Ini Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 327, 328, 329, 330, 331, 332 Kurikulum Merdeka

KUNCI JAWABAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Dalam postingan ini, Anda akan menemukan kunci jawaban untuk mata pelajaran PAI Kelas 12 SMA, yang terdapat pada halaman 327, 328, 329, 330, 331, dan 332 sesuai dengan kurikulum Merdeka. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan kunci jawaban harus dilakukan dengan bijak. Pertanyaan dalam pembelajaran PAI bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Oleh karena itu, pemahaman objektif dari guru terhadap pemahaman siswa adalah hal yang sangat penting.

Bagi orang tua yang membantu anak-anak mereka dalam mengerjakan tugas, diharapkan bahwa proses ini juga menjadi bagian dari pendidikan anak-anak mereka, membantu mereka dalam memahami materi PAI Kelas 12 SMA lebih baik.

Untuk para guru mata pelajaran PAI Kelas 12 SMA, kami menyediakan kunci jawaban yang terdapat dalam Buku PAI Kelas 12 SMA pada halaman 327, 328, 329, 330, 331, dan 332. Selain kunci jawaban, Wislah.com juga aktif dalam mendukung Kurikulum Merdeka, dengan membagikan berbagai sumber daya pendidikan, seperti Buku Paket Siswa dan Guru, Modul Ajar Guru, Materi Ajar Semua Mapel, dan lainnya. Semua ini bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam pembangunan pendidikan di Indonesia.


Kami berharap bahwa partisipasi kami melalui Wislah.com dapat berkontribusi positif dalam meningkatkan mutu pendidikan, terutama dalam menyediakan sumber daya pendidikan yang merata untuk pelajar di seluruh Indonesia. Doakan kami agar kami terus tumbuh dan berkembang, sehingga niat baik kami bisa terwujud dan bermanfaat bagi banyak orang.

Baca Juga : Ini Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 31, 32, 33, 34, 35, 36 Kurikulum Merdeka

Ini Kunci Jawaban PAI  Kelas 12 Halaman 327, 328, 329, 330, 331, 332

2. Penilaian pengetahuan

a. Berilah tanda silang pada huruf A, B, C, D, atau E yang dianggap paling tepat!

1. Sarekat Dagang Islam (SDI) pada awalnya merupakan perkumpulan pedagang-pedagang Islam. Organisasi ini dirintis oleh Haji Samanhudi di Surakarta pada 16 Oktober 1905, SDI merupakan organisasi ekonomi yang berdasarkan pada agama Islam dan perekonomian rakyat sebagai dasar penggeraknya. Di bawah pimpinan H. Samanhudi, perkumpulan ini berkembang pesat hingga menjadi perkumpulan yang berpengaruh di nusantara pada saat itu. Organisasi ini didirikan dengan tujaun ….

A. untuk menghimpun para pedagang pribumi Muslim (khususnya pedagang batik) agar dapat bersaing dengan pedagang-pedagang besar Tionghoa.

B. untuk menyaingi pedagang-pedagang non muslim terutama pedangan dari Belanda yang mengeruk kekayaan orang pribumi

C. untuk menghimpung pedagang-pedagang tionghoa supaya membantu pedagang-pedagang peribumi

D. untuk menghimpung pedagang-pedagang pribumi yang kaya supaya bersaing dengan pedangan asing

E. untuk mendapatkan kekuasaan dan dan politik

Jawaban:

A. untuk menghimpun para pedagang pribumi Muslim (khususnya pedagang batik) agar dapat bersaing dengan pedagang-pedagang besar Tionghoa.

2. Sarikat Dagang Islam diubah menjadi Sarekat Islam (SI). Hal ini dilakukan agar organisasi tidak hanya bergerak dalam bidang ekonomi, tetapi juga dalam bidang lain. Pernyataan berikut bukan merupakan tujuan didirikannya Syarikat Islam ….

