Bagaimana membuat teks prosedur yang baik dan menarik?

Soal Jawaban Kurikulum Merdeka

Bagaimana membuat teks prosedur yang baik dan menarik?

Jawaban:

Cara membuat teks prosedur yang baik dan menarik:

1. Menentukan Topik

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat teks prosedur adalah menentukan topik atau tema. Pilih kira-kira topik apa yang bisa kamu bahas. Jika kamu mendapatkan tugas dari sekolah atau kampus dan topiknya sudah ditentukan, maka kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya.


2. Mengumpulkan Sumber Informasi

Setelah mengetahui topik apa yang ingin kamu bahas, kumpulkan informasi yang berkaitan dengan topik tersebut. Misalnya, kamu ingin membuat teks prosedur tentang cara membeli barang secara online di e-commerce. Maka kamu bisa coba mencari informasi tentang hal tersebut, seperti browsing di internet, tanya ke orang yang pernah melakukan, atau langsung praktek sendiri. Catat apa saja poin-poin penting yang berkaitan dengan topik yang sudah kamu pilih.


3. Membuat Kerangka

Baca Juga :   Perangkat penyimpanan yang kapasitasnya paling kecil adalah ....

Selanjutnya, susunlah poin-poin penting yang sudah kamu catat pada langkah sebelumnya menjadi sebuah kerangka teks prosedur. Kerangka yang dimaksud di sini adalah menuliskan secara garis besar apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan pada topik tersebut.


4. Mengembangkan Paragraf 

Setelah membuat kerangka, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengembangkannya menjadi sebuah paragraf yang utuh.  Tuliskan secara detail langkah-langkah pada topik yang kamu pilih hingga bisa dipahami dengan mudah dan jelas.

5. Menyusun Teks Prosedur  Terakhir, susunlah semua yang sudah kamu tuliskan pada langkah-langkah di atas secara urut agar sesuai dengan struktur teks prosedur.



Related posts