia yang berbeda. Salah satu hikmahnya adalah agar tidak ada kecemburuan di antara makhluk Allah.

 Jangan sekali-kali melupakan guru yang telah mengenalkanmu dzahir-dzahir syariat, terlebih guru mursyidmu yang telah membimbingmu menuju Allah. Salah satu sebab kenapa aku memperoleh derajat terhormat saat ini adalah karena aku sangat menghormati guru-guruku.

Jangan kau akui keilmuan seorang alim yang suka mencerca para auliya’ dan ulama.

Kata Kata Nasehat Bijak KH. Sahal Mahfudz

Pendidikan Islam pada dasarnya adalah proses pembentukan watak, sikap, dan perilaku Islam yang meliputi Iman ( akidah ), Islam ( syariat ), dan Ihsan ( akhlak, etika, dan tasawuf )

Baca Juga :   Quotes Buya Hamka : Kumpulan Kata Bijak dari Pemikiran Seorang Ulama

Tujuan umum pendidikan di pesantren ialah membentuk atau mempersiapkan manusia yang akram (lebih bertakwa kepada Allah SWT) dan shalih (yang mampu mewarisi bumi ini dalam arti luas, mengelola, memanfaatkan, menyeimbangkan dan melestarikan) dengan tujuan akhirnya mencapai sa’adatud darain. Bertolak dari prinsip itu, pesantren memberikan arahan pendidikan lingkungan hidup dengan pelbagai macam aspeknya.

Kenyataan di mana-mana menunjukkan lingkungan hidup mulai tergeser dari keseimbangannya. Ini merupakan akibat dari pelbagai kecenderungan untuk cepat mencapai kepuasan lahiriah, tanpa mempertimbangkan disiplin sosial, dan tanpa memperhitungkan antisipasi terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di masa mendatang yang akan menyulitkan generasi berikut.

Kata Kata Nasehat Bijak KH. Hasyim Muzadi

Orang yang tidak berbuat apapun, untuk kemaslahatan umat, justru akan dililit oleh permasalahannya sendiri.

Orang yang tidak memperjuangkan umat tidak akan kekurangan, dan orang yang memperjuangkan diri sendiri belum tentu berlebihan.  

Kita boleh berdoa meminta kelonggaran tetapi tidak bisa meminta kesulitan itu dihilangkan. Karena justru masalah dan kesulitan itulah yang membuat kita dewasa. Kamu akan besar dengan segala kesulitan, bukan besar dengan segala kesenangan.

Kata Kata Nasehat Bijak KHR. As’ad Sayamsul Arifin

Kiai adalah pelayan masyarakat. Kalau ingin punya pengikut, bantulah masyarakat meskipun pahit.

Saya menyuruh kalian terus belajar, kenapa? Saya menangis memikirkan kalian, mengapa? Sebab kalian juga cadangan Pemerintah, bukan sekedar cadangan Pesantren !

Kata Kata Nasehat Bijak KH. Ahmad Asrory Al Ishaqy

Dalam setiap amal ibadah apapun yang kita lakukan.. marilah didasari dengan selalu MERASA HINA (“APES”) di Hadapan Allah SWT.

Dalam pergaulan dengan sesama.. marilah kita gunakan “Akhlaqul-Karimah” yang didasari dengan selalu merasa : “ORANG LAIN LEBIH MULIA KETIMBANG DIRI KITA, DAN DIRI KITA LEBIH HINA KETIMBANG ORANG LAIN”.

Jadikanlah diri kita sebagai orang yang “MUDAH MENGALAH”

“JANGAN PERNAH BERBUAT DHOLIM” terhadap sesama.

Kata Kata Nasehat Bijak KH Hamim Tohari Djazuli (Gus Miek)

Dekatlan kepada Allah..! kalau tidak bisa, dekatlah dengan orang yang dekat denganNya.

Demi Allah, saya hanya bisa menangis kepada Allah, semoga sami’in yang setia, pengamal Dzikrul Ghofilin, semua maslah-masalahnya tuntas diperhatikan oleh Allah.

Satu-satunya tempat yang baik untuk mengutarakan sesuatu kepada Allah adalah majelis sema’an Al Qur’an. Hal ini tertera di dalam (kalau tidak salah) tiga hadits. Antara lain Man arada an yatakallam ma’a Allah falyaqra’ Al Qur’an (siapa ingin berkomunikasi dengan Allah, hendaknya ia membaca Al Qur’an).

Kata Kata Nasehat Bijak KH. Ali Mustafa Ya’qub

 Kepatuhan kepada pemerintah NKRI bersifat wajib. Seorang muslim di Indonesia tidak dibenarkan melakukan pembangkangan terhadap negara Indonesia. Karena, Indonesia sudah memberlakukan syariat Islam.

Berhaji cukup sekali, berinfak ribuan kali.

Baca Juga : Biografi dan Nasab Keilmuan Buya Dr. Arrazy Hasyim

Kata Kata Nasehat Bijak KH. Ma’ruf Amin

Kami sepakat bahwa kita memang siap untuk membela negara dan bagi kami NKRI final, dan Kita tidak akan memberikan toleransi kepada siapa saja yang akan memecah belah bangsa ini.