A. Mengembangkan jiwa dagang.

B. Memperbaiki pendapat-pendapat yang keliru mengenai agama Islam.

C. Membantu anggota-anggota yang mengalami kesulitan dalam bidang usaha.

D. Memajukan pengajaran dan semua usaha yang mempercepat naiknya derajat rakyat.

E. Membantu pemerintah Hindia Belanda dalam mengembangkan dagang

Jawaban:

E. Membantu pemerintah Hindia Belanda dalam mengembangkan dagang

3. Dalam sejarahnya Syarikat Islam (SI) yang mengalami perkembangan yang sangat pesat, kemudian mulai disusupi oleh paham sosialisme revolusioner. Sehingga ada istilah SI putih dan SI merah. Tokoh-tokoh berikut merupakan tokok-tokoh SI putih ….

A. H. Agus Salim, Abdul Muis, Suryopranoto, Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo.

B. Semaoen, Darsono, Tan Malaka, dan Alimin Prawirodirdjo

C. Suryopranoto, Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo, Alimin

D. Tan Malaka, dan Alimin Prawirodirdjo Darsono

E. H. Agus Salim, Abdul Muis, Darsono

Jawaban:

A. H. Agus Salim, Abdul Muis, Suryopranoto, Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo.

4. Pernyataan berikut merupakan faktor-faktor yang menjadi pendorong lahirnya Muhammadiyah

A. Umat Islam memegang teguh tuntunan Al-Quran dan Sunnah Nabi, sehingga terhindar dari perbuatan syirik, bid’ah, dan khurafat.

B. persatuan dan kesatuan di antara umat Islam, sehingga tegaknya ukhuwah Islamiyah

C. Umat Islam kebanyakan hidup dalam alam fanatisme yang sempit, bertaklid buta serta berpikir secara dogmatis.

D. Keberhasilan lembaga-lembaga pendidikan Islam dalam memprodusir kader-kader Islam

E. Umat Islam bersatu sehingga terjalin hubungan yang harmonis antar umat Islam

Jawaban:

C. Umat Islam kebanyakan hidup dalam alam fanatisme yang sempit, bertaklid buta serta berpikir secara dogmatis.

5. Tokoh-tokoh berikut merupakan pemikir Muhammadiyah yang merumuskan dasar negara dalam keanggotaan BPUPKI akhirnya BPUKI diganti PPKI ….

A. Ki Bagus Hadikusumo dan Kahar Muzakir

B. KH. Wahid Hasyim dan Muh Hatta

C. Ir. Sukarno dan Muh Hatta

D. Ki Bagus Hadikusumo dan KH. Hasyim Asy’ari

E. KH. Wahid Hasyim dan KH. Hasyim Asy’ari

Jawaban:

A. Ki Bagus Hadikusumo dan Kahar Muzakir

6. Pernyataan berikut merupakan factor penyebab berdirinya Nahdlatul

Ulama (NU) ….

A. Kaum tradisionalis tidak diikut sertakan dalam konggres umat Islam sedunia di Hijazz

B. Umat Islam harus punya wadah untuk menggalang ukhuwah dalam melawan penjajah

C. Runtuhnya Khilafah Islamiyah di Turki Usmani tahun 1924

D. Belanda semakin kejam terhadap penduduk pribumi

E. Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang

Jawaban:

A. Kaum tradisionalis tidak diikut sertakan dalam konggres umat Islam sedunia di Hijazz

7. Resolusi yang dikeluarkan oleh Nahdlatul Ulama (NU) berisi penolakan terhadap kembalinya kekuatan kolonial yang mengakui kekuasaan pemerintah republik Indonesia yang syah. Rsolusi ini bernama ….

A. Resolusi Dewan Keamanan

B. Resulusi PBB

C. Resolusi Jihad

D. Komando Jihad

E. Jihad fisabilillah

Jawaban:

C. Resolusi Jihad

Baca Juga : Ini Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67 Kurikulum Merdeka

8. Nahdlatul Ulama (NU) pada masa pemerintahan Orde Baru menerima asas tunggal Pancasila pada Muktamar ke-27 di Situbondo (1984) karena ….


A. Pancasila meruapakan alat pemersatu bangsa

B. Pancasila merupakan idiologi Negara

C. Pancasila terdiri dari lima sila

D. Pancasila merupakan hasil kesepakan bersama

E. Pancasila merupakan sumber hukum

Jawaban:

A. Pancasila meruapakan alat pemersatu bangsa

9. Organisasi Thawalib, sebagai perguruan telah banyak membuahkan hasil, dibawah ini adalah usaha yang tidak dilakukannya adalah … .

A. Sebagai pelopor yang mengubah sistem pengajian surau menjadi sekolah agama.

B. Berhasil memasukan mata pelajaran umum ke dalam sekolah agama.

C. Kelima, dalam kelas dan ruangan-ruangan diskusi, murid-murid selalu menghidupkan suasana bantah-membantah, muzakarah, munadzarah.

D. Terikat terhadap mazhab fikih. Mereka mempelajari mazhab yang empat, tetapi mengamalkan yang sesuai dengan Al-Qur’an dan hadis.

E. Mendidik berfikir critis umat Islam Sumatra terhadap buku-buku atau kitab-kitab hasil karya ulama-ulama Islam modern.

Jawaban:

D. Terikat terhadap mazhab fikih. Mereka mempelajari mazhab yang empat, tetapi mengamalkan yang sesuai dengan Al-Qur’an dan hadis.

10. Nahdlatul Wathan disingkat NW adalah organisasi Kemasyarakatan Islam terbesar di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Organisasi ini didirikan di Pancor, Kabupaten Lombok Timur. Dibawah ini tokoh yang berperan aktif mendirikan organisasi tersebut adalah … .

A. Muhammad Zainuddin Abdul Majid

B. Abul Masaid

C. Abu Hasan al Makdawi

D. Muhammad Zainul Majdi

E. Zulkifliemansyah

Jawaban:

A. Muhammad Zainuddin Abdul Majid

b. Jawablah pertanyaan ini dengan benar berikan argumentasi

secukupnya!

1. Muhammadiyah semenjak berdiri pada tahun 1912 tetap menjaga khittah perjuangan organisasi, salah satunya tidak berpolitik atau berafiliasi terhadap salah satu politik tertentu. Berikan argumentasi dan penjelasan tentang organisasi Muhammadiyah tetap pada sikap pendirian sebagai organisasi dakwah!

Jawaban:

Muhammadiyah di era sekarang banyak memberikan peran besar kepada negara dalam kaitannya mengisi kemerdekaan Indonesia. Peran Muhammadiyah di era sekarang yaitu dengan hadirnya Amal Usaha Muhammadiyah di seantero negeri. Usaha untuk mencapai maksud dan tujuan maka melakukan kegiatan :

1) Mengembangkan wakaf

2) Mendirikan tempat ibadah

3) Melakukan Tabigh

4) Mendirikan sekolah sekolah

5) Mendirikan panti asuhan

2. Nahdlatul Ulama telah berperan dalam kebangsaan, dan tidak dapat dilepaskan dari perjuangan kemerdekaan dan mencerdaskan bangsa. Coba tuliskan peran Nahdlatul Ulama dalam mencerdaskan bangsa!

Jawaban:

Peran NU dalam mencerdaskan bangsa: Dalam perjalanannya, NU memainkan peranan yang cukup besar bagi bangsa Indonesia. Pada masa-masa awal setelah didirikan saja, NU sudah melakukan berbagai upaya untuk memajukan masyarakat Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memajukan bidang pendidikan dengan mendirikan banyak madrasah dan pesantren. Pada tahun 1938 NU mendirikan madrasah atau sekolah guna mendidik para penduduk asli, disamping itu juga melakukan kegiatan ekonomi hingga berkembang pesat, kemudian dibentuk badan syirkah

3. Peran persis (Persatuan Islam) yang didirikan oleh KH Samanhudi di Bandung, telah banyak berperan dalam menginspirasi organisasi sosial lain, namun perkembangan sampai saat ini tidak sehebat dengan oraganisasi yang berdiri hampir bersamaan. Coba ungkapkan penyebab kurang berkembangnya organisasi persis dewasa ini.

