Hasil Penelitian : Ditemukan Keramik Cerita Al-kitab di Masjid Masjid Bersejarah Cirebon

  • Whatsapp
Keramik Cirebon

Wislah.com : Seni hias tempel yang usianya cukup tua di Cirebon adalah (tegel) keramik. Ia hampis hadir di seluruh bangunan bersejarah di Negeri Caruban ini, mulai dari keraton, masjid, hingga di bangunan komplek pemakaman raja raja Cirebon, Astana Gunung Jati.

Ada penelitian yang menarik tentang seni hias temple keramik ini. Yaitu penelitian berjudul “Seni Hias Tempel Keramik Kesultanan Cirebon: Toleransi dalam Kebinekaan”, yang dilakukan oleh Naniek Harkantiningsih, peneliti dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional. Dari penelitiannya ditemukan Kisah Al Kitab di tegel keramik di bangunan-bangunan bersejarah di Cirebon, termasuk di masjid masjid bersejarah Cirebon.

Penelitian Arkeologi Islam ini mengungkap beberapa lokasi bersejarah yang menjadi tempat di tempelnya keramik Cerita Al Kitab, adalah : Situs  Keraton Kasepuhan, Masjid Abang Panjunan, Makam Sunan Gunung Jati, dan Gua Sunyaragi.

Baca Juga :   Hasil Riset: Manfaat Teh Hijau dan Kopi Bagi Penderita Diabetes

Keramik-keramik cerita Alkitab tersebut berbentuk segiempat, seperti halnya tegel keramik yang banyak digunakan untuk bangunan rumah,berukuran 13 x 13 cm, tebal  0,3 cm, warna biru-putih serta coklat-putih.

Keramik Cerita Alkitab di Keraton Kasepuhan

Sumber Gambar : kapata-arkeologi.kemdikbud.go.id/

Seni hias tegel keramik ditempelkan di tembok ruangan Jinem Pangrawit, Gajah Nguling, Bangsal Pringgondani, Bangsal Prabayaksa, dan tembok pembatas menuju ke Bangsal Agung Panembahan, saling berhubungan dan terletak dalam satu  bangunan    sebagai bangunan utama Keraton Kasepuhan.

Keramik Cerita Alkitab di Masjid Abang Panjunan

Sumber Gambar : kapata-arkeologi.kemdikbud.go.id/

Tegel keramik cerita Alkitab yang terdapat di Masjid ini yaitu “Daud sedang memainkan kecapi dihadapan Raja Saul dan disaksikan oleh seseorang yang berdiri di  sisi Raja”.Tegel keramik ini ditempelkan pada tembok bergapura paduraksa.

Baca Juga :   Hasil Riset: Kepuasan Seksual Pada Wanita Semakin Meningkat Seiring Bertambahnya Usia

Keramik Cerita Alkitab di Makam Sunan Gunung Jati

Sumber Gambar : kapata-arkeologi.kemdikbud.go.id/

Tegel keramik cerita Alkitab ditempel di bagian pelipit dinding tembok. Teknik tempel secara vertikal dan horizontal, di selang-seling dengan keramik-keramik lainnya, tidak beraturan antara tegel biru-putih dan tegel coklat-putih.

Keramik Cerita Alkitab di Kompleks Gua Sunyaragi

Sumber Gambar : kapata-arkeologi.kemdikbud.go.id/

Keberadan tegel keramik cerita Alkitab di komplek Gua Sunyaragi tepatnya di setinggil pendopo, di bagian pelipit.

Pada bagian kesimpulan, peneliti menyimpulkan “Salah satu bukti kontak budaya itu adalah seni hias tempel tegel keramik cerita Alkitab yang hingga kini masih terlestarikan, hal ini membuktikan adanya toleransi masyarakat saat kini. Dapat diartikan pula, bahwa masyarakat menjunjung tinggi simbol-simbol yang berada di keraton,  makam, masjid,  dan  gua,  yang  dianggap sebagai tempat penting pada masa lalu bahkan masa sekarang, sekaligus sebagai tempat religius. Keberadaan di tempat yang dianggap suci oleh masyarakat, juga mempengaruhi pelestarian seni hias tegel keramik cerita Alkitab tersebut. Ini menunjukkan adanya toleransi ataupun    kebersamaan dari adanya keberagaman, karena masyarakat dikenal toleran dan  memiliki kearifan lokal dalam menerima perbedaan yang ada dan itu merupakan tinggalan budaya nenek moyangyang perlu dilestarikan.

Baca Juga :   Hasil riset : Usia 70-an Masih Memproduksi Neuron

Sumber : Jurnal Kapata Arkeologi

Related posts