Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 11 Halaman 105, 106, 107 Kurikulum Merdeka

KUNCI JAWABAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Pada kesempatan ini, kami menyediakan kunci jawaban dari Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 11 SMA, MA yang dapat ditemukan di Halaman 105, 106, 107. Informasi ini bertujuan untuk memberikan bantuan kepada siswa dalam memahami dan menguasai materi yang diajarkan dalam kurikulum Pendidikan Pancasila. Namun, sangat penting untuk mengingat bahwa penggunaan kunci jawaban seharusnya bersifat bijak, dan tujuannya adalah untuk mengukur daya serap pembelajaran siswa.

Dalam konteks proses pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 11 SMA, MA, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan memiliki peran penting dalam mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, kunci jawaban ini sebaiknya dianggap sebagai alat bantu bagi siswa untuk mengukur pemahaman mereka terhadap materi yang sedang dipelajari.

Bagi orang tua yang membantu anak-anak mereka dalam mengerjakan tugas Pendidikan Pancasila Kelas 11 SMA, MA, harapan kami adalah agar proses bantuan yang diberikan merupakan bagian integral dari pendidikan anak-anak mereka. Dengan demikian, anak-anak dapat berkembang lebih baik dalam memahami materi Pendidikan Pancasila Kelas 11 SMA, MA.


Untuk para guru Pendidikan Pancasila Kelas 11 SMA, MA, kami menyediakan kunci jawaban ini sebagai sumber referensi tambahan yang dapat memudahkan proses pengajaran. Di samping itu, wislah.com juga aktif dalam mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka, dengan menyediakan berbagai materi, buku paket siswa dan guru, modul ajar guru, serta materi ajar untuk semua mata pelajaran.

Semoga ketersediaan kunci jawaban dan dukungan dari wislah.com dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Doa kami adalah agar wislah.com terus tumbuh dan berkembang, sehingga niat baik kami untuk memajukan kehidupan bangsa melalui pendidikan dapat tercapai dan memberikan manfaat yang maksimal.

Baca Juga : Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 11 Halaman 30 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 11 Halaman 105, 106, 107

Uji Kompetensi

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih jawaban yang paling benar!

1. Dalam menjaga keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara, sebagai warga negara kita diharapkan mampu menjaga kerukunan antarumat beragama sesuai dengan pengamalan sila pertama. Berdasarkan pemahaman kalian, hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga harmonisasi hidup beragama adalah …

A. Meningkatkan kesadaran budaya

B. Menjunjung toleransi budaya

C. Meyakini semua kepercayaan

D. Membantu melestarikan bahasa

E. Mengikuti semua ritual keagamaan

Alasan:

Jawaban:

B. Menjunjung toleransi budaya

Alasan: Toleransi budaya melibatkan penghargaan terhadap perbedaan-perbedaan dalam budaya dan kepercayaan. Ini menciptakan ruang untuk kerukunan antarumat beragama.

2. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Meningkatkan toleransi beragama

2) Menghargai setiap kebudayaan

3) Menciptakan perdamaian sosial

4) Meningkatkan kepedulian antarsesama

5) Memberi bantuan secara merata

Berdasarkan pernyataan tersebut, manakah yang merupakan implementasi sila ke-5 dalam mewujudkan harmoni keberagaman?

A. (1) dan (2)

B. (2) dan (3)

C. (3) dan (4)

D. (1) dan (3)

E. (3) dan (5)

Alasan:

Jawaban:

E. (3) dan (5)

Alasan: Implementasi sila ke-5 (Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia) melibatkan menciptakan perdamaian sosial dan memberikan bantuan secara merata.

Baca Juga : Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 11 Halaman 158 Kurikulum Merdeka

3. Kain batik merupakan hasil dari budaya lokal. Beberapa daerah di Indonesia dapat menciptakan batik dengan corak khas yang berbeda-beda. Batik kemudian diangkat menjadi salah satu pakaian nasional. Dengan demikian, budaya lokal menjadi budaya nasional. Hal ini menunjukkan peran dan fungsi keragaman budaya sebagai …

A. Daya tarik wisata

B. Sikap toleransi

C. Mendorong inovasi kebudayaan

D. Mengembangkan kebudayaan nasional

Alasan:

Jawaban:

D. Mengembangkan kebudayaan nasional

Alasan: Angkatnya batik sebagai pakaian nasional menunjukkan bahwa budaya lokal dapat menjadi bagian integral dari kebudayaan nasional.

