Kunci Jawaban PAI kelas 7 Halaman 245-246 Kurikulum Merdeka, Lengkap dengan Materinya Sebagai Bahan Belajar

Kunci Jawaban PAI kelas 7 Halaman 245 246 Kurikulum Merdeka
Kunci Jawaban PAI kelas 7 Halaman 245 246 Kurikulum Merdeka

WISLAH.COM – Artikel ini akan memberikan kunci jawaban dari halaman 245-246 sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Selain itu, kami juga akan membahas materi terkait secara mendalam agar siswa dapat memahami konteks dan esensi dari jawaban tersebut. Dengan demikian, siswa akan lebih siap menghadapi ujian dan tugas-tugas sekolah.

A. Kunci Jawaban PAI kelas 7 Halaman 245-246 Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah kunci jawaban dari pertanyaan yang ada di halaman 245-246 buku PAI kelas 7 Kurikulum Merdeka:

1. Jelaskan kondisi sosial masyarakat Andalusia sebelum kedatangan bangsa Muslim!


Jawaban: Sebelum kedatangan bangsa Muslim, masyarakat Andalusia terdiri dari berbagai suku bangsa seperti Iberia, Celtiberia, Romawi, dan Yahudi. Mereka hidup dalam keadaan terpecah-belah dan tidak memiliki kesatuan politik yang kuat. Perang saudara dan invasi bangsa asing sering terjadi, sehingga menimbulkan ketidakstabilan dan ketidakpastian di antara masyarakat. Selain itu, masyarakat Andalusia pada masa itu masih menganut agama pagan dan animisme. Sistem kepercayaan ini dipengaruhi oleh kebudayaan dan kepercayaan bangsa-bangsa sebelumnya yang pernah menguasai wilayah itu. Masyarakat Andalusia pada masa itu juga dikenal sebagai masyarakat yang memiliki kebiasaan merampok, menjarah, dan berperang antara suku bangsa yang berbeda. Dalam kondisi sosial yang tidak stabil dan bergejolak seperti itu, kedatangan bangsa Muslim pada tahun 711 M membawa perubahan besar bagi masyarakat Andalusia. Dalam waktu singkat, bangsa Muslim mampu menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpecah-belah, dan membawa perdamaian, kemakmuran, dan perkembangan di berbagai bidang kehidupan, termasuk agama, ilmu pengetahuan, seni, budaya, dan teknologi.

2. Ceritakan sejarah singkat perkembangan Islam di Andalusia!

Jawaban: Baghdad, Konstantinopel, dan Cordova merupakan tiga kota yang menjadi pusat kebudayaan dunia saat itu. Terdapat 113.000 rumah, 70 perpustakaan, toko buku dan ratusan mesjid, jalan aspal yang panjang dan diterangi dengan lampu-lampu dari rumah-rumah yang berhampiran menjadi pemandangan menarik di Cordova. Kota ini menjadi populer dan mengundang kekaguman pengunjung. Utusan diplomatik banyak berkumpul di Cordova. Delegasi berdatangan dari Zanata Afrika Utara, dinasti Idrīsiyyah, raja Perancis, Konstantinopel, dan Jerman. Kejayaan Islam di Spanyol ditunjukkan dengan beberapa perkembangan ilmu pengetahuan dan pembangunan fisik. Ilmu pengetahuan berkembang pada bidang filsafat, seni, sastra, agama, dan sains. Pembangunan gedung-gedung, seperti pembangunan kota, istana, masjid, pemukiman dan taman-taman menjadi pembangunan fisik yang sangat menonjol. Pembangunan yang megah terdapat pada kota al-Zahrā, masjid Cordova, Istana Ja’fariyah di Saragosa, masjid Sevilla, tembok Toledo, Istana al-Ma’mūn, dan Istana al-Hamrā di Granada.

3. Lakukan telaah perbedaan kemajuan Islam pada masa Bani Umayyah di Damaskus dengan Bani Umayyah di Andalusia!

Jawaban: Kemajuan Islam masa Daulah Umayyah di Damaskus meliputi:

  • Pemerintah menggunakan bahasa Arab sebagai alat komunikasi resmi.
  • Berhasil mencetak mata uang.
  • Pembangunan fasilitas umum seperti gedung, masjid dan air mancur merupakan aspek penting dalam kehidupan umat Islam.
  • Membuat departemen pencatatan diwanul khatam.
  • Pemisahan keuangan dan pemerintah.
  • Terbentuknya layanan pos merupakan prestasi besar Diwanul Barid. Kemajuan Islam masa Daulah Umayyah di Andalusia meliputi:
  • Mendirikan masjid dan sekolah di kota-kota besar Spanyol.
  • Hukum Islam ditegakkan.
  • Pembaharuan dalam bidang kemiliteran.
  • Mendirikan Universitas Cordova.
  • Memiliki perpustakaan ribuan koleksi buku.
  • Membangun rumah sakit, laboratorium, dan istana.
  • Lingkungan Andalusia yang melahirkan kebangkitan sastra, ilmiah, dan pembangunan.

