Komunikasi Adalah ? Pengertian, Jenis, Bentuk, Komponen, dan Tekniknya

  • Whatsapp
Komunikasi Adalah

Komunikasi Adalah | Pengertian Komunikasi | Teknik Komunikasi | Jenis Komunikasi | Komponen Komunikasi | Bentuk Komunikasi |

Komunikasi Adalah pengiriman dan penerimaan pesan dan berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.



Pengertian di atas merujuk pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), bagaimana pandangan para ahli tentang komunikasi akan dibahas di bawah ini.



Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Menurut Stoner, Freeman, dan Gilbert, Komunikasi Adalah proses dimana seseorang berusaha untuk memberikan pengertian atau pesan kepada orang lain melalui pesan simbolis. Komunikasi bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung, dengan menggunakan berbagai media komunikasi yang tersedia.Komunikasi langsung berarti komunikasi disampaikan tanpa penggunaan mediator atau perantara, sedangkan komunikasi tidak langsung berarti sebaliknya.

Menurut Everest M. Rogers, Komunikasi Adalah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih dengan maksud mengubah tingkah laku mereka.

Menurut Anwar Arifin, Komunikasi Berarti suatu upaya bersama-sama orang lain, atau membangun kebersamaan dengan orang lain dengan membentuk perhubungan.

Menurut  Carl I. Hovland,  Komunikasi Adalah  “The process by which an individual (the communicator) transmits stimuli (usually verbal symbols) to modify the behavior of other individuals (communicatees).” (Proses dimana seseorang (komunikator) menyampaikan perangsang (biasanya lambang bahasa) untuk mengubah perilaku orang lain (komunikan).

Menurut  Jaques, Komunikasi Adalah the sum total of directly and indirectly consciouly and unconsciouly transmitted feeling, attitudes, and wishes” (Komunikasi adalah penyampaian segala macam perasaan, sikap kehendak, baik langsung dan tidak langsung, sadar maupun tidak sadar).

Baca Juga :   2022 Nama Bayi dalam Alquran Yang Jarang Digunakan, Laki Laki, Perempuan dan Lainnya

Komunikasi Adalah proses penyampaian suatu pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberi tahu atau untuk mengubah sikap, pendapat, dan perilaku, baik langsung (komunikasi tatap muka) maupun tidak langsung (komunikasi melalui media).

Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dan sebagainya.

Komponen Pendukung Komunikasi

Komponen-komponen pendukung komunikasi diantaranya adalah:

1. Komunikator (komunikator, source, dan sender)

2. Pesan (message)

3. Media (channel)

4. Komunikan (komunikan dan receiver)

5. Efek (effect)

Jenis Komunikasi

Secara teknis, komunikasi memiliki jenis, seperti:

1. Verbal Communication (komunikasi lisan, menggunakan bahasa)

2. Non Verbal Communication (bahasa isyarat, gestur, bahasa tubuh / body language)

3. Direct Communication (komunikasi langsung)

4. Face to face communication (komunikasi tatap muka)

5. Indirect Communication (komunikasi tidak langsung / menggunakan media)

6. Komunikasi lisan

7. Komunikasi tulisan

8. Komunikasi Intrapersonal (Intrapersonal Communication)

9. Komunikasi Antarpribadi (Interpersonal Communication)

10. Komunikasi Kelompok (Group Communication)

11. Komunkasi Publik (Public Communication)

12. Komunikasi Massa (Mass Communication)

13. Komunikasi Politik

14. Komunikasi Budaya

15. Komunikasi Olahraga

16. Komunikasi Pembangunan

17. Komunikasi Keluarga

18. Komunikasi Dakwah

Bentuk-Bentuk Komunikasi

Komunikasi Interpersonal (Antarpribadi)

Komunikasi interpersonal adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal ataupun non verbal.



Komunikasi Massa (Mass Communication)

Komunikasi Massa (Mass Communication) adalah komunikasi yang menggunakan media massa, baik cetak (surat kabar, majalah) atau elektronik (radio, televisi), berbiaya mahal yang dikelola oleh lembaga atau orangorang yang dilembagakan, yang ditujukan kepada sejumlah orang besar berada di banyak tempat.

