Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Hal 163, Lengkap dengan Materinya Sebagai Bahan Belajar

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 163
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 163

WISLAH.COM – Pada tulisan ini, kita akan membahas kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 163 yang berisi tentang cara membuat surat balasan penawaran. Pembahasan ini sangat bermanfaat bagi siswa karena membantu mereka memahami dan mengaplikasikan konsep surat resmi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam konteks bisnis. Melalui artikel ini, diharapkan siswa dapat mengembangkan keterampilan menulis surat yang baik dan benar.

A. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 163

Berikut adalah kunci jawaban untuk tugas membuat surat balasan penawaran pada halaman 163:


24 Januari 2024


Nomor: 020/MWO-12/2024

Hal: Tanggapan Penawaran Produk Spesial

Lampiran: 1 lembar

Yth. Pimpinan ABC Ice Cream & Bakery

Jalan Agus Bahas, Surabaya

Jawa Timur

Dengan hormat,

Menanggapi surat penawaran produk spesial dari bagian marketing ABC Ice Cream & Bakery tanggal 1 Januari 2024, kami selaku sekretaris Selera Wedding Organizer, ingin menyampaikan ketertarikan kami dengan produk yang Anda tawarkan. Setelah berdiskusi mengenai jenis produk dan harga barang pada brosur yang Anda lampirkan, kami sepakat untuk memesan produk Anda.

Untuk itu, kami bermaksud memesan beberapa produk diantaranya:

  1. Ice cream coklat = 1.000 porsi
  2. Abon cake = 500 porsi
  3. Chocolate cupcake = 600 porsi
  4. Ice cream stroberi = 800 porsi
  5. Vanilla cake = 400 porsi

Produk-produk tersebut akan kami gunakan pada acara pernikahan di Gedung Indah Kota Surabaya pada 20 Februari 2024. Kami juga mengajukan potongan harga sebesar 10 persen mengingat banyaknya produk yang kami pesan.

Dengan diterbitkannya surat ini, kami menunggu respon pemesanan kami 10 hari sejak surat ini Anda terima. Terimakasih atas penawaran yang sebelumnya Anda khususkan untuk kami.

Hormat kami,

Sekretaris Selera Wedding Organizer



B. Cara Menulis Surat Balasan Penawaran yang Efektif

Menulis surat balasan penawaran memerlukan perhatian pada beberapa aspek penting untuk memastikan surat tersebut profesional dan informatif. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Kelengkapan Bagian-Bagian Surat

Setiap surat resmi harus memiliki bagian-bagian yang lengkap, seperti kop surat, nomor surat, tanggal, perihal, lampiran, dan alamat tujuan. Kelengkapan ini menunjukkan profesionalisme dan memudahkan penerima dalam mengidentifikasi isi surat.

2. Menyebutkan Jenis Produk yang Dipesan

Dalam surat balasan penawaran, penting untuk secara jelas menyebutkan jenis produk yang akan dipesan. Ini membantu menghindari kesalahpahaman antara pemesan dan penyedia produk. Sebutkan dengan rinci jumlah dan jenis produk yang dipesan seperti contoh di atas.

3. Menyebutkan Harga dan Negosiasi

Harga merupakan salah satu elemen krusial dalam surat penawaran dan balasan. Jika ada negosiasi harga, seperti permintaan potongan harga, hal ini harus disebutkan dengan jelas. Dalam contoh surat di atas, permintaan potongan harga sebesar 10 persen disebutkan secara eksplisit.

4. Memberikan Tanggal Respon

Memberikan batas waktu bagi penerima surat untuk merespon juga penting. Ini memastikan bahwa proses transaksi dapat berjalan sesuai rencana dan tidak terhambat karena kurangnya komunikasi.

Contoh Deskriptif

Pada contoh surat di atas, Selera Wedding Organizer menanggapi penawaran produk dari ABC Ice Cream & Bakery. Surat tersebut menyebutkan dengan rinci produk apa saja yang dipesan, jumlah setiap produk, dan acara yang akan menggunakan produk tersebut. Selain itu, surat juga mengajukan permintaan potongan harga sebesar 10 persen dan memberikan waktu 10 hari bagi penerima surat untuk memberikan respon. Ini menunjukkan sebuah surat balasan penawaran yang jelas, lengkap, dan profesional.

Penutup

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga informasi yang disampaikan dapat membantu para siswa dalam memahami cara membuat surat balasan penawaran yang baik dan benar. Tetap semangat dalam belajar dan terus asah kemampuan menulis kalian!

Related posts