Kata Mutiara Gus Baha | Nahdlatul Ulama (NU)

Tak masalah saat ini kamu miskin. Bisa jadi itu alasan Allah kelak untuk membawamu ke surga-Nya.

Di akhirat, kenangan yang paling indah di dunia adalah, seberapa sering kita sujud kepada Allah SWT. 

Baca Juga :   2021 Kata Kata Bijak Kehidupan, Islami, Rumah Tangga, Cinta, Bersyukur, Bahagia dan Lainnya

Dosa terbesar istri adalah Nggoblokno suami. 

Cinta mungkin terkadang membuatmu rapuh, tetapi berterima kasihlah kepadanya, karena cinta darinya bisa membuatmu lebih kuat dari sebelumnya. 

Seberapa besar pengorbanan yang ia lakukan, maka dari situlah kita akan tahu betapa besar cintanya kepadamu. 

Untuk menjadi yang terbaik. Kamu harus mempunyai mimpi yang besar serta semangat untuk mewujudkannya. 

Harapan dan keinginan ini seharusnya sejalan. Ya sejalan dengan betapa besar usaha yang Kamu lakukan dalam mewujudkannya. 

Sering kali kita mengabaikan hal-hal kecil, padahal dari sanalah sesuatu yang besar lahir dan tumbuh. 

Saat Kamu merasa tidak ada orang yang berada dipihakmu, tenanglah karena Allah selalu bersamamu. 

Allah tidak pernah ingkar pada hamba-Nya, meski sekecil biji Zarrah pun janji Allah selalu ditepati. 

Terkadang, mungkin Allah membuat hamba-Nya merasa kecewa, namun percayalah Ia hanya ingin engkau kembali berharap hanya kepada-Nya. 

Allah akan mengganti semua luka yang pernah engkau rasakan dengan kebahagiaan yang tak pernah terduga. 

Jangan pernah putus asa saat merasa dalam kesulitan, sebab Allah menyertakan kemudahan setelah kesulitan. 

Saat kamu merasa tidak ada orang yang berada di pihakmu, tenanglah karena Allah selalu bersamamu. 

Terkadang, mungkin Allah membuat hamba-Nya merasa kecewa, namun percayalah Ia hanya ingin engkau kembali berharap hanya kepada-Nya. 

Sebuah langkah kecil merupakan sebuah awal yang begitu panjang.

Sering kali kita mengabaikan hal-hal kecil, padahal dari sanalah sesuatu yang besar lahir dan tumbuh. 

Kebodohan itu merusak, tetapi merasa dirinya paling pintar lebih merusak. 

Yang abadi adalah yang kita sedekahkan. 

Jangan membenci orang yang sedang kafir saat ini, bisa saja suatu saat orang tersebutlah yang mensyafaati kamu. Tirulah Kanjeng Nabi Muhammad SAW yang berdoa kepada Allah SWT untuk Sayyidina Umar Bin Khatab yang saat itu sedang kafir. 

Sebesar apapun dosa seseorang, tidak ada yang berhak menghalangi rasa cinta hamba pada Tuhannya, meski cara yang digunakan untuk menunjukkan rasa cinta itu terasa aneh di mata kita. 

Kalau malaikat datang dan memberitahu saya bahwa kelak saya akan masuk neraka selamanya, apakah saya akan berhenti menyembah Tuhan? Tidak. Saya akan terus menyembah Tuhan. 

Barang siapa belajar tanpa guru, maka gurunya adalah setan. 

Untuk memperbaiki manusia itu butuh proses, tidak bisa langsung dihabisi. Jika tugas kenabian hanya untuk menghabisi keburukan, tentu bermitra dengan Izrail jauh lebih efektif ketimbang bermitra dengan Jibril. 

Salah satu kebiasaan buruk manusia ialah suka membawa-bawa nama Allah untuk kepentingan dirinya, seolah-olah apa yang ada dipikirannya selalu sesuai dengan yang dikehendaki oleh Allah. 

Kita harus curiga dengan otak dan pikiran kita. 

Cinta mungkin terkadang membuatmu rapuh, tetapi berterima kasihlah kepadanya, karena cinta darinya bisa membuatmu lebih kuat dari sebelumnya. 

Salah satu keburukan manusia adalah membawa-bawa nama Allah untuk kepentingan dirinya, seolah-olah apa yang dipikirannya sesuai dengan kehendak Allah. 

Kebodohan itu merusak, tapis sok pintar itu jauh lebih merusak.

Allah mengabulkan doa-doa ketika kita sudah siap, bukan ketika kita menginginkannya. 

Kita ini mudah mencintai orang yang berjasa dalam hidup kita, tapi kenapa tidak mudah mencintai Allah yang jasa-jasanya sangat besar dalam hidup kita. 

Mencintai tidak cukup dengan tidak melukai yang dicintai. Tapi juga harus sabar saat dilukai yang dicintai. 

Bersyukur itu perlu terus latihan. Jangan hanya rasa syukur hanya saat memiliki sesuatu. 

Hidup yang keren adalah hidup ang pola pikirnya menunggu waktu ibadah sambil melakukan kemanfaatan. 

Related posts