Teladan Mulia Asmaulhusna (Al-Mālik, Al-‘Azīz, Al-Quddūs, As-Salām dan Al-Mu’min), Arti dan Berakhlak (Rangkuman Materi PAI SD Bab 2 ) Kurikulum Merdeka

  • Whatsapp
Menyederhanakan Bentuk Aljabar, Struktur, Penyederhanaan Suku Banyak, Perkalian dan Pembagian Suku Tunggal (Rangkuman Materi Informatika SMP/MTS Kelas 8 Bab 1 ) Kurikulum Merdeka

Rangkuman Materi PAI SD Bab 2 | Kurikulum Merdeka | Teladan Mulia Asmaulhusna | Arti Asmaulhusna (Al-Mālik, Al-‘Azīz, Al-Quddūs, As-Salām dan Al-Mu’min) | Berakhlak dengan Lima Asmaulhusna (Al-Mālik, Al-‘Azīz, Al-Quddūs, As-Salām dan Al-Mu’min) |

Arti Asmaulhusna (Al-Mālik, Al-‘Azīz, Al-Quddūs, As-Salām dan Al-Mu’min)

Al-Mālik

Al-Mālik adalah salah satu nama Allah Swt yang agung. Al-Mālik berarti Maharaja, Penguasa atas semua makhluk-Nya. Allah Swt. sendiri yang mengatur segala urusan mahkluk, karena hanya Allah Swt yang Mahakaya dan Pemberi rezeki. Dia yang menguasai serta mengatur kehidupan dan kematian semua makhluk.

Al-‘Azīz

Al-‘Azīz adalah nama yang mencerminkan kemuliaan dan kebesaran zat-Nya. Allah Swt mempunyai kedudukan yang Mahatinggi. Dia pemilik tunggal segala kemuliaan dan Dia yang memberikan kemuliaan kepada siapa saja yang dikehendaki.

Al-Quddūs

Al-Quddūs memiliki arti bahwa Allah Swt adalah Zat yang tersucikan dari segala macam kekurangan. Allah Swt. adalah satu-satunya sembahan bagi semua makhluk. Al-Quddūs juga menunjukkan bahwa Allah Swt. Mahasuci dari keserupaan makhluk dengan-Nya dan Mahasuci dari adanya sesuatu yang menyerupai-Nya.

Baca Juga :   Capaian Pembelajaran PJOK Kelas 3 & 4 SD / MI (Fase B) Kurikulum Merdeka


As-Salām

As-Salām berarti Allah Swt. Mahasejahtera dan Maha menyelamatkan. Makna yang terkandung dalam Asmaulhusna ini adalah Dia selamat dari segala aib maupun kekurangan karena kesempurnaan Zat, sifat dan perbuatan-Nya. Allah Swt. pemberi keselamatan pada hamba-hamba-Nya.

As-Salām juga mencerminkan sebuah kasih sayang dan kedamaian. Allah Swt. adalah Tuhan yang selalu mengayomi serta memberikan rasa damai bagi hamba-Nya. Kedamaian adalah simbol kebahagiaan seluruh umat manusia. Nama As-Salām mengajarkan kita untuk selalu menyebarkan kedamaian dan menghindari pertengkaran.

Al-Mu’min

Al-Mu’min mengandung arti bahwa Allah Swt. adalah Tuhan yang memberi rasa aman pada seluruh makhluk-Nya. Dialah yang mengayomi dan menyediakan segala fasilitas bagi hamba-hamba-Nya, sehingga mereka dapat hidup tenteram. Karena Allah bersifat demikian, maka kitapun harus berusaha untuk menciptakan keamanan bagi setiap orang di sekeliling kita, seperti keluarga, tetangga dan teman.

Al-Mu’min juga mempunyai pengertian bahwa:




  • Allah Swt memberikan keamanan bagi hamba-Nya yang beriman dan bertakwa dari siksa.
  • Allah Swt menepati janji-Nya kepada seluruh hamba yang beriman dan bertakwa dengan memberi kemenangan yang besar serta memasukkan ke surga yang penuh kenikmatan.
  • Allah Swt memberi rasa aman bagi orang-orang yang takut.
Baca Juga :   Awalan ‘ber-’, Fungsi dan Contoh (Rangkuman Materi Bahasa Indonesia SD/MI Bab 3) Kurikulum Merdeka

Berakhlak dengan Lima Asmaulhusna (Al-Mālik, Al-‘Azīz, Al-Quddūs, As-Salām dan Al-Mu’min)

Beberapa contoh akhlak untuk meneladani sifat Allah dalam lima Asmaulhusna al-Mālik, al-Azīz, al-Quddūs, as-Salām dan al-Mu’min antara lain:

  • Menahan diri

Menahan diri dari perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain merupakan wujud dari kemampuan menguasai diri. Menahan diri dapat diterapkan dalam banyak hal. Contohnya menahan diri dari membeli sesuatu yang tidak penting, menahan diri dari bermain yang berlebihan, menahan diri dari berbuat curang.

  • Mandiri

Mandiri artinya mengerjakan segala sesuatu sendiri tanpa mengandalkan orang lain. Kebiasaan hidup mandiri harus dimulai sejak dini. Makan sendiri, mandi sendiri, berpakaian sendiri, menyiapkan alat sekolah sendiri. Hidup mandiri akan melahirkan anak yang tangguh, optimis dan percaya diri dalam hidupnya. Ia tidak mudah menggantungkan pekerjaannya kepada orang lain, baik orang tua, saudara atau teman.

  • Cinta kebersihan
Baca Juga :   Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan, Dasar Negara, Nilai Kebersamaan, Penerapan dan Meneladani (Rangkuman Materi PPKn SD/MI Kelas 4 Bab 1 ) Kurikulum Merdeka

Memperhatikan kebersihan bukan hanya kebersihan badan, pakaian dan tempat. Namun yang paling penting lagi adalah kebersihan hati. Islam meminta kita untuk menjauhi penyakit hati seperti sombong, dengki, riya, dan bangga diri.

  • Menjaga lisan

Gunakanlah lisan untuk berzikir, membaca Al-Qur’an, menasehati dalam kebaikan, mengajarkan ilmu dan amal salih lainnya sesuai tuntunan. Jauhkan dari dosa-dosa lisan seperti adu domba, fitnah, gibah, mencela membuka aib seseorang. Kita harus selalu menjaga lisan dari perkataan yang menyakiti hati orang lain. Dengan demikian berarti kita telah membuat orang lain tenteram dan damai. Inilah salah satu perilaku yang meneladani Asmaulhusna As-Salām.

  • Hidup tertib

Kepatuhan pada aturan harus dibiasakan. Di manapun kita berada dan kapanpun waktunya. Ketika kalian berada di rumah, sekolah, masjid atau tempat lainnya, maka ikutilah aturan! Inilah kunci mewujudkan rasa aman di tengah masyarakat. Mengikuti aturan inilah yang disebut tertib. Menciptakan ketertiban sehingga membuat orang lain merasa aman merupakan salah satu teladan dari Asmaulhusna Al-Mu’min.

Baca Kumpulan: Rangkuman PAI Kelas 4 SD




Related posts