Apa Itu Manajemen Peserta Didik ? Pengertian, Tujuan, Fungsi, Prinsip dan Ruang Lingkupnya

  • Whatsapp
Manajemen Peserta Didik

Pengertian Manajemen Peserta Didik | Tujuan | Fungsi | Prinsip | Ruang Lingkup | Manajemen Peserta Didik Adalah |

Untuk mendapatkan informasi yang tentang Manajemen Peserta Didik secara utuh, tentu pembahasan yang disajikan pun harus secara menyeluruh.

Di bawah ini, secara bertahap menjelaskan berbagai macam keterangan tetang Manajemen Peserta Didik yang kami kutip dari berbagai sumber.

Pengertian Manajemen Peserta Didik

Menurut Tim Dosen Adminisrasi Pendidikan UPI , Manajemen Peserta Didik Adalah usaha pengaturan terhadap peserta didik mulai dari peserta didik tersebut masuk sekolah sampai dengan mereka lulus sekolah.

Menurut Hendiyat Soetopo dan Wasty Soemanto, Manajemen Peserta Didik Adalah suatu penataan atau pengaturan segala aktivitas yang berkaitan dengan peserta didik, yaitu dari mulai masuknya peserta didik sampai dengan keluarnya peserta didik tersebut dari suatu sekolah atau suatu lembaga.

Menurut Mulyasa, Manajemen Peserta Didik Adalah penataan dan pengaturan terhadap kegiatan yang berkaitan dengan peserta didik, mulai masuk sampai dengan keluarnya peserta didik tersebut dari suatu sekolah. Manajemen kesiswaan bukan hanya berbentuk pencatatan data peserta didik, melainkan meliputi aspek yang lebih luas yang secara operasional dapat membantu upaya pertumbuhan dan perkembangan peserta didik di sekolah.

Baca Juga :   Paradigma Psikologi Islam: Integrasi, Pengertian, dan Pendekatan Idealistik

Menurut Rohiat, Manajemen Peserta Didik Adalah kegiatan-kegiatan yang bersangkutan dengan masalah kesiswaan di sekolah. Kegiatan manajemen kesiswaan meliputi: perencanaan, penjaringan murid baru, pembinaan siswa, dan kelulusan.

Menurut Qomar, Manajemen Peserta Didik Adalah pengelolaan yang berkaitan dengan peserta didik mulai dari pra masuk sekolah, masuk sekolah, selama sekolah, hingga tamat sekolah.

Menurut Knezevich, Manajemen Peserta Didik atau pupil personnel administration Adalah suatu layanan yang memusatkan perhatian pada pengaturan, pengawasan dan layanan peserta didik di kelas dan di luar kelas seperti: pengenalan, pendaftaran, layanan individu seperti pengembangan keseluruhan kemampuan, minat, kebutuhan sampai ia matang sekolah.

Tujuan Manajemen Peserta Didik

Beberapa hal yang menjadi tujuan dari Manajemen Peserta Didik, adalah :

1. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan psikomotor peserta didik.

2. Menyalurkan dan mengembangkan kemampuan umum (kecerdasan), bakat dan minat peserta didik.

3. Menyalurkan aspirasi, harapan, dan memenuhi kebutuhan peserta didik.

4. Peserta didik mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan hidup yang lebih lanjut dapat belajar dengan baik dan mencapai cita-cita mereka.

5. Dengan terpenuhinya hal tersebut diharapkan peseta didik dapat mencapai kebahagian dan kesejahteraan hidup yang lebih lanjut dapat belajar dengan baik dan tercapai cita-cita mereka

Baca Juga :   Metode-metode Penelitian dalam Psikologi

Fungsi Manajemen Peserta Didik

Beberapa hal yang menjadi fungsi dari Manajemen Peserta Didik, adalah :

1. Fungsi yang berkenaan dengan pengembangan individualitas siswa ialah agar mereka dapat mengembangkan ppotensi-potensi individualitasnya tanpa banyak terhambat. Potensi-potensi bawaan tersebut meliputi: kemampuan umum (kecedasan), kemampuan khusus (bakat), dan kemampuan lainnya.

2. Fungsi yang berkenaan dengan pengembangan fungsi sosial siswa ialah agar siswa dapat mengadakan sosialisasi dengan sebayanya, dengan orang tua dan keluarganya, dengan lingkungan sosial sekolahnya dan lingkungan sosial masyarakatnya. Fungsi ini berkaitan dengan hakikat siswa sebagai makhluk sosial.

3. Fungsi yang berkenaan dengan penyaluran aspirasi dan harapan siswa, ialah agar siswa dapat menyalurkan hobi, kesenangan, dan minat. Hobi, kesenangan dan minat siswa patut disalurkan karena dapat menunjang perkembangan diri siswa secara keseluruhan.

4. Fungsi yang berkenaan dengan pemenuhan kebutuhan dan kesejahteraan siswa ialah agar siswa sejahtera dalam hidupnya. Kesejahteraan demikian sangat penting karena dengan demikian ia akan juga turut memikirkan kesejahteraan sebayanya.

Prinsip Manajemen Peserta Didik

Beberapa hal yang menjadi prinsip dari Manajemen Peserta Didik, adalah :

Baca Juga :   Sejarah Psikologi di Indonesia

1. Dalam mengembangkan program Manajemen Kesiswaan, penyelenggaraharus mengacu pada peraturan yang berlaku pada saat program dilaksanakan.

2. Manajemen Kesiswaan dipandang sebagai bagian keseluruhan manajemen sekolah. Oleh karena itu, ia harus mempunyai tujuanyang sama atau mendukung terhadap tujuan manajemen sekolah secara keseluruhan.

3. Segala bentuk kegiatan Manajemen Kesiswaan haruslah mengemban misi pendidikan dalam rangka mendidik siswa.

4. Kegiatan-kegiatan Manajemen Peserta Didik haruslah diupayakan untuk mempersatukan peserta yang mempunyai keragaman latar belakang dan punya banyak perbedaan.

5. Kegiatan Manajemen Kesiswaan haruslah dipandang sebagai upaya pengaturan terhadap pembimbingan siswa.

6. Kegiatan Manajemen Kesiswaan haruslah mendorong dan memacu kemandirian siswa.

7. Kegiatan Manajemen Peserta Didik haruslah fungsional bagi kehidupan siswa, baik disekolah lebih-lebih dimasa depan.

Ruang Lingkup Manajemen Peserta Didik

Manajemen Peserta Didik menurut Mulyasa, sedikitnya terdapat tiga tugas utama yang perlu diperhatikan dalam manajemen tersebut, yaitu:

1. Penerimaan murid baru,

2. Kegiatan belajar,

3. Bimbingan dan pembinaan disiplin.

Menurut Suharsimi dan Lia Yuliana, dengan melihat proses memasuki sekolah sampai siswa meninggalkannya terdapat empat kelompok pemanajemenan, yaitu:

1. Penerimaan siswa;

2. Ketatausahaan siswa;

3. Pencatatan bimbingan dan penyuluhan;

4. Pencatatan prestasi belajar

Related posts