Hadits Tentang Guru dan Menuntut Ilmu (1) : Hadits dan Isi Kandungan Hadist

  • Whatsapp
Hadits Tentang Guru dan Menuntut Ilmu (1) : Hadits Ibnu Majah dan Isi Kandungan Hadist Ibnu Majah

Wislahcom | Referensi | : Lagi cari referensi hadits tentang guru dan menuntut ilmu? Apa isi kandungan hadits tentang guru dan menuntut ilmu?

Simak penjelasan singkat tentang : Hadits Guru dan Menuntut Ilmu (1) : Hadits Riwayat Ibnu Majah dan Isi Kandungan Hadist Riwayat Ibnu Majah.

Hadits Riwayat Ibnu Majah

اتىت صفوان بن عسال المرادي فقل رسول صلى الله علىه وسلم يقل ما من خارج خرج من بيت فى طلب العم الا وضعت له الملائكة اجنحتها رضا بما يصنع (رواه ابن ما حه)

“Dari Shafwan bin ‘Assal al-Muradi ra, berkata: Aku telah mendengar Nabi saw bersabda: “Tiada orang yang keluar dari rumahnya dalam mencari ilmu, melainkan malaikat merendahkan sayapnya karena ridha dengan apa yang diperbuat”. (HR. Ibnu Majah).

Isi Kandungan Hadits Riwayat Ibnu Majah

  1. Menuntut Ilmu diwajibkan atas orang Islam laki-laki dan perempuan.
  2. Menuntut ilmu adalah suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk merubah tingkah laku dan perilaku ke arah yang lebih baik, karena pada dasarnya ilmu menunjukkan jalan menuju kebenaran dan meninggalkan kebodohan.
  3. Mencari ilmu merupakan ibadah, maka perintah menuntut ilmu tidak di bedakan antara laki-laki dan perempuan. Hal yang paling diharapkan dari menuntut ilmu ialah terjadinya perubahan pada diri individu ke arah yang lebih baik yaitu perubahan tingkah laku, sikap dan perubahan aspek lain yang ada pada setiap individu. Ilmu adalah segala proses kegiatan terhadap suatu keadaan dengan cara menggunakan alat, prosedur, cara, metode, sehingga menghasilkan pengetahuan baru bagi manusia itu sendiri.
  4. Orang yang berilmu berarti ia memiliki pengetahuan, dasar, pemahaman, dan memiliki batasan tergantung pada keterbatasannya dalam mencari ilmu yang diperolehnya.
Baca Juga :   Abdul Muhyi Pamijahan : Sosok dan Keteladanan

Related posts