Iman Kepada Malaikat : Siapakah Malaikat, Manusia Bisakah Melihat Malaikat dan Tugas Malaikat.

  • Whatsapp
Iman Kepada Malaikat : Siapakah Malaikat, Manusia Bisakah Melihat Malaikat dan Tugas Malaikat.

Wislah.com: Iman kepada malaikat merupakan salah satu dari rukun iman. Materi iman kepada malaikat diambil dari Kitab al-Jawahir al-Kalamiyyah fi idhohi al-Aqidah al-Islamiyyah karya Syaikh Thohir bin Sholih Al-Jaza’iry merupakan kitab ringkas dan mudah dipahami. Banyak pelajaran dan manfaat yang terkandung di dalamnya, karena memuat semua prinsip-prinsip dasar aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah.

Pembahasan Ini Mencakup Tiga Pertanyaan : Siapakah Malaikat itu? Apakah Manusia Bisa Melihat Malaikat?Apa Tugas Para Malaikat

Siapakah Malaikat itu?

Malaikat adalah makhluk mikrokosmos yang terbuat dari cahaya, tidak makan, dan minum. Mereka hamba Allah SWT yang dimuliakan, karena tidak pernah mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

Baca Juga :   Hadis Sebagai Sumber Hukum Islam Kedua: Pengertian, Dasar, Kedudukan dan Fungsi

Baca Juga : Rukun Islam

Apakah Manusia Bisa Melihat Malaikat?

Manusia selain Nabi tidak bisa melihat Malaikat ketika masih dalam bentuk aslinya, karena Malaikat adalah jisim yang lembut. Seperti halnya Malaikat tidak bisa melihat udara yang terbentang di angkasa karena udara termasuk perkara yang lembut pula. Namun ketika Malaikat berubah wujud menjadi jisim yang kasar seperti manusia, maka Malaikat bisa dilihat.

Para nabi bisa melihat Malaikat walaupun dengan wujud aslinya, karena itu khususiyah (keistimewaan) yang diberikan kepada para nabi agar Malaikat dapat menyampaikan permasalahan agama dan hukum syari’at. Banyak sekali jisim yang tidak bisa kita saksikan dengan mata kepala, namun biasanya dapat dilihat dengan mata hati tanpa ada penghalang.

Baca Juga :   Iman Kepada Nabi dan Rasul : Pengertian, Nama-Nama, Tugas, Sifat Wajib, Sifat Mustahil, Sifat Jaiz, Cara dan Hikmah

Sebenarnya di sekitar kita banyak sekali jisim yang tidak bisa diindera, dan andaikan tidak ada mikroskop maka kita akan mengira bahwa jisim tersebut tidak ada. Bukanlah suatu hal yang mengherankan jika sebagian orang bisa melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh orang lain, karena dalam kekuatan dan kelemahan daya penglihatan manusia terdapat teladan penting bagi mereka yang punya mata hati.

Apa Tugas Para Malaikatnya?

Diantaranya ada yang ditugaskan sebagai mediator antara Allah SWT, Nabi dan Rasul-Nya seperti Malaikat Jibril AS, menjaga manusia, mencatat semua amal perbuatan baik dan jeleknya, menjaga surga dan ni’matnya, menjaga neraka dan adzabnya, memikul ‘Arsy, mengurusi kemaslahatan dan kemanfaatan manusia dan lain-lain sesuai dengan apa yang diperintahkan.

Baca Juga : Iman Kepada Malaikat : Pengertian, Nama, Tugas dan Hikmah

Related posts