Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 95, 96, 97 Kurikulum Merdeka

KUNCI JAWABAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Dalam postingan ini, Anda akan mendapatkan kunci jawaban dari Mata Pelajaran Matematika Kelas 9 SMP, MTS Halaman 95, 96, 97. Namun, penting untuk diingat bahwa Anda perlu bijak dalam memanfaatkan kunci jawaban yang disediakan dalam tulisan ini. Fungsi pertanyaan dalam proses pembelajaran Matematika Kelas 9 SMP, MTS adalah untuk mengukur daya serap Anda terhadap materi yang diajarkan. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk menilai secara objektif pemahaman Anda terhadap materi yang mereka sampaikan.

Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 SMP, MTS dapat dipandang sebagai bagian integral dari proses pembelajaran Anda sebagai siswa. Namun, jika Anda adalah orang tua yang membantu anak Anda dalam mengerjakan tugas, harapannya adalah agar Anda bisa menjadi bagian dari pendidikan anak Anda dan membantu mereka lebih berkembang dalam memahami materi Matematika Kelas 9 SMP, MTS.

Jika Anda adalah seorang guru yang mengajar mata pelajaran Matematika Kelas 9 SMP, MTS, kami menyediakan kunci jawaban dari soal-soal yang ada dalam Buku Matematika Kelas 9 SMP, MTS pada Halaman 95, 96, 97. Kami juga mengundang Anda untuk memanfaatkan wislah.com, karena selain menyediakan kunci jawaban, kami juga aktif dalam mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Kami berkontribusi dengan berbagi berbagai informasi terkait kurikulum ini, termasuk Buku Paket Siswa dan Guru, Modul Ajar Guru, Materi Ajar untuk semua mata pelajaran, dan masih banyak lagi.


Semoga wislah.com dapat menjadi bagian dari sumbangsih kami dalam memajukan pendidikan di Indonesia, dengan memberikan referensi yang bermanfaat bagi para pelajar di berbagai daerah. Kami berharap agar kami terus tumbuh dan berkembang, sehingga niat baik kami dapat tercapai dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Terima kasih atas dukungan dan doa Anda.

Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 95, 96, 97

Latihan D Lingkaran

Jawablah soal-soal berikut dengan tepat dan jelas!

Pemahaman Konsep

1. Benar atau Salah. Jari-jari suatu lingkaran adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik pada lingkaran tersebut.

2. Benar atau Salah. Diameter suatu lingkaran panjangnya dua kali jari-jari lingkaran tersebut.

3. Perbandingan antara keliling dan diameter suatu lingkaran adalah sekitar _____.

4. Suatu lingkaran panjang diameternya d. Luas lingkaran tersebut adalah _____.

5. Suatu lingkaran panjang jari-jarinya r. Panjang busur lingkaran tersebut yang terletak di hadapan sudut pusat yang besarnya θ adalah _____.

Penerapan Konsep

6. Untuk tiap-tiap lingkaran yang diketahui r (panjang jari-jari) atau d (panjang diameter) berikut, tentukan keliling dan luasnya!

ⓐ r = 12 cm

ⓑ d = 50 cm

ⓒ r = 3,5 m

7. Diketahui sebuah lingkaran panjang diameternya 42 cm. Tentukan panjang busur dan luas juringnya jika sudut pusatnya

ⓐ θ = 150°

ⓑ θ = 225°

ⓒ θ = 300°

8. Seorang arsitek sedang merencanakan taman yang di tengahtengahnya akan dibangun patung globe (bola dunia). Agar para pengunjungnya dapat mengelilingi globe tersebut dengan jarak yang sama, dia memilih lingkaran sebagai bentuk dasar taman tersebut. Rencana taman itu diperlihatkan pada Gambar 2.53.

ⓐ Daerah yang diarsir (berwarna hijau) akan ditanami rumput. Berapakah luas daerah ini?

ⓑ Harga rumput per m2 adalah Rp55.000,00. Berapakah biaya yang diperlukan untuk membeli rumput yang akan ditanam di taman itu?

ⓒ Jika seseorang akan joging sejauh 8 km mengelilingi taman tersebut, berapa putaran yang dia perlukan?

9. Sebuah sekolah memiliki lapangan tolak peluru. Bentuk dan ukuran lapangan tersebut ditunjukkan pada Gambar 2.54 berikut. Daerah yang diarsir (warna abu-abu) merupakan daerah berpasir sebagai tempat mendaratnya peluru.

ⓐ Pihak sekolah akan mengganti pasir dalam daerah pendaratan peluru menjadi rumput. Jika harga rumput per m2 adalah Rp45.000,00, tentukan total biaya yang diperlukan untuk membeli rumput yang dapat menutupi daerah tersebut!

ⓑ Abel berlatih tolak peluru di lapangan tersebut dan pelurunya jatuh di titik yang bertanda silang (lihat Gambar 2.54) pada percobaan pertama. Jika Abel ingin mencoba lagi dan dia ingin hasilnya lebih baik dari percobaan pertama, arsirlah daerah di mana seharusnya target jatuhnya peluru selanjutnya!

Jawaban:

1. Salah. Jari-jari lingkaran menghubungkan titik pusat dan satu titik pada lingkaran tersebut.

2. Benar. Panjang diameter lingkaran sama dengan dua kali panjang jari-jari lingkaran tersebut.

6. a. Kelilingnya 75,36 cm dan luasnya 452,16 cm2.

b. Kelilingnya 157 cm dan luasnya 1962,5 cm2.

c. Kelilingnya 22 cm dan luasnya 38,465 cm2.

7. a. Panjang busurnya 55 cm dan luas juringnya 577,5 cm2.

b. Panjang busurnya 82,5 cm dan luas juringnya 866,25 cm2.


c. Panjang busurnya 110 cm dan luas juringnya 1155 cm2.

8. a. Luas daerah yang berwarna hijau dapat dihitung dengan mengurangi luas lingkaran yang panjang diameternya 117 m dengan lingkaran yang lebih kecil (panjang diameternya 40 m) dan empat jalan (berbentuk persegi panjang). Panjang tiap-tiap jalan dapat ditentukan dengan mengurangkan panjang jari-jari lingkaran besar dengan jari-jari lingkaran kecil, yaitu

Catatan untuk guru: Penghitungan luas tersebut merupakan suatu taksiran karena jalannya diasumsikan persegi panjang. Dengan menggunakan metode yang lebih teliti, yaitu dengan integral tentu, luas daerah yang diperoleh tidak terlalu jauh berbeda, yaitu sekitar 9032,5 m2.

b. Total biaya, B, dapat ditentukan dengan mengalikan luas dengan harga rumput per m2.

Penutup

Dalam mengakhiri pesan ini, kami ingin menyampaikan terima kasih atas dukungan Anda dalam upaya kami untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Wislah.com berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam memberikan sumber daya yang berguna dan bermanfaat untuk siswa, orang tua, dan guru. Semoga kunci jawaban yang kami sediakan dapat membantu Anda dalam proses pembelajaran dan pengajaran Matematika Kelas 9 SMP, MTS.

Kami juga berharap agar Anda terus menjadikan pendidikan sebagai investasi utama untuk masa depan, karena pengetahuan adalah kunci kesuksesan. Mari bersama-sama berperan aktif dalam memajukan pendidikan, sehingga generasi penerus kita dapat meraih prestasi lebih baik. Semoga upaya kami di wislah.com selaras dengan tujuan bersama untuk menciptakan generasi yang cerdas dan berkualitas. Terima kasih atas perhatian dan dukungan Anda, dan kami berharap untuk terus memberikan manfaat di masa mendatang.

Related posts