Kunci Jawaban Sosiologi Kelas 12 Halaman 35, 36, 37, 38, 40, 41 Kurikulum Merdeka

KUNCI JAWABAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Pada postingan ini, Anda akan menemukan kunci jawaban dari Mata Pelajaran Sosiologi Kelas 12 SMA, MA Halaman 35, 36, 37, 38, 40, 41. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan kunci jawaban harus dilakukan dengan bijak. Fungsi pertanyaan dalam proses pembelajaran Sosiologi Kelas 12 SMA, MA adalah untuk mengukur pemahaman dan daya serap siswa terhadap materi pembelajaran ini. Oleh karena itu, penggunaan kunci jawaban seharusnya lebih berfokus pada upaya meningkatkan pemahaman siswa daripada hanya untuk menyelesaikan tugas.

Jika Anda adalah orang tua yang membantu anak Anda dengan tugasnya, kami berharap bahwa proses bantu-membantu ini menjadi bagian dari pendidikan Anda untuk anak, membantu mereka lebih berkembang dalam memahami materi Sosiologi Kelas 12 SMA, MA.

Bagi para guru mata pelajaran Sosiologi Kelas 12 SMA, MA, kunci jawaban Sosiologi Kelas 12 SMA, MA yang tersedia dapat menjadi alat yang berguna dalam proses mengajar. Situs wislah.com tidak hanya menyediakan kunci jawaban dari buku siswa Sosiologi Kelas 12 SMA, MA, tetapi juga aktif dalam mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka dengan berbagi berbagai sumber daya, termasuk buku paket siswa dan guru, modul ajar guru, materi ajar semua mata pelajaran, dan banyak lagi. Semua ini diharapkan dapat memajukan pendidikan di Indonesia dan memberikan akses yang lebih merata kepada referensi bagi para pelajar di berbagai daerah.


Semoga situs wislah.com dapat terus tumbuh dan berkembang, sehingga niat baik mereka dalam mendukung pendidikan dan penyebaran referensi pendidikan dapat tercapai dan bermanfaat bagi semua pihak.

Kunci Jawaban Sosiologi Kelas 12 Halaman 35, 36, 37, 38, 40, 41

Asesmen Jawablah pertanyaan dengan tepat!

1. Deskripsi yang tepat untuk menjelaskan konsep perubahan sosial adalah . . . .

A. pertentangan antarpihak yang disebabkan oleh perbedaan kepentingan

B. ketidakmampuan sistem sosial dalam menjalankan fungsinya dengan baik

C. interaksi antarbudaya yang menyebabkan goyahnya suatu sistem sosial

D. modifikasi sistem sosial dalam masyarakat yang dilakukan dari waktu ke waktu

E. proses pembentukan kembali organisasi dalam suatu lembaga social

Jawaban:

D. modifikasi sistem sosial dalam masyarakat yang dilakukan dari waktu ke waktu

2. Perhatikan infografik berikut! (lihat di buku Siswa Mata pelajaran Sosiologi kelas 12 SMA/MA/SMK)

Berilah tanda centang (√) pada kolom Benar/Salah untuk menunjukkan pernyataan yang sesuai dengan informasi pada infografik!

Jawaban:

1)= salah, 2)= benar, 3) = benar

Perhatikan kutipan artikel berikut untuk menjawab soal nomor 3–5!

Sebelum tahun 1970, Todaro dan Smith (2003) mengungkapkan bahwa paradigma pembangunan hanya dipandang sebagai fenomena ekonomi. Saat itu fokus perhatian dunia mengenai pendapatan, modal, pertumbuhan ekonomi, dan berbagai hal yang terkait dengan ekonomi. Dalam perkembangannya berbagai fenomena sosial yang muncul cenderung bertolak belakang dengan fenomena ekonomi. Data empiris menunjukkan bahwa beberapa negara yang mencapai pertumbuhan ekonomi tinggi juga menghadapi masalah tingginya pengangguran, kemiskinan, dan masalah sosial lainnya. Banyak pihak mulai menyadari bahwa pertumbuhan ekonomi yang tinggi tidak menjadi jaminan terhadap perbaikan taraf hidup penduduk di suatu negara.

Sumber: Direktorat Analisis dan Pengembangan Statistik, 2021

3. Jelaskan faktor penyebab utama perubahan sosial pada artikel!

Jawaban:

Jumlah penduduk/populasi.

