Hadits Tetang Taat Kepada Pemimpin : Bacaan dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Hadits Tetang Taat Kepada Pemimpin : Bacaan dan Isi Kandungan

Wislahcom | Referensi | : Cari bahan referensi hadits tentang taat kepada pemimpin. Bagaimana cara seseorang untuk menjalankan perintah sesuai hadits tersebut?

Simak uraian singkat tentang : Bacaan Hadits Tetang Taat Kepada Pemimpin dan Isi Kandungan Hadits Tetang Taat Kepada Pemimpin.

Bacaan Hadits Tetang Taat Kepada Pemimpin

حدثنا مسدد حدثنا يحيى عن عبيد الله حدثني نافع عن عبدالله صلى الله عليه وسلم انه قال السمع والطاعة على المرء المسلم فيما احب وكره ما لم يؤمر بما بمعصية فاذا أمر بمعيصة فلا سمع ولا طاعة (رواه البخاري)

Baca Juga :   Bulan Ramadhan : Amalan Waktu Pagi Hari

“Dari Abdullah ra., Nabi SAW. bersabda: “Mendengar dan taat adalah wajib bagi setiap muslim, baik yang ia sukai maupun yang tidak ia sukai, selama ia tidak diperintahkan melakukan kemaksiatan, adapun jika ia diperintahkan melakukan maksiat, maka tidak ada hak mendengar dan menaati.” (HR. Bukhari, No. 6611).

Isi Kandungan Hadits Tetang Taat Kepada Pemimpin

Hadits di atas memberikan penegasan kepada kita bahwa ketaatan, artinya ketaatan kita hanya diperuntukkan bagi pemimpin yang menjalankan perintah Allah Swt dan kemaslahatan umat, apabila pemimpin tersebut memerintahkan dalam hal maksiat maka kita diwajibkan untuk tidak taat. Kewajiban seseorang untuk menjalankan perintah sesuai dalam hadis yaitu:

Baca Juga :   Endorser Adalah : Pengertian dan Definisi Endorser Menurut Para Ahli
  1. Menjalankan perintah pemimpin
  2. Menolak diperintahkan berbuat maksiat

Related posts