4. Dengan keberagaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia makin menambah kesadaran masyarakat bahwa manusia pada hakikatnya memang memiliki perbedaan. Oleh karena itu, keberagaman budaya tidak perlu dipertentangkan. Setiap budaya ingin dikembangkan. Karena itu, setiap kebudayaan saling mendukung serta bersama-sama mengembangkan kebudayaan itu sendiri. Penjelasan tersebut menunjukkan peran dan fungsi keragaman budaya sebagai …

A. Mengembangkan kebudayaan nasional

B. Mendorong inovasi kebudayaan

C. Mengembangkan sikap toleransi

D. Mendorong kebudayaan asing

E. Meningkatkan budaya asing

Alasan:

Jawaban:

C. Mengembangkan sikap toleransi

Alasan: Pernyataan tersebut menekankan pada saling mendukung dan mengembangkan kebudayaan tanpa pertentangan, mencerminkan sikap toleransi terhadap perbedaan budaya.

5. Sebagai warga negara yang baik, kita berupaya menjaga keberagaman. Berikut bukan termasuk langkah pertama dalam harmonisasi keberagaman di lingkungan masyarakat adalah …

A. Nana saling menyapa dengan teman berbeda kelas

B. Ardi selalu memberi sapaan kepada tetangga yang berbeda agama

C. Setiap hari Senin, Rara mengikuti upacara bendera

D. Dalam berkendara, Pak Rudi selalu memakai helm

E. Pak Aan selalu memakai angkutan umum ketika keluar rumah

Alasan:

Jawaban:

A. Nana saling menyapa dengan teman berbeda kelas

Alasan: Saling menyapa dengan teman berbeda kelas menunjukkan langkah pertama yang sederhana namun penting dalam membentuk hubungan yang harmonis di lingkungan masyarakat.

Baca Juga : Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 11 Halaman 157 Kurikulum Merdeka

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Menjaga harmonisasi keberagaman merupakan kewajiban seluruh warga negara. Berdasarkan pernyataan tersebut, sebutkan dan jelaskan contohcontoh menjaga harmoni dalam keberagaman di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat!

Jawaban:

1) Harmoni dalam keberagaman penting untuk menjaga kehidupan sosial yang damai dan menghormati perbedaan antarindividu atau antarkelompok. Berikut adalah contoh cara menjaga harmoni dalam keberagaman di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.


a. Lingkungan keluarga

• Menghargai perbedaan pendapat dan pandangan antaranggota keluarga.

• Mengajarkan anak-anak tentang toleransi dan menghargai perbedaan.

• Memiliki komunikasi yang terbuka dan jujur antaranggota keluarga.

• Menanamkan sikap saling membantu dan menyayangi antaranggota keluarga.

b. Lingkungan sekolah

• Menciptakan lingkungan yang inklusif dan ramah bagi semua peserta didik, tanpa terkecuali.

• Mengajarkan nilai-nilai toleransi dan menghargai perbedaan sebagai bagian dari kurikulum pendidikan.

• Mendorong peserta didik untuk saling belajar menghargai keunikan dan keberagaman antarteman sekelas.

• Menyediakan forum diskusi dan dialog bagi peserta didik untuk mengungkapkan pendapat mereka dengan aman dan terbuka.

c. Lingkungan masyarakat

• Mengadakan kegiatan atau acara yang melibatkan seluruh anggota masyarakat untuk merayakan keberagaman dan keunikan budaya.

• Menjalin dialog dan kerja sama antarkomunitas untuk memecahkan masalah sosial secara bersama-sama.

• Menghargai perbedaan dan menolak diskriminasi terhadap kelompok minoritas.

• Menciptakan ruang diskusi terbuka dan menghargai pandangan beragam dalam masalah-masalah yang menyangkut kepentingan masyarakat.

2. Ketertiban dalam masyarakat harus dijaga dan dirawat bersama-sama oleh seluruh masyarakat. Berdasarkan pernyataan tersebut, sebutkan langkahlangkah yang dapat kita lakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat!

Jawaban:

Menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat adalah tanggung jawab seluruh warga negara. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat

a. Menghormati hukum dan peraturan yang berlaku di masyarakat dan negara.

b. Menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar.

c. Melaporkan tindakan kriminal atau kejahatan yang terjadi pada pihak berwenang.

d. Menghindari perilaku yang merugikan atau membahayakan diri sendiri

ataupun orang lain.

e. Menjalin hubungan sosial yang baik dengan tetangga dan lingkungan sekitar.

f. Tidak melakukan tindakan diskriminasi terhadap kelompok minoritas, apa pun bentuknya.

g. Menjauhi penggunaan narkoba, alkohol, atau obat-obatan terlarang lainnya.