4. Jelaskan fenomena pada artikel menggunakan teori konflik!

Jawaban:

Menurut teori konflik, perubahan sosial dibutuhkan untuk membentuk sistem sosial baru yang bertujuan mengatasi ketidakadilan. Pada kasus ini, pertumbuhan penduduk perlu diiringi dengan pembangunan ekonomi. Masalah kesenjangan sosial menjadi masukan bagi pemerintah untuk melakukan pembangunan secara menyeluruh dan matang.


5. Fenomena pada artikel dapat diklasifikasikan sebagai perubahan sosial tidak terencana karena . . . .

Jawaban:

Pembangunan hanya berfokus pada sektor ekonomi tanpa diimbangi dengan laju pertumbuhan penduduk. Oleh karena itu, meskipun sektor perekonomian makin maju, masalah lain di bidang kependudukan justru muncul dan menimbulkan berbagai permasalahan sosial seperti pengangguran dan kemiskinan.

Perhatikan infografik berikut untuk menjawab soal nomor 6–7! (lihat di buku Siswa Mata pelajaran Sosiologi kelas 12 SMA/MA/SMK)

6. Pasangkan pernyataan pada kolom kiri dengan salah satu pilihan jawaban pada kolom kanan!

Jawaban:

1)= Gen Z, 2)= Gen X, dan 3)= Preboomer

7. Identifikasilah beberapa pernyataan berikut yang sesuai dengan informasi pada infografik. Tuliskan Benar/Salah sesuai pernyataan!

Jawaban:

1)= benar, 2)= salah

8. Perhatikan indikator berikut!

1) Sebagian besar tingkat pendidikan masyarakat tinggi.

2) Sikap superior dalam memandang budaya sendiri.

3) Lokasi geografis jalur perdagangan tidak strategis.

4) Heterogenitas penduduk sangat tinggi.

5) Kemudahan dan keterbukaan akses informasi publik.

Faktor pendorong perubahan sosial ditunjukkan oleh angka . . . .

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 3), dan 5)

C. 1), 4), dan 5)

D. 2), 3), dan 4)

E. 2), 4), dan 5)

Jawaban:

B. 1), 3), dan 5)

9. Pertentangan kelas sosial dalam masyarakat sering terjadi. Oleh karena itu, perubahan sosial dibutuhkan untuk membangun system sosial baru yang lebih mapan. Pendapat tersebut menunjukkan analisis perubahan sosial menggunakan teori . . . .

Jawaban:

Konflik

10. Perhatikan ilustrasi berikut! Masih ada beberapa suku di Indonesia yang mempertahankan tradisi serta adat istiadat leluhurnya dengan kuat. Misalnya, mereka menolak masuknya listrik dan teknologi modern. Selain itu, mereka mempertahankan mata pencarian serta cara mengelola lahan secara tradisional. Padahal, beberapa daerah di sekitarnya sudah menggunakan teknologi, akses pendidikan, dan kesehatan dengan sistem pemerintahan yang mapan. Masyarakat menolak perubahan dan teknologi karena mereka tidak ingin budaya baru menggantikan tatanan social yang sudah ada sebelumnya.

Faktor utama penghambat dan dampak perubahan sosial berdasarkan ilustrasi di atas, adalah . . . .

Jawaban:

E. Faktor Penghambat: Pola pikir yang tertutup. Dampak: ketidakmampuan beradaptasi dengan perubahan zaman.

Penutup

Dalam penutup, mari kita ingatkan kembali bahwa penggunaan kunci jawaban dan sumber daya pendidikan seharusnya selalu disertai dengan etika dan pertimbangan moral. Pendidikan adalah pondasi bagi kemajuan masyarakat, dan penting untuk mendekatinya dengan integritas dan rasa tanggung jawab. Semoga upaya wislah.com dalam mendukung dunia pendidikan terus menginspirasi perkembangan positif dan memberikan manfaat yang besar bagi semua pihak yang terlibat.

Juga, mari kita selalu ingatkan bahwa kunci jawaban yang disediakan di sumber eksternal mungkin memiliki kemungkinan untuk kesalahan atau perbedaan dalam interpretasi. Oleh karena itu, guru dan siswa tetap perlu berhati-hati dan mencari konfirmasi lebih lanjut untuk memastikan pemahaman yang benar terhadap materi pembelajaran.

Terima kasih telah berkunjung ke wislah.com dan berpartisipasi dalam upaya memajukan pendidikan. Semoga kebaikan dan semangat untuk berbagi pengetahuan terus berkembang, membawa manfaat bagi masyarakat, terutama generasi muda yang merupakan masa depan bangsa.

Related posts