4. Mengapa kita harus menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi?


Jawaban: Ilmu pengetahuan memberikan manfaat bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam hal teknologi, komunikasi, transportasi, komputerisasi, perbankan, dan lainnya. Artinya, ilmu pengetahuan dapat membantu manusia mencukupi kebutuhan dan mendapat kehidupan layak. Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mengarah terhadap pemenuhan kebutuhan manusia. Begitu banyak sekali produk teknologi yang kita rasakan saat ini seperti Handphone, Televisi, Mobil, Motor, Komputer, dan lain-lainnya yang kita nikmati saat ini. Pesawat terbang juga merupakan salah satu produk teknologi juga, dari zaman ke zaman perubahan pesawat terbang semakin jelas dapat kita rasakan. Jarak yang jauh sekalipun saat ini dapat kita datangi dalam kurun waktu yang sebentar. Pada era teknologi ini segala transportasi baik darat, laut ataupun udara merupakan hasil dari perkembangan IPTEK yang sangat luar biasa. Manfaat yang didapatkan dari mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi sangat banyak sekali.

5. Bagaimana cara menumbuhkan semangat dalam mencari ilmu dan mengembangkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban:

  • Dapat lebih memperdalam ilmu pengetahuan.
  • Dapat mendekatkan diri kepada Allah swt.
  • Memohon diberikan petunjuk oleh Allah swt.
  • Meminta agar kita tidak diganggu oleh syaiton untuk melakukan perbuatan yang tidak diperbolehkan agama.
  • Berdoa kepada Allah swt agar diberi kemudahan dalam mempelajari ilmu agama.
  • Menghindari perbuatan yang dilarang oleh agama.
  • Menyampaikan ilmu kepada orang lain.

B. Perkembangan Islam di Andalusia

Membahas perkembangan Islam di Andalusia adalah membicarakan salah satu masa keemasan dalam sejarah peradaban Islam. Kedatangan bangsa Muslim pada tahun 711 M membawa perubahan besar yang mencakup berbagai aspek kehidupan masyarakat Andalusia.

Kondisi Sosial Masyarakat Andalusia Sebelum Kedatangan Islam

Sebelum Islam masuk, masyarakat Andalusia terpecah-belah oleh berbagai suku bangsa seperti Iberia, Celtiberia, Romawi, dan Yahudi. Tidak ada kesatuan politik yang kuat, sehingga sering terjadi perang saudara dan invasi bangsa asing yang menyebabkan ketidakstabilan. Kondisi sosial yang kacau ini diperburuk oleh kebiasaan merampok, menjarah, dan perang antar suku. Selain itu, kepercayaan masyarakat masih menganut agama pagan dan animisme, dipengaruhi oleh budaya bangsa-bangsa sebelumnya.

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Pembangunan Fisik

Ketika Islam mulai mengakar di Andalusia, terjadi perubahan besar dalam ilmu pengetahuan dan pembangunan fisik. Cordova menjadi pusat kebudayaan dengan perpustakaan, masjid, dan infrastruktur yang maju. Kemajuan ini mencakup berbagai bidang seperti filsafat, seni, sastra, agama, dan sains. Pembangunan kota, istana, masjid, dan taman-taman menunjukkan betapa pesatnya perkembangan yang terjadi.

Perbandingan dengan Kemajuan Islam di Damaskus

Pada masa Daulah Umayyah di Damaskus, kemajuan yang dicapai meliputi penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa resmi, pencetakan mata uang, dan pembangunan fasilitas umum. Mereka juga membentuk departemen pencatatan dan layanan pos yang canggih. Sementara itu, di Andalusia, kemajuan mencakup pembangunan masjid, sekolah, perpustakaan, rumah sakit, dan laboratorium. Pembaharuan dalam bidang kemiliteran dan pendirian Universitas Cordova juga menjadi tonggak penting.

Pentingnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi sangat penting karena memberikan manfaat besar bagi kehidupan sehari-hari. Teknologi seperti handphone, televisi, mobil, dan komputer mempermudah kehidupan kita. Pesawat terbang, hasil perkembangan teknologi, memungkinkan kita menjangkau jarak jauh dalam waktu singkat. Dengan mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi, kita bisa memenuhi kebutuhan hidup dengan lebih baik.

Menumbuhkan Semangat Menuntut Ilmu

Untuk menumbuhkan semangat dalam mencari ilmu, kita harus lebih memperdalam ilmu pengetahuan, mendekatkan diri kepada Allah, memohon petunjuk, dan berdoa agar diberi kemudahan dalam mempelajari ilmu agama. Menghindari perbuatan yang dilarang agama dan menyampaikan ilmu kepada orang lain juga penting dalam proses ini.

Penutup

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga informasi mengenai kunci jawaban PAI kelas 7 halaman 245-246 Kurikulum Merdeka dan penjelasan materi terkait dapat membantu siswa dalam belajar. Dengan pemahaman yang lebih baik, diharapkan siswa dapat meraih prestasi yang lebih tinggi dalam pelajaran PAI.

Related posts