Apa yang Dimaksud dengan Diksi dalam Puisi? Inilah Penjelasan Para Ahli, Penting untuk Disimak

Diksi Dalam Puisi
Diksi Dalam Puisi | Apa yang Dimaksud dengan Diksi dalam Puisi? Inilah Penjelasan Para Ahli tentang Diksi, Penting untuk Disimak

WISLAH.COM – Simak pengertian diksi dalam puisi menurut para ahli, yang dikutip dari jurnal dan buku sastra.   

Sebagai pendahuluan, bagaimana KBBI mendefinisikan diksi secara bahasa penting untuk dikutahui. Disenbukan dalam KBBI Online, “diksi adalah pilihan kata yang tepat dan selaras (dalam penggunaannya) untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu (seperti yang diharapkan)”.

Berikut adalah kumpulan pengertian diksi dalam puisi menurut para ahli:


1. Menurut Wahyudi Siswanto (2008), dalam bukunya “Pengantar Teori Sastra”. Diksi adalah pemilihan kata yang dilakukan oleh penyair dalam puisinya.

2. Menurut Suminto Sayuti (2010), dalam bukunya “Berkenalan Dengan Puisi”. Diksi merupakan salah satu unsur yang ikut membangun keberadaan puisi berarti pemilihan kata yang dilakukan oleh penyair untuk mengekspresikan gagasan dan perasaan-perasaan yang bergejolak dan menggejala dalam dirinya.

3. Menurut Kosasih (2012), dalam bukunya “Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra”. Diksi merupakan pilihan kata-kata yang digunakan dalam puisi yang merupakan hasil pemilihan secara cermat. Kata-katanya merupakan hasil pertimbangan baik itu makna, susunan bunyinya, maupun hubungan kata itu dengan kata-kata lain dalam baris dan baitnya.


4. Menurut Waluyo (1987), dalam bukunya “Teori dan Apresiasi Puisi”. Diksi adalah kata-kata dalam puisi yang telah dipilih dan disusun oleh penyair dengan mempertimbangkan maknanya, komposisi bunyi dalam rima dan irama, kedudukan kata-kata itu di tengah konteks kata lainnya dan kedudukan kata dalam keseluruhan puisi.

5. Menurut Sutarno, S.Pd (2019), dalam bukunya “Cermat berbahasa Indonesia: Suplemen Materi Bahasa Indonesia”. Diksi merupakan pemilihan kata dimana seorang penyair akan memilih kata yang tepat dan memiliki seribu makna untuk mewakili perasaannya.

6. Menurut Dr. Imron Rosidi, M.Pd., dan Zainul Arief, S.Pd., M.H. dalam bukunya “Panduan Praktis Menulis Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)”. Diksi merupakan pemilihan kata-kata yang digunakan oleh penulis puisi agar dapat memadatkan kata, namun tetap mempertahankan makna sesuai dengan maksud yang ingin disampaikan sang penulis puisi.

7. Menurut Atrianing Yessi Wijayanti, S.Pd.,M.Pd., (2019) dalam bukunya “Terampil Membaca dan Menulis Puisi”. Diksi merupakan pilihan kata yang digunakan penyair untuk menyampaikan gagasan, pikiran, dan perasaannya.***

Related posts