Baca Juga :   999 Judul Skripsi Fisika, Kumpulan Ide dan Contoh Judul Skripsi Fisika Kualitatif – Kuantitatif

Komunikasi Kelompok (Group Communication)

Komunikasi kelompok adalah komunikasi sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama, yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama.

Teknik Komunikasi

Beberapa teknik dalam komunikasi secara umum, antara lain :

1.  Ucapan yang jelas dan idenya tidak ada makna ganda, utuh;

2. Berbicara dengan tegas, tidak berbelit-belit;

3. Memahami betul siapa yang diajak bicara, hadapkan wajah dan badan, pahami pikiran lawan bicara;

4. Menyampaikan tidak berbelit-belit, tulus dan terbuka;

5.  Sampaikan informasi dengan bahasa penerima informa ;

6. Menyampaikan dengan kemampuan dan kadar akal penerima informasi;

7. Sampaikan informasi dengan global dan tujuannya baru detailnya;

8. Berikan contoh nyata, lebih baik jadikan anda sebagai model langsung ;

9. Sampaikan informasi dengan lembut ;

10. Kendalikan noise dan carilah umpan balik untuk meyakinkan informasi anda diterima. Contoh dengan bertanya atau menyuruh mengulanginya.

Sedangkan menurut Wursanto, beberapa yang tergolong dalam teknik komunikasi, adalah :

1. Teknik Kepercayaan (credibility technique)

 berarti antara komunikator dengan komunikan harus saling mempercayai. Tidak adanya saling percaya akan menghambat komunikasi.

2. Teknik Perhubungan (context technique)

berarti informasi yang disampaikan harus saling berhubungan. Antara informasi yangbarudisampaikan tidak bertentangan dengan informasi yang terdahulu.Apabila hal ini terjadi harus segera diberi penjelasan mengapa hal tersebut dapat terjadi.

3.Teknik Kepuasan (content technique)

bahwa komunikasi harus memberikan kepuasan kepada kedua belah pihak. Hal ini akan terjadi apabila komunikasi berlangsung secara timbal-balik (dua arah).

Baca Juga :   2022 Kata Kata Untuk Suami, Cuek, Sedang Bekerja, Bahasa Inggris dan Lainnya

4. Teknik Kejelasan (clarity technique)

bahwa informasi yang disampaikan harus jelas. Kejelasan ini meliputi kejelasan akan isi informasi yang disampaikan, kejelasan akan tujuan yang akan dicapai, kejelasan bahasa yang dipergunakan.

5. Teknik Kesinambungan dan Konsistensi (continuity and consistency technique)

berarti komunikasi hendaknya dilakukan secara terus menerus dan diusahakan agar informasi yang baru tidak bertentangan dengan informasi yang terdahulu.

6. Teknik Persesuaian (concord technique)

berarti pengiriman berita harus disesuaikan dengan kemampuan dan pengetahuan yang pihak penerima berita, sebaiknya mempergunakan istilah-istilah yang mudah dimengerti oleh pihak penerima berita.Pengiriman informasi juga harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang memungkinkan informasi itu dapat diterima dengan baik oleh komunikan. Dalam hal ini dapat kita ambil contoh misalnyya seorang bawahan akan mengajukan suatu program kepada pimpinan. Apabila program itu diajukan pada saat pimpinan sedang menghadapi persoalan yang berat, sudah tentu program tersebut tidak akan diterima. Kemungkinan besar program itu akan diterima apabila diajukan pada saat pimpinan sedang santai, pada waktu istirahat, makan bersama dan sebagainya.

7. Teknik Penggunaan Saluran Yang Tepat(channels of distribution technique)

berarti bahwa dalam penyampaian informasi hendaknya dipakai saluran-saluran komunikasi yang sudah biasa dipergunakan dan sudah dikenal oleh para pegawai. Saluran komunikasi yang dipergunakan hendaknya juga disesuaikan dengan jenis dan sifat informasi yang akan disampaikan. Informasi yang sangat penting dan bersifat rahasia lebih tepat apabila disampaikan secara lisan (melalui telepon, atau melalui tatap muka).



Related posts