Jawaban:

Penyebab kurang berkembangnya organisasi persis dewasa ini: Pendirian Persatuan Islam (Persis) mempunyai ciri yang berbeda dengan organisasi lain yang berdiri pada awal abad ke-20 M, ciri khusus yang dimiliki oleh Organisasi Persatuan Islam (Persis) adalah kegiatannya yang dititikberatkan pada pembentukan faham keagamaan.

4. Peran organiasi Thawalib di Sumatra telah ikut berperan dalam mencerdas masyarakat sumatra. Coba kemukakan peran organisasi Thawalib dalam membangun Nasionalisme ke Indonesiaan.

Jawaban:

Peran Thawalib, sebagai perguruan telah banyak membuahkan hasil.

Pertama, sebagai pelopor yang mengubah sistem pengajian surau menjadi sekolah agama.

Kedua, berhasil memasukan mata pelajaran umum ke dalam sekolah agama.

Ketiga, murid-murid dan lulusannya semua berjiwa revolusioner, mempunyai kebebasan berpikir, bebas berjalan sendiri asal tidak menyimpang dari Al-Qur’an dan sunah.

Keempat, banyak menghasilkan murid yang lebih pandai daripada guru.

Kelima, dalam kelas dan ruangan-ruangan diskusi, muridmurid selalu menghidupkan suasana bantah-membantah, muzakarah, munadzarah.

Keenam, mereka tidak terikat terhadap mazhab fikih. Mereka mempelajari mazhab yang empat, tetapi mengamalkan yang sesuai dengan AlQur’an dan hadis.

Ketujuh, membuka mata umat Islam Sumatra terhadap buku-buku atau kitab-kitab hasil karya ulama-ulama Islam modern.

Kedelapan, menyegerakan kemajuan dan perubahan, dengan mendirikan berbagai organisasi, penerbitan buku, majalah dan surat kabar.

Kesembilan, menanamkan kesadaran berbangsa dan berpolitik dalam masyarakat.

Kesepuluh, mereka berpikiran maju.

5. Nahdlatun Wathan adalah organisasi yang berada di Nusa Tenggara Barat berperan dalam memajukan peradaban Islam di daerah. Coba ungkapkan peran Nahdlatul Wathan dalam membangun masyarakat sutuhnya dalam kontek Ke Indonesiaan.

Jawaban:

Di antara inovasi atau rintisarintisan beliau yang lain adalah menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran agama Islam di NTB dengan sistem madrasi, membuka lembaga pendidikan khusus untuk wanita, mengadakan ziarah umum Idul Fitri dan Idul Adha dengan mendatangai jamaah di samping didatangi, meyelenggarakan pengajian umum secara bebas, mengadakan gerakan doa dengan berhizib, mengadakan syafaat al-kubro, menciptakan tariqat, yakni tariqat Hizib Nahdlatul Wathan, membuka sekolah umum disamping sekolah agama (madrasah), menyusun nazam berbahasa Arab bercampur bahasa Indonesia, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Ini Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 96, 97, 98, 99, 100 Kurikulum Merdeka

Penutup

Dalam mengakhiri pesan ini, kami ingin menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kunjungan Anda ke Wislah.com. Kami berharap bahwa kunci jawaban serta sumber daya pendidikan lainnya yang kami sediakan telah memberikan manfaat yang berarti bagi Anda, baik sebagai siswa, orang tua, maupun guru. Semangat untuk terus mengembangkan pendidikan di Indonesia adalah misi utama kami, dan kami sangat menghargai kontribusi Anda dalam mewujudkannya.

Kami juga mengharapkan doa dan dukungan Anda untuk terus tumbuh dan berkembang sehingga kami dapat terus berperan aktif dalam dunia pendidikan. Mari bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih cerah melalui pendidikan yang berkualitas. Terima kasih, dan semoga kesuksesan selalu menyertai perjalanan pendidikan Anda.

Related posts