Di mana posisi mata pelajaran muatan lokal dalam struktur kurikulum?

  • Whatsapp
Tanya Jawab Sekolah

Di mana posisi mata pelajaran muatan lokal dalam struktur kurikulum?

Pembelajaran muatan lokal dapat dilakukan melalui tiga metode, yaitu:

a.       Mengintegrasikan muatan lokal ke dalam mata pelajaran lain. Penjelasan: satuan pendidikan dan/atau pemerintah daerah dapat menentukan Capaian Pembelajaran (CP) untuk muatan lokal yang kemudian dapat dipetakan ke dalam mata pelajaran lainnya.

b.       Mengintegrasikan muatan lokal ke dalam tema projek penguatan profil pelajar Pancasila. Penjelasan: satuan pendidikan dan/atau pemerintah daerah dapat mengintegrasikan muatan lokal ke dalam tema projek penguatan profil pelajar Pancasila. Sebagai contoh, projek dengan tema wirausaha dilakukan dengan mengeksplorasi potensi kerajinan lokal, projek dengan tema perubahan iklim dapat dikaitkan dengan isu-isu lingkungan di wilayah tersebut, dan sebagainya.

Baca Juga :   Seorang pedagang buah menjual dua jenis buah, yaitu mangga dan pisang. Buah mangga dibeli dengan harga Rp25.000,00 dan dijualnya dengan harga Rp40.000,00 per kilogram. Sedangkan, pisang dibeli dengan harga Rp20.000,00 dan dijualnya dengan harga Rp30.000,00 per kilogram. Pedagang tersebut mendapat pinjaman Rp10.000.000,00darikoperasidandigunakan untuk membeli kedua jenis buah tersebut. Akan tetapi karena keterbatasan tempat, pedagang tersebut tidak mau membeli lebih dari 450 kg untuk jumlah kedua jenis buah tersebut setiap bulannya. Keuntungan maksimum akan didapat pedagang dengan menjual mangga sebanyak…



c.       Mengembangkan mata pelajaran khusus muatan lokal yang berdiri sendiri sebagai bagian dari program intrakurikuler. Penjelasan: satuan pendidikan dan/atau pemerintah daerah dapat mengembangkan mapel khusus muatan lokal yang berdiri sendiri sebagai bagian dari program intrakurikuler. Sebagai contoh, mata pelajaran bahasa dan budaya daerah, kemaritiman, kepariwisataan, dan sebagainya sesuai dengan potensi masing-masing daerah. Dalam hal satuan pendidikan membuka mata pelajaran khusus muatan lokal, beban belajarnya maksimum 72 JP per tahun atau 2 JP per minggu.






Related posts