Apa Arti Pancasila Bagi Bangsa Indonesia ? Apa Arti Dasar Negara ?

Apa Arti Pancasila Bagi Bangsa Indonesia ?

Arti Pancasila | Makna Pancasila | Isi Pancasila | Kandungan Pancasila | Fungsi Pancasila | Arti Dasar Negara |

Tanya: Apa Arti Pancasila Bagi Bangsa Indonesia ?

Jawab: Arti Pancasila Bagi Bangsa Indonesia adalah

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menjelaskan apa arti Pancasila bagi bangsa Indonesia, ditinjau dari lima sila. Kelimanya menentukan cara manusia Indonesia bersikap dan mengambil keputusan. Apa arti Pancasila bagi bangsa Indonesia? Berikut makna dan arti Pancasila berdasarkan lima sila dikutip dari situs BPIP: 

Ketuhanan yang Maha Esa

Arti Pancasila dari sila pertama ini adalah warga negara Indonesia percaya dan bertakwa pada Tuhan. Perwujudan rasa percaya dan takwa tentunya disesuaikan dengan agama dan kepercayaan tiap orang. Makna sila pertama ini mengingatkan warga Indonesia pentingnya saling menghormati dan menghargai. Toleransi di tengah keragaman memungkinkan terciptanya kehidupan yang rukun. 


Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Di sila kedua ini, tiap warga diminta memahami kesamaan derajat pada tiap manusia. Artinya, seluruh manusia harus saling menyayangi dan menghormati tanpa kecuali serta lepas dari pengaruh SARA. Perbedaan Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan tidak jadi alasan untuk acuk, tidak membantu, dan enggan saling menjaga sesama. Seluruh manusia selanjutnya bisa saling kerja sama untuk membela kebenaran dan keadilan di masyarakat.

Persatuan Indonesia

Arti Pancasila di sila ketiga ini adalah, bangsa Indonesia dituntut mengutamakan kepentingan negara dibanding pribadi atau antar golongan. Persatuan dan kesatuan tentunya juga harus menjadi prioritas utama. Manusia Indonesia wajib memiliki kepribadian rela berkorban demi negara Indonesia, mencintai bangsa Indonesia dan tanah air, serta bangga pada negara. Karakter ini wajib dimiliki seluruh warga Indonesia tanpa kecuali. 

Kerakyatan yang Dipimpin oleh Khidmat dan Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Sila keempat dalam Pancasila ini mengajak untuk tidak memaksakan kehendaknya pada orang lain. Arti lainnya adalah ajakan selalu mengutamakan kepentingan negara dan orang lain. Arti Pancasila ini tidak menampik adanya perbedaan pendapat dan cara pandang dalam masyarakat. Namun perbedaan harus diselesaikan lewat diskusi, dengan mengutamakan kepentingan bersama di atas pribadi. 


Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Makna sila kelima dalam Pancasila ini adalah pentingnya pengembangan perbuatan baik, dengan cara kekeluargaan dan gotong royong. Sila ini juga mengingatkan pentingnya bersikap adil. Contoh sikap adil adalah menjaga keseimbangan antara hal dan kewajiban. Jangan sampai warga Indonesia hanya menuntut hak namun melupakan kewajibannya. Hal lain yang tak kalah penting adalah selalu menghormati hak orang lain.

Tanya: Apa Arti Dasar Negara ?

Jawab: Arti Dasar Negara adalah

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008) kata “dasar” berarti “asal yang pertama”.

Jika kata “dasar” digabungkan dengan kata “negara” maka akan menjadi dasar negara.

Menurut buku Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SMA/MA Kelas X oleh Titik Sumarni dan Joko Mumpuni (Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbud. 2021), pengertian dasar negara adalah ajaran atau teori yang merupakan hasil pemikiran mendalam atau pemikiran filsafat mengenai dunia dan kehidupan, termasuk kehidupan bernegara di dalamnya, yang dijadikan pedoman dasar yang mengatur dan memelihara kehidupan bersama dalam suatu negara. Negara tanpa dasar negara berarti negara tersebut tidak memiliki tujuan yang jelas dalam bernegara.

Tanya: Apa Fungsi Dasar Negara ?

Jawab: Fungsi Dasar Negara adalah

Masih berdasarkan sumber bukubuku Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SMA/MA Kelas X oleh Titik Sumarni dan Joko Mumpuni (Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbud. 2021),, fungsi dasar negara adalah sebagai berikut:

Dasar berdiri dan tegaknya negara

Dasar negara berfungsi sebagai dasar berdirinya suatu negara.karena pemikiran yang mendalam dan filosofis tentang dasar negara lazimnya muncul ketika suatu bangsa mendirikan negara.

Dasar Kegiatan Penyelenggaraan Negara

Negara didirikan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional suatu bangsa, di bawah kepemimpinan penyelenggara negara.

Dasar Partisipasi Warga Negara

Semua warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama, untuk mempertahankan negara dan berpartisipasi dalam upaya mencapai tujuan bangsa

Dasar Pergaulan Antar Warga Negara Dunia

Tidak hanya menjadi dasar hubungan antar warga negara dengan negara namun juga sebagai dasar pergaulan antar warga negara di dunia


Related posts