Cek Tugas Notulis Menurut Mahkamah Agung dan Sumber Otoritatif Lainnya   

Tugas Notulis
Tugas Notulis

WISLAH.COM – Tulisan ini berasas dari pertanyaan, “apa saja tugas dan bukan tugas daru seorang notulis?”dan pertanyan “sebutkan tugas seorang notulis!

Untuk menjawab pertanyaan di atas, tentu membutuhkan perangkat sumber yang valid dan otoritatif. Tidak bisa mengutip sumber dari sumber yang menjadikan pembaca “gagal” paham atas tugas dari notulis itu sendiri.

Tugas notulis secara acak dapat ditemukan di berbagai website pengadilan dan website hukum lainnnya.


Tulisan ini berusaha mengumpulkan menjadi satu, walaupun mungkin tidak semua. Mengingat jumlah website pengadilan di Indonesia sangat banyak.

Berikut adalah tugas notulis dari berbagai sumber otoritatif yang kami kumpulkan:

1. Berdasar Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri Nomor: W12.U29/ 119 /0t.01.3/4/2022, yang dipublikasikan dalam website resmi Mahkamah Agung. Tugas Notulis: 1. Mencatat topik permasalahan yang dibahas. 2. Mencatat waktu dan tempat rapat berlangsung. 3. Mencatat jumlah kehadiran Hakim dan Pegawai. 4. Mencatat segala proses yang berlangsung dalam rapat. 5. Menuliskan kesimpulan atau hasil rapat. 6. Membuat laporan hasil rapat. 7. Mendokumentasikan catatan tentang rapat yang telah dilangsungkan; 8. Mengarsipkan dokumentasi rapat dalam Ordner khusus; 9. Dan apabila petugas Notulis pada saat itu berhalangan hadir, maka akan di gantikan petugas Notulis urutan selanjutnya.


2. Berdasar Keputusan Ketua Pengadilan Agama Unaaha Nomor: W21-A5/SK.53 /ΟΤ.00/1/2021, yang dipublikasikan dalam PA-UNAAHA. Tugas Notulis rapat Pengadilan Agama Unaaha antara lain: 1. Mencatat topik permasalahan 2. Mencatat waktu (jam) dan tempat rapat dilakasanakan 3. Mencatat jumlah peserta rapat 4. Menyimak dan menulis segala hal atau proses yang berlangsung dalam rapat 5. Menuliskan kesimpulan atau hasil rapat.

Dari dua dan sumber lainnya yang tidak dimasukkan dalam tulisan ini, secara garis besar dan selalu muncul dalam tugas notulis adalah: 1. Mencatat topik permasalahan yang dibahas; 2. Mencatat waktu dan tempat rapat berlangsung; dan Menuliskan kesimpulan atau hasil rapat.

Sedangkan diluar dari ketiganya bergantung pada institusi masing masing.

Semoga tulisan ini, sedikitnya membuat kita paham dan tergambar, apa saja tugas dan bukan tugas dari notulis.**

Related posts