Menghormati Orang Tua : Hadits dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Menghormati Orang Tua : Hadits dan Isi Kandungan

Wislahcom | Referensi | : Cari bahan referensi hadist tentang menghormati orang tua? Apa isi kandungannya?

Simak penjelasan singkat Tentang : Menghormati Orang Tua; Hadist Riwayat Muslim dan Isi Kandungan Hadits Riwayat Muslim.

Hadits Riwayat Muslim

عن ابي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم قل رغم أنف ثم رغم أنف ثم رغم أنف قيل من يا رسول الله قال من أدرك أبويه عند الكبر أحدهما أوكليهما فلم يدخل الجنة (رواه مسلم)

“Dari Abu Hurairah dari Nabi SAW. beliau bersabda: “Dia celaka! Dia celaka! Dia celaka!” lalu beliau ditanya; “Siapakah yang celaka, ya Rasulullah?” Jawab Nabi Saw: “Barang Siapa yang mendapati kedua orang tuanya (dalam usia lanjut), atau salah satu dari keduanya, tetapi dia tidak berusaha masuk surga (dengan berusaha berbakti kepadanya dengan sebaik-baiknya).”(HR. Muslim No. 2551).

Isi Kandungan Hadits Riwayat Muslim

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muslim tersebut, dijelaskan bahwa seseorang akan celaka ketika tidak berbakti kepada orang tua. Pada umumnya seorang anak merasa berat dan malas memberi nafkah dan mengurusi kedua orang tuanya yang masih berusia lanjut. Namun Rasulullah SAW. menjelaskan bahwa keberadaan kedua orang tua yang berusia lanjut itu adalah kesempatan paling baik untuk mendapatkan pahala dari Allah Swt. dimudahkan rizki dan jembatan emas menuju surga. Karena itu sungguh rugi jika seorang anak menyia-nyiakan kesempatan yang paling berharga ini dengan mengabaikan hak-hak orang tuanya dan dengan sebab itu dia tidak masuk surga.

Baca Juga :   Bimbingan Agama Islam : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Metode, dan Materinya

Kata “Dia celaka” diulang-ulang oleh Rasul SAW sebanyak tiga kali menunjukkan bahwa celaka akan benar-benar terjadi kepada seseorang yang tidak berbakti kepada orang tua. Hal ini juga menunjukkan betapa pentingnya berbakti kepada kedua orang tua terlebih lagi ketika kedua orang tua atau salah satu dari mereka masih hidup.

Related posts