LENGKAP, 100 Contoh Judul Skripsi Keperawatan (Anak, Jiwa, Komunitas, Medikal Bedah, Maternitas, Gawat Darurat dan Keluarga)

LENGKAP, 100 Contoh Judul Skripsi Keperawatan (Anak, Jiwa, Komunitas, Medikal Bedah, Maternitas, Gawat Darurat dan Keluarga)
LENGKAP, 100 Contoh Judul Skripsi Keperawatan (Anak, Jiwa, Komunitas, Medikal Bedah, Maternitas, Gawat Darurat dan Keluarga)

WISLAH.COM – Tulisan ini memuat lebih dari 100 contoh judul skripsi keperawatan kuantitatif dan kualitatif, dengan berbagai fokus mulai dari anak, jiwa, komunitas, medikal bedah, maternitas, gawat darurat, sampai dengan keperawatan keluarga.

Kumpulan contoh judul skripsi keperawatan baik yang dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, berdasar pada isu terbaru dengan dunia keperawatan yang hits di tahun 2023 dan 2024. Walaupun besar kemungkinan isu ini pun, sudah terkupas dalam penelitian di tahun tahun sebelumnya.

Contoh Judul Skripsi Keperawatan Anak

Berikut adalah daftar contoh judul skripsi keperawatan anak, yang kamu bisa jadikan referensi:


  1. Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Perawat terhadap Manajemen Tantangan Psikososial pada Anak: Studi Kasus di Rumah Sakit XYZ
  2. Evaluasi Dampak Pelatihan dan Peningkatan Karir terhadap Kompetensi Perawat dalam Merawat Anak dengan Kondisi Medis Kompleks: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif
  3. Analisis Perbandingan Efektivitas Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dalam Menilai Kualitas Asuhan Keperawatan pada Anak dengan Gangguan Kesehatan Mental
  4. Studi Longitudinal tentang Tren Penerapan Teknologi Terkini dalam Perawatan Anak: Kasus Rumah Sakit Pediatrik di Kota ABC
  5. Penilaian Tantangan dalam Menyediakan Asuhan Keperawatan yang Holistik untuk Anak dengan Gangguan Kronis: Pendekatan Kuantitatif-Kualitatif di Puskesmas XYZ
  6. Peningkatan Kesadaran Perawat terhadap Risiko dan Tantangan dalam Merawat Anak dengan Penyakit Menular: Pendekatan Gabungan Kuantitatif-Kualitatif
  7. Eksplorasi Peran Keluarga dalam Menangani Anak dengan Kondisi Medis Kronis: Pendekatan Campuran Kuantitatif-Kualitatif
  8. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tren Kepatuhan Pengobatan pada Anak dengan Penyakit Kronis: Studi Kasus di Klinik XYZ
  9. Peningkatan Komunikasi Interprofesional dalam Tim Perawatan Anak: Pendekatan Gabungan Kuantitatif-Kualitatif
  10. Persepsi Orangtua terhadap Kualitas Asuhan Keperawatan Anak: Pendekatan Kuantitatif-Kualitatif di Rumah Sakit Pediatrik Terkemuka
  11. Studi Komparatif Mengenai Tingkat Kepuasan Pasien Anak terhadap Asuhan Keperawatan: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif
  12. Eksplorasi Tantangan Etis dalam Penanganan Anak dengan Kondisi Medis yang Mengancam Jiwa: Pendekatan Kualitatif-Kuantitatif di Unit Perawatan Intensif Pediatrik
  13. Pengaruh Program Pendidikan Kontinu terhadap Tingkat Pengetahuan dan Keterampilan Perawat dalam Merawat Anak dengan Gangguan Nutrisi: Pendekatan Campuran Kuantitatif-Kualitatif
  14. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tren Penggunaan Metode Alternatif dalam Meredakan Nyeri pada Anak: Pendekatan Gabungan Kuantitatif-Kualitatif
  15. Evaluasi Dampak Program Intervensi Psikososial terhadap Kesejahteraan Emosional Anak Pasca-Operasi: Pendekatan Kuantitatif-Kualitatif di RS Anak XYZ

Contoh Judul Skripsi Keperawatan Jiwa

Berikut adalah daftar contoh judul skripsi keperawatan jiwa, yang kamu bisa jadikan referensi:

1. Pengaruh Penerapan Inovasi Terbaru dalam Keperawatan Jiwa terhadap Tingkat Kesembuhan Pasien: Studi Kasus di [Nama Rumah Sakit].

Studi Kasus: Seorang pasien dengan gangguan bipolar yang menerima terapi baru berdasarkan inovasi dalam keperawatan jiwa.

2. Hubungan antara Persepsi Pasien Dewasa dengan Gangguan Kesehatan Mental terhadap Kualitas Hubungan dengan Perawat: Pendekatan Survei di [Nama Puskesmas].

Studi Kasus: Pasien dengan gangguan kecemasan sosial yang mengukur persepsi mereka terhadap hubungan dengan perawat selama proses perawatan.

3. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Implementasi Inovasi dalam Keperawatan Jiwa: Studi Kasus di [Nama Klinik Jiwa].

