Jawaban soal, Jelaskan alasan penggunaan model PBAS ditinjau dari tujuan dan peran guru…

Jawaban soal, Jelaskan alasan penggunaan model PBAS ditinjau dari tujuan dan peran guru...
Jawaban soal, Jelaskan alasan penggunaan model PBAS ditinjau dari tujuan dan peran guru...

WISLAH.COM – Tulisan berjudul “Jawaban soal, Jelaskan alasan penggunaan model PBAS ditinjau dari tujuan dan peran guru …” ini, merupakan penjabaran atas soal:

“Pelaksanaan pembelajaran perlu dirancang dengan baik agar suasana belajar dapat memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif. Dalam megimplemnetasikan kegiatan PKR, guru perlu memahami model-model interaksi. Secara umum terdapat dua model pembelajaran yang dapat dilakukan yaitu Proses Belajar Arahan Sendiri (PBAS) dan Proses Belajar Melalui Kerja Sama (PBMKS).

Berdasarkan hal tersebut:


  • a. Jelaskan alasan penggunaan model PBAS ditinjau dari tujuan dan peran guru!
  • b. Jelaskan alasan penggunaaan model PBMKS tipe Olah-Pikir Berebut (OPB) ditinjau dari tujuan dan peran guru!”

Jawaban:

A. Alasan Penggunaan Model PBAS Ditinjau dari Tujuan dan Peran Guru

Model Proses Belajar Arahan Sendiri (PBAS) menjadi pilihan yang tepat karena mampu menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan unik masing-masing siswa serta mengoptimalkan peran guru sebagai fasilitator dan evaluator pembelajaran. PBAS memungkinkan guru untuk mengidentifikasi secara lebih mendalam kebutuhan belajar dan minat siswa.

Dengan pendekatan ini, guru dapat merancang rencana pembelajaran yang lebih spesifik dan relevan dengan kemampuan serta preferensi siswa. Selain itu, PBAS juga memungkinkan guru untuk melakukan pemantauan kemajuan siswa secara real-time.

Melalui platform pembelajaran digital atau alat bantu lainnya, guru dapat mengakses data mengenai aktivitas belajar siswa, respons terhadap tugas, dan tingkat pemahaman mereka. Hal ini memungkinkan guru untuk memberikan umpan balik yang lebih efektif dan tepat waktu kepada siswa, sehingga mereka dapat terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas belajar mereka.


B. Alasan Penggunaan Model PBMKS Tipe Olah-Pikir Berebut (OPB) Ditinjau dari Tujuan dan Peran Guru

Model Proses Belajar Melalui Kerja Sama (PBMKS) dengan tipe Olah-Pikir Berebut (OPB) menekankan pada kolaborasi dan interaksi antar siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran bersama. Pemilihan model ini didasarkan pada tujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial, komunikasi, serta kemampuan berpikir kritis siswa melalui kerja sama aktif dalam kelompok.

Salah satu alasan utama menggunakan PBMKS tipe OPB adalah untuk membantu siswa membangun keterampilan kolaboratif yang penting di dunia nyata.

Dalam konteks ini, guru berperan sebagai fasilitator yang mengarahkan diskusi dan membantu siswa dalam memahami perspektif berbagai anggota kelompok. Selain itu, PBMKS tipe OPB juga membantu guru untuk merancang pengalaman pembelajaran yang lebih dinamis dan mendalam.

Melalui kegiatan seperti diskusi kelompok, proyek kolaboratif, atau simulasi peran, siswa tidak hanya meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran, tetapi juga mengasah kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis.

Penutup:

Model PBAS dan PBMKS tipe OPB merupakan dua pendekatan pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengembangkan berbagai keterampilan pada siswa. PBAS berfokus pada pembelajaran mandiri dan personalisasi, sedangkan PBMKS tipe OPB menekankan pada kolaborasi dan interaksi sosial. Kedua model ini memiliki peran penting dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di dunia nyata dan menjadi individu yang mandiri, kritis, dan mampu bekerja sama dengan orang lain.

Related posts