Laporan Hasil Observasi, Pengertian dan Struktur (Rangkuman Materi Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas 10 Bab 1 ) Kurikulum Merdeka

  • Whatsapp
Laporan Hasil Observasi, Pengertian dan Struktur

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas 10 Bab 1 | Kurikulum Merdeka | Laporan Hasil Observasi | Pengertian Laporan Hasil Observasi | Struktur Laporan Hasil Observasi | Struktur Laporan Hasil Observasi yang Disajikan Secara Ilmiah |

Pengertian Laporan Hasil Observasi

Laporan hasil observasi ialah teks yang mengungkapkan fakta-fakta yang didapatkan melalui proses pengamatan.

Struktur Laporan Hasil Observasi

Pernyataan Umum atau Klasifikasi

Bagian ini berisi pembuka atau pengantar hal tentang yang akan disampaikan, hal umum tentang objek yang akan dikaji, dan menjelaskan secara garis besar pemahaman terhadap hal tersebut. Contohnya, jika objek observasi adalah binatang, hal yang dibahas pada bagian ini adalah nama ilmiah, klasifikasi umum binatang (serangga/mamalia/unggas, dll), dan tempat hidup secara umum.

Baca Juga :   Membiasakan Perilaku Kontrol Diri, Pengertian, Implementasi, Pentingnya Sikap dan Contoh (Rangkuman Materi PAI SMA Kelas 10 Bab 8 ) Kurikulum Merdeka

Deskripsi Bagian

Bagian ini berisi penjelasan detail mengenai objek atau bagian-bagian dari objek. Contohnya, jika objek observasi adalah binatang, hal-hal yang dapat dibahas di bagian ini adalah bagian tubuh, pola makan, daur hidup, habitat, kebiasaan unik, dll.



Deskripsi Manfaat atau Kesimpulan

Bagian ini menjelaskan manfaat objek yang diobservasi, baik bagi manusia maupun bagi alam secara umum.

Struktur Laporan Hasil Observasi yang Disajikan Secara Ilmiah

Laporan observasi dapat disajikan, baik secara populer maupun ilmiah. Laporan populer memiliki bagian-bagian yang lebih fleksibel, tetapi bagiannya tidak lengkap. Hal itu sebagaimana yang tampak pada artikel dalam surat kabar atau majalah. Sementara itu, laporan ilmiah memiliki bagian lebih lengkap dan sistematika teratur.

Baca Juga :   Download Buku Guru Informatika SMA / SMK / MA Kelas 10, 11, 12 Kurikulum Merdeka



Laporan hasil observasi pada umumnya disajikan dalam bentuk karya tulis atau yang lazim disebut dengan makalah. Adapun yang dimaksud dengan makalah adalah karya tulis yang membahas suatu persoalan dengan pemecahan masalah berdasarkan hasil membaca atau hasil pengamatan lapangan. Makalah biasanya disusun untuk diskusi-diskusi resmi, seperti simposium, seminar, atau lokakarya. Makalah sering pula disebut paper, yakni tugas tertulis pada suatu mata pelajaran yang penyusunannya dapat berupa kajian hasil obervasi lapangan. Makalah disajikan dalam bagian-bagian sebagai berikut.

Pendahuluan

Bagian ini menguraikan masalah yang akan dibahas, meliputi latarbelakang masalah, perumusan masalah, prosedur pemecahanmasalah, dan sistematika pembahasan.

Pembahasan

Bagian ini memuat uraian tentang hasil kajian penulis dalam mengembangkan jawaban terhadap masalah yang dirumuskan. Pembahasan masalah dilengkapi dengan data lapangan (hasil observasi) serta pendapat-pendapat penulis itu sendiri. Bagian ini boleh saja disusun lebih dari satu bagian.

Baca Juga :   Penelitian Sosial, Pengertian, Tahapan, Metode, Sumber dan Etika (Rangkuman Materi IPS SMA/MA Kelas 10 Bab 2 ) Kurikulum Merdeka

Kesimpulan

Kesimpulan adalah pemaknaan kembali terhadap uraian yang telah dibuat pada bagian pembahasan. Bagian ini merupakan hasil pemaknaan kembali pembahasan, bukan ringkasan isi. Dalam mengambil kesimpulan tersebut, penulis harus mengacu pada permasalahan yang diajukan dalam bagian pendahuluan.

Baca Kumpulan: Rangkuman Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA




Related posts