Studi Kasus: Sebuah penelitian tentang faktor-faktor yang mendukung atau menghambat implementasi inovasi dalam perawatan pasien dengan skizofrenia.

4. Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Perawat terhadap Inovasi dalam Keperawatan Jiwa: Studi Korelasi di [Nama Rumah Sakit Jiwa].

Studi Kasus: Perawat yang berpartisipasi dalam pelatihan tentang terapi baru untuk pasien dengan depresi dan evaluasi pengetahuan serta sikap mereka terhadap inovasi tersebut.

5. Pengaruh Pelatihan Terapi Kognitif Perilaku terhadap Penurunan Gejala Pasien dengan Gangguan Mental: Pendekatan Eksperimen di [Nama Puskesmas].

Studi Kasus: Seorang pasien dengan gangguan obsesif-kompulsif yang mengikuti program pelatihan terapi kognitif perilaku dan pengukuran perubahan dalam gejalanya.

6. Pengalaman Pasien dalam Menerima Perawatan dengan Pendekatan Inovatif dalam Keperawatan Jiwa: Studi Fenomenologi di [Nama Klinik Jiwa].

Studi Kasus: Wawancara mendalam dengan pasien yang menerima terapi musik sebagai bagian dari intervensi keperawatan jiwa mereka.

7. Pemahaman Perawat terhadap Kebutuhan Psikososial Pasien dengan Gangguan Kesehatan Mental: Pendekatan Etnografi di [Nama Rumah Sakit Jiwa].

Studi Kasus: Observasi partisipatif terhadap interaksi antara perawat dan pasien dalam lingkungan rumah sakit jiwa.

8. Dinamika Hubungan antara Perawat dan Pasien dalam Konteks Terapi Seni dalam Keperawatan Jiwa: Studi Kasus di [Nama Klinik Psikiatri].

Studi Kasus: Pasien dengan skizofrenia yang terlibat dalam terapi seni eksperimental dan analisis interaksi mereka dengan perawat selama proses terapi.

9. Pemahaman Pasien Dewasa tentang Konsep Kemandirian dalam Proses Perawatan: Pendekatan Grounded Theory di [Nama Puskesmas].

Studi Kasus: Wawancara mendalam dengan pasien yang mengalami gangguan bipolar tentang persepsinya terhadap kemandirian dalam mengelola kondisinya.

10. Pengalaman Pasien dengan Gangguan Kesehatan Mental dalam Menghadapi Stigma: Pendekatan Fenomenologi di [Nama Klinik Jiwa].

Studi Kasus: Diskusi kelompok dengan pasien skizofrenia tentang pengalaman mereka dalam menghadapi stigma dan diskriminasi di masyarakat.

11. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pasien dalam Memilih Terapi Alternatif dalam Keperawatan Jiwa: Studi Kasus di [Nama Klinik Psikiatri].

Studi Kasus: Pasien dengan gangguan kecemasan yang memilih terapi alternatif seperti akupunktur atau yoga, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mereka.

12. Dinamika Keluarga dalam Mendukung Pasien dengan Gangguan Kesehatan Mental: Pendekatan Studi Kasus di [Nama Rumah Sakit Jiwa].

Studi Kasus: Analisis peran keluarga dalam mendukung proses penyembuhan seorang pasien dengan depresi berat.

13. Persepsi Perawat tentang Penggunaan Teknologi dalam Mendukung Perawatan Pasien Jiwa: Pendekatan Studi Kasus di [Nama Rumah Sakit Jiwa].

Studi Kasus: Wawancara dengan perawat tentang penggunaan aplikasi seluler atau platform online dalam mendukung perawatan pasien dengan gangguan mental.

14. Efektivitas Program Edukasi Keluarga dalam Meningkatkan Pengetahuan tentang Gangguan Jiwa: Pendekatan Kualitatif di [Nama Puskesmas].

Studi Kasus: Evaluasi program edukasi keluarga untuk mengurangi stigma dan meningkatkan pemahaman tentang kondisi psikiatri di komunitas tertentu.

15. Dinamika Interaksi antara Pasien dan Perawat dalam Proses Keperawatan Jiwa: Pendekatan Etnografi di [Nama Rumah Sakit Jiwa].

Studi Kasus: Observasi partisipatif tentang interaksi sehari-hari antara pasien dan perawat dalam lingkungan rumah sakit jiwa untuk memahami dinamika hubungan mereka.