3. Hoaks merupakan salah satu aspek dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang dapat menimbulkan konlik baik vertikal maupun horizontal. Berdasarkan pernyataan tersebut, lakukanlah analisis mengapa menyebarluaskan informasi yang belum jelas sumbernya atau hoaks dapat memicu terjadinya konlik dalam kelompok masyarakat!

Jawaban:

Informasi bohong atau hoaks dapat memicu konlik dalam kelompok masyarakat. Hoaks sering kali dirancang untuk memanipulasi emosi yang dapat memicu kebencian terhadap seseorang atau kelompok tertentu.

Penyebaran hoaks biasanya begitu cepat melalui media sosial atau platform digital lainnya. Celakanya, banyak orang yang mudah memercayainya begitu saja bahkan turut serta menyebarluaskan, tanpa berusaha mencari tahu kebenarannya terlebih dahulu. Hal itu akhirnya menciptakan kebingungan, ketegangan, dan ketidakpercayaan satu sama lain yang dapat memicu konlik kelompok masyarakat.

4. Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman baik dilihat dari agama, suku, ras, bahasa, dan budaya. Berdasarkan pernyataan tersebut, apa yang dapat kalian lakukan untuk menjaga keberagaman supaya terhindar dari konlik! Selanjutnya, lakukanlah analisis!

Jawaban:

Cara paling sederhana yang dapat dilakukan adalah menghindari konlik dengan mencerminkan sikap dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aktivitas yang dilakukan dalam kehidupan baik lingkup mikro, meso, maupun makro. Saling menghormati antarsesama, meningkatkan kerja sama di antara kelompok masyarakat, meningkatkan kualitas hidup, dan menjamin keberlangsungan kehidupan yang lebih baik.

Baca Juga : Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 11 Halaman 132 Kurikulum Merdeka

5. Dalam suatu wilayah pasti terdapat berbagai macam keberagaman baik suku, budaya, maupun agama. Berdasarkan hal tersebut, berikanlah gagasan solutif dalam menjaga keberagaman di lingkungan sekitarmu!

Jawaban:

Berikut adalah beberapa gagasan solutif dalam menjaga keberagaman di lingkungan sekitar kita.

a. Mengedepankan sikap toleran dan saling menghormati antara individu dan kelompok yang memiliki perbedaan baik perbedaan agama, suku, ras, bahasa, budaya, atau lainnya.

b. Meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang keberagaman yang ada di lingkungan sekitar kita melalui pendidikan dan sosialisasi yang tepat sasaran, seperti kegiatan seminar, lokakarya, dan pertemuan antarkelompok masyarakat.

c. Mendorong terciptanya dialog dan diskusi antarkelompok masyarakat yang memiliki perbedaan baik melalui kegiatan formal maupun informal.

d. Mengedepankan nilai-nilai kebangsaan dan persatuan sebagai dasar dalam kehidupan bermasyarakat sehingga dapat memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman yang ada.

e. Meningkatkan kerja sama antarkelompok masyarakat dalam berbagai bidang, seperti bidang ekonomi, sosial, dan budaya sehingga dapat memperkuat keterikatan antarkelompok masyarakat.

f. Memperkuat peran tokoh-tokoh masyarakat yang memiliki pengaruh di lingkungan sekitar, untuk menjadi contoh dalam menjaga keberagaman dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Penutup

Dalam mengakhiri pembahasan mengenai kunci jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 11 Halaman 105, 106, 107 Kurikulum Merdeka, kami ingin menekankan pentingnya penggunaan informasi ini dengan bijak dan etis. Kunci jawaban seharusnya menjadi alat bantu, bukan pengganti upaya belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.

Bagi siswa, kami mendorong untuk tetap fokus pada proses pembelajaran yang sejati, memanfaatkan kunci jawaban sebagai sarana evaluasi diri, dan tetap aktif bertanya kepada guru untuk memperdalam pemahaman. Orang tua diharapkan terlibat aktif dalam membimbing anak-anak mereka, bukan hanya dalam menyelesaikan tugas, tetapi juga dalam membentuk karakter dan nilai-nilai positif.

Kepada para guru, kami berterima kasih atas dedikasi dan kontribusi dalam mendidik generasi muda. Semoga kunci jawaban ini dapat menjadi sumber referensi tambahan yang mendukung upaya Anda dalam menyampaikan materi Pendidikan Pancasila Kelas 11 SMA, MA.

Terakhir, kami mengajak semua pihak, termasuk wislah.com, untuk terus berpartisipasi dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Semoga semua upaya ini dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan dan keberlanjutan pendidikan di tanah air.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasama semua pihak. Mari bersama-sama menciptakan generasi penerus yang cerdas, berkarakter, dan mencintai nilai-nilai Pancasila.

Hormat kami,
Tim wislah.com

Related posts