Surah Ar-Rahman Ayat 1-4 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Surah Ar-Rahman Ayat 1-4 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan


Surah Ar-Rahman Ayat 1-4 | Bacaan Surah Ar-Rahman Ayat 1-4 | Terjemah Surah Ar-Rahman Ayat 1-4 | Mufradat Surah Ar-Rahman Ayat 1-4 | Isi Kandungan Surah Ar-Rahman Ayat 1-4 | Wislahcom | Referensi |

Bacaan Surah Ar-Rahman Ayat 1-4

اَلرَّحْمٰنُۙ

عَلَّمَ الْقُرْاٰنَۗ



خَلَقَ الْاِنْسَانَۙ

عَلَّمَهُ الْبَيَانَ

Terjemah Surah Ar-Rahman Ayat 1-4

  • (Tuhan) yang Maha Pemurah
  • Yang telah mengajarkan al Quran.
  • Dia menciptakan manusia.
  • Mengajarnya pandai berbicara

Mufradat Surah Ar-Rahman Ayat 1-4

(Tuhan) yang Maha Pemurah  اَلرَّحْمٰنُۙ  
yang telah mengajarkanعَلَّمَ
dia menciptakanخَلَقَ
manusiaالْاِنْسَانَۙ
mengajarnyaعَلَّمَهُ
pandai berbicaraالْبَيَانَ

Isi Kandungan Surah Ar-Rahman Ayat 1-4

Surah Ar-Rahman ini diturunkan untuk menjawab tuduhan orang-orang kafir Makkah kepada Nabi Muhammad Saw yang beranggapan bahwa beliau telah diajari seseorang tentang al-Qur’an. Kemudian, surah ar-Rahman menjawab bahwa Allah Yang Maha Rahman-lah yang telah mengajari beliau tentang itu.



Penyebutan Nama “Ar-Rahman” diawal ayat menunjukkan kepada orang-orang kafir bahwa Dialah Allah Yang Maha Pemurah atas seluruh makhluk-Nya tanpa adanya diskriminasi, termasuk untuk mereka yang ingkar sekalipun. Allah Swt. Tuhan bagi semesta alam yang diberitakan oleh Muhammad itu bukanlah seperti yang mereka duga dan tuduhkan, yaitu tuhan yang kejam dan selalu menyiksa. Agar mereka tertarik untuk mengimani al-Quran sebagai petunjuk, maka ayat ini dimulai dengan salah satu dari Nama-nama milik Allah (Asmaul Husna).

Bukti kongkrit dari Maha Pemurah Allah Swt itu ialah al-Qur’an. sifat dari Rahman-Nya Allah ini telah dituangkan di dalam al-Qur’an bagi siapa saja yang Dia Kehendaki. Al-Qur’an merupakan pedoman yang menunjuki perjalanan hidup manusia hingga akhirat. Kitab ini menjadi undang-undang pasti yang telah Allah Swt turunkan khusus kepada umat Muhammad Saw. yang menginginkan keselamatan dunia dan kemakmuran akhirat. Kemampuan akal manusia menjadi anugerah istimewa dari Sang Maha Rahman untuk menggali pesan nilai yang terdapat dalam al-Qur’an tersebut. Manusia sangat membutuhkan petunjuk al-Qur’an dan kerugian yang amat besar, jika ada orang yang berani meninggalkan atau menganggalkan al-Qur’an dari hidupnya.

Di ayat berikutnya, Allah swt menyatakan bahwa Dia juga yang telah menciptakan manusia dan menjamin segala kebutuhannya selama di dunia, tanpa sedikit pun kekurangan. Sifat Tanggung jawab (al-Wakil) Allah ini juga membuktikan Maha Rahman-Nya Dia terhadap makhluk ciptaan-Nya. Melengkapi penciptaan manusia itu, Dia bekali potensi lain dalam diri manusia yaitu diajarkan berbicara, berbahasa, bernalar, dan kemampuan menyingkap rahasia sesuatu (al-Bayan) Potensi-potensi khusus ini dititipkan pada setiap orang yang DikehendakiNya sebagai titik awal atau benih pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan peradaban serta kebudayaan yang ada.



Related posts