Jawaban dari Soal, setiap konstitusi memuat adanya beberapa unsur penting yang dijadikan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara. di bawah ini yang bukan merupakan unsur-unsur yang termuat dalam konstitusi adalah …

Soal Jawab

Tulisan ini merupakan jawaban dari pertanyaan “Setiap konstitusi memuat adanya beberapa unsur penting yang dijadikan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara. di bawah ini yang bukan merupakan unsur-unsur yang termuat dalam konstitusi adalah

Dengan pilihan jawaban : A. Pembagian kekuasaan dalam sistem politik; B. Pembatasan kekuasaan bagi penguasa; C. HAM; D. Memberikan kedaulatan penuh di tangan pemerintah; E. Lembaga lembaga negara.

Pertanyaan ini menguji pemahaman tentang unsur-unsur yang umumnya termuat dalam konstitusi suatu negara. Berikut adalah analisis untuk setiap opsi:


A. Pembagian kekuasaan dalam sistem politik

  • Jawaban ini dianggap tidak termasuk dalam unsur-unsur konstitusi. Pembagian kekuasaan seringkali diatur oleh prinsip-prinsip konstitusional, tetapi mungkin tidak secara langsung dijelaskan dalam teks konstitusi itu sendiri. Prinsip ini lebih cenderung menjadi dasar bagi sistem politik.

B. Pembatasan kekuasaan bagi penguasa


  • Umumnya, konstitusi mengandung ketentuan yang membatasi kekuasaan penguasa atau pemerintah. Pembatasan ini dapat melibatkan pembagian kekuasaan, perlindungan hak asasi manusia, dan mekanisme kontrol kekuasaan.

C. HAM (Hak Asasi Manusia)

  • Konstitusi seringkali mencantumkan hak-hak asasi manusia sebagai bagian integral dari dokumen tersebut. Pemajuan dan perlindungan HAM merupakan nilai kunci yang diakui dalam banyak konstitusi.

D. Memberikan kedaulatan penuh di tangan pemerintah

  • Kedaulatan penuh di tangan pemerintah mungkin bukan prinsip yang sesuai dengan konstitusi modern. Konstitusi cenderung membatasi kekuasaan pemerintah, dan kedaulatan sering kali dipegang bersama-sama oleh rakyat.

E. Lembaga-lembaga negara

  • Konstitusi biasanya mengakui dan mengatur lembaga-lembaga negara seperti eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Dengan demikian, jawaban yang paling sesuai dengan pertanyaan dan yang tidak termasuk dalam unsur-unsur konstitusi adalah A. Pembagian kekuasaan dalam sistem politik. Pembagian kekuasaan lebih bersifat sebagai prinsip atau landasan sistem politik daripada unsur konkret dalam teks konstitusi.

Related posts