Sejarah Singkat Kabupaten Tulungagung (Sejarah dan Profil)

  • Whatsapp
Sejarah Kota dan Kabupaten Seluruh Indonesia

Sejarah Singkat Kabupaten Tulungagung | Profil Kabupaten Tulungagung | Baca Sejarah Kota dan Kabupaten di Indonesia di Wislah.com |

Sejarah Singkat Kabupaten Tulungagung (Sejarah dan Profil) Lengkap

Merujuk pada sejarah Kabupaten Tulungagung diterangkan pada tanggal 18 november 1205 M dimana tercatat dalam prasasti lawadan dengan candra sengkala”sukra suklapaksa mangga siramasa”yang dijadikan sebagai hari jadi Kabupaten Tulungagung sejak tahun 2003. Yang mana prasasti tersebut diberikan oleh Raja Daha Kertajaya atas kesetiaan masyarakat Thani Lawadan ketika terjadi serangan musuh dari timur daha.

Asal muasal Tulungagung sendiri terdapat dua versi dalam petama Kabupaten Tulungagung, versi pertama adalah nama Tulungagung dipercayai berasal dari kata „pitulungan agung‟‟ (pertolongan yang agung).

Baca Juga :   Sejarah Desa Purwawinangun Kabupaten Cirebon (Sejarah, Asal Usul dan Profil)

Nama ini berasal dari peristiwa saat seorang pemuda dari gunung wilis bernama joko baru mengeringkan sumber air di ngrowo (kabupaten tulungagung tempo dulu) dengan menyumbat semua sumber air tersebut dengan lidi dari sebuah pohon enau atau aren.



Joko baru dikisahkan sebagai pemuda yang dikutuk menjadi ular oleh ayahnya, orang sekitar kerap menyebut dengan baru klinting.

Ayahnya mengatakan bahwa untuk kembali menjadi manusia sejati, joko baru harus mampu melingkari tubuhnya di gunung wilis. Namun, malang menimpanya karena tubuhnya hanya kurang sejengkal untuk dapat bener-bener melingkari sempurna. Alhasil joko baru menjulurkan lidahnya.




Disaat bersamaan, ayah joko baru memotong lidahnya. Secara ajaib, lidah tersebut berubah menjadi tombak sakti yang hingga saat ini dipercayai sebagai gaman atau senjata sakti, tombak ini masih disimpan dan dirawat hingga saat ini oleh masyarakat sekitar.

Baca Juga :   Sejarah Singkat Kota Blitar (Sejarah dan Profil)

Sedangkan versi ke-dua nama Tulungagung berasal dari dua kata yaitu Tulung dan Agung, Tulung diatikan sumber sedangkan agung diartikan sebagai besar. Dalam pengertian berbahasa jawa tersebut, Tulungagung adalah daerah yang memiliki sumber air yang besar. Sebelum di bangunnya Bendungan Niyama di Tulungagung selatan oleh penduduk tentara Jepang, di mana-mana di daerah Tulungagung hanya ada sumber air saja.

Pada masa lalu, karena terlalu banyaknya sumber air disana setiap kawasan banyak yang tergenang air, baik musim kemarau maupun musim penghujan.

Dugaan yang kuat menenai etimologi nama Kabupaten Ini adalah versi ke-dua karena sebelumnya ibu kota Tulungagaung bertempat tinggal di daerah Kalambret dan di beri nama Kadipaten Ngrowo ( Ngrowo di artikan sumber air).

Baca Juga :   Sejarah Singkat Kota Tangerang (Sejarah dan Profil)

Kabupaten Tulungagung beribu kotakan di Kota Tulungagung yang terletak tepat di tengah 3Kabupaten Tulungagung, kabupaten Tulungagung terbagi dalam 19 Kecamatan, 257 desa, dan 14 kelurahan.

Dimana kecamatan tersebut antara lain ; kecamatan nya ; Besuki, Bandung, Pakel, Campurdarat, Tulungagung,, Kalidawir, Pucanglaban, Rejotangan, Ngrantru, Karangrejo, Kauman, Gondang, Pagerwojo, Sendang.




Related posts