Berbakti Kepada Kedua Orang Tua : Hadits dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Berbakti Kepada Kedua Orang Tua : Hadits dan Isi Kandungan

Wislahcom | Referensi | : Cari bahan referensi hadits tentang berbakti kepada orang tua riwayat Nasa’i. Apa isi kandungannya?

Simak uraian singkat tentang : Hadits Riwayat Nasa’i dan Isi Kandungan Hadits Riwayat Nasa’i.

Hadits Riwayat Nasa’i

عن سالم بن عبد الله عن أبيه قال، قال رسول الله عليه وسلم ثلاثة لأ ينظر الله عز وجل إليهم يوم القيامة العاق لواليديه والمرأة المترجلة والديوث وثلاثة لأيدخلون الجنة العاق لوالديه والمدمن على الخمر والمنان بما أعطى (رواه والنساني)

Dari Salim bin ‘Abdullah dari Bapaknya dia berkata; Rasulullah SAW., bersabda: “Tiga golongan yang Allah Swt., tidak akan melihat mereka pada hari kiamat; anak yang durhaka kepada orang tua, wanita yang menyerupai laki-laki, dan Dayyuts, yaitu seorang yang merelakan keluarganya berbuat kekejian. Dan tiga golongan mereka tidak akan masuk surga; anak yang durhaka kepada orang tua, pecandu khamer, dan orang yang selalu menyebut-nyebut pemberiannya.”(HR. Nasa’i No. 2562)

Baca Juga :   Pedapatan adalah : Pengertian, Jenis, Sumber dan Faktor yang Mempengaruhinya

Isi Kandungan Hadits Riwayat Nasa’i

Hadits shahih yang diriwatkan oleh Nasa’i di atas menunjukkan betapa bahayanya sikap durhaka kepada kedua orang tua. Sebab ia merupakan perbuatan dosa besar yang diharamkan oleh Allah Swt pelakunya tidak akan dipandang dengan pandangan rahmat oleh Allah Swt bahkan siksanya kadang didahulukan di dunia sebelum siksa di akhirat kelak. Mari hindari sikap buruk ini. Mari jadi anak yang berbakti, semoga Allah Swt merahmati kita dan orang tua kita. “Tiga orang yang tidak dilihat Allah Swt pada hari kiamat:

  1. Durhaka kepada kedua orang Tua
  2. Perempuan yang menyerupai laki-laki.
  3. Dayyuts (orang yang tidak ada rasa cemburu)

Related posts