Contoh Judul Skripsi Keperawatan Komunitas

Berikut adalah daftar contoh judul skripsi keperawatan komunitas, yang kamu bisa jadikan referensi:

  1. Pengaruh Penerapan Model Perawatan Kesehatan Komunitas Terhadap Tingkat Kepatuhan Masyarakat dalam Pencegahan Penyakit Menular: Studi Kasus di Wilayah Perdesaan X
  2. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Program Vaksinasi Masyarakat: Pendekatan Kualitatif di Kota Y
  3. Pengembangan Model Pelayanan Kesehatan Berbasis Komunitas untuk Penyuluhan Pencegahan Stunting: Studi Kasus di Desa Z
  4. Evaluasi Dampak Program Penyuluhan Gizi Keluarga terhadap Perubahan Pola Makan: Studi Kasus di Perkampungan K
  5. Peran Perawat Komunitas dalam Meningkatkan Kesadaran dan Tindakan Pencegahan Penyakit Menular: Pendekatan Kuantitatif di Kota L
  6. Analisis Efektivitas Program Deteksi Dini Kesehatan Mental di Kalangan Remaja: Studi Kasus di Sekolah Menengah X
  7. Implementasi Model Pelayanan Kesehatan Berbasis Komunitas dalam Menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi: Studi Kasus di Kabupaten P
  8. Pengaruh Keterlibatan Masyarakat dalam Program Pengendalian Penyakit Menular Terhadap Tingkat Keberhasilan: Pendekatan Kualitatif di Desa Q
  9. Peran Perawat Komunitas dalam Mengatasi Tantangan Psikososial pada Lansia: Pendekatan Kuantitatif di Panti Jompo X
  10. Evaluasi Kualitas Pelayanan Kesehatan Anak Berbasis Komunitas: Studi Kasus di Puskesmas Y
  11. Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Partisipasi Masyarakat dalam Program Pencegahan Penyakit Tidak Menular: Pendekatan Kualitatif di Kota R
  12. Peran Perawat Komunitas dalam Menangani Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga: Pendekatan Kuantitatif di Kelurahan S
  13. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pola Asuh dalam Mencegah Penyakit Diare pada Balita: Studi Kasus di Kampung T
  14. Evaluasi Efektivitas Program Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja: Pendekatan Kuantitatif di Sekolah SMA Z
  15. Pengembangan Model Pelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Akses Pelayanan Kesehatan di Daerah Terpencil: Studi Kasus di Desa A

Contoh Judul Skripsi Keperawatan Medikal Bedah

Berikut adalah daftar contoh judul skripsi keperawatan medikal bedah, yang kamu bisa jadikan referensi:


  1. Pengaruh Program Edukasi Preoperatif terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Sebelum Operasi Bedah: Studi Kasus di RS XYZ
  2. Analisis Efektivitas Terapi Nyeri Postoperatif pada Pasien Setelah Operasi Bedah: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif
  3. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Keberhasilan Proses Penyembuhan Pasca Operasi Bedah: Studi Kasus pada Pasien dengan Luka Operasi Abdomen
  4. Perbandingan Penggunaan Metode Analgesik Tradisional dan Modern terhadap Pengendalian Nyeri Pasien Pasca Operasi Bedah: Pendekatan Campuran Kuantitatif-Kualitatif
  5. Evaluasi Efektivitas Protokol Pengelolaan Risiko Komplikasi Pasca Operasi Bedah: Analisis Data Kuantitatif dan Studi Kasus
  6. Peningkatan Kualitas Perawatan Pasien Pasca Operasi Bedah Melalui Implementasi Sistem Penilaian Risiko: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif di Rumah Sakit ABC
  7. Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Komunikasi dan Koordinasi Perawatan Pasien Pasca Operasi Bedah: Studi Kasus pada Implementasi Sistem Informasi Perawatan Medikal
  8. Analisis Perbedaan Persepsi Pasien dan Perawat terhadap Kualitas Perawatan Pasca Operasi Bedah: Pendekatan Kuantitatif-Kualitatif
  9. Pengaruh Faktor Lingkungan Rumah terhadap Proses Penyembuhan Pasien Pasca Operasi Bedah: Pendekatan Campuran Kuantitatif-Kualitatif
  10. Evaluasi Penerapan Protokol Pencegahan Infeksi di Unit Perawatan Pasca Operasi Bedah: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif
  11. Analisis Tingkat Kepatuhan Pasien terhadap Terapi Obat Pasca Operasi Bedah: Studi Kasus di Rumah Sakit XYZ
  12. Evaluasi Peran Keluarga dalam Proses Perawatan Pasien Pasca Operasi Bedah: Pendekatan Kuantitatif-Kualitatif
  13. Pengaruh Dukungan Psikososial terhadap Tingkat Kesembuhan Pasien Pasca Operasi Bedah: Studi Kasus di RS ABC
  14. Perbandingan Efektivitas Metode Penatalaksanaan Nyeri Pasca Operasi Bedah antara Kelompok Usia Lanjut dan Kelompok Usia Muda: Pendekatan Campuran Kuantitatif-Kualitatif
  15. Analisis Tren dan Pola Komplikasi Pasien Pasca Operasi Bedah: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif di Rumah Sakit PQR

Contoh Judul Skripsi Keperawatan Maternitas

Berikut adalah daftar contoh judul skripsi keperawatan Maternitas, yang kamu bisa jadikan referensi:

  1. Pengaruh Program Pendidikan Antenatal Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil: Studi Kasus di Puskesmas X
  2. Analisis Faktor-Faktor Risiko yang Mempengaruhi Kejadian Persalinan Prematur: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif di Rumah Sakit Y
  3. Persepsi Perawat Terhadap Penggunaan Teknologi dalam Pelayanan Kesehatan Maternal: Suatu Pendekatan Campuran di RS Z
  4. Pola Makan Ibu Hamