Sejak kemunculan mobil trem terus mengalami penurunan pengguna, bahkan usai zaman Malaise 1930 trem harus berbagai penumpang pada sepeda yang mulai masuk dari Jepang. Jelaskan perkembangan trem pada masa pemerintah Belanda hingga masa sekarang!

  • Whatsapp
Soal Jawaban Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban IPS Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA Tema 1 Halaman 32 33 Lembar Aktivitas 4: Perkembangan Term
Jawaban:

Perkembangan trem di Surabaya dimulai dari diberikan izin Ooster Java Stoomtram Maatschappij (OJS) sebagai perusahaan pengelola pada tahun 1886 dengan trayek awal Ujung-Sepanjang, Mojokerto-Ngoro, dan Gemekan-Dinoyo yang mulai beroperasi 1889.

OJS terus menambah jalur pada tahun 1913-1916 dari jalur sisi barat ke pusat kota di buka.

Di masa jayanya pada tahun 1927, trem listrik sempat mengangkut 11,4 juta orang, sedangkan 5,2 juta orang menggunakan trem listrik.






Sejak kemunculan mobil trem terus mengalami penurunan pengguna, bahkan usai zaman Malaise 1930 trem harus berbagai penumpang pada sepeda yang mulai masuk dari Jepang.

Baca Juga :   Kata yang artinya taatilah Allah yang tertulis di dalam Q.S. an-Nisa/4: 59 adalah terjemahan dari kata….

Pada pendudukan Jepang, trem sempat berhenti operasi selama 3 pekan akibat pengeboman Sekutu pada instalasi listri di dekat Malang yang berakibat matinya listrik di Surabaya.

Usai Indonesia merdeka, trem diambil alih oleh Djawatan Kereta Api, namun karena buruknya manajemen dari Djawatan Kereta Api ditambah dengan transportasi lain yang lebih modern membuat trem di Surabaya harus mati di tahun 1970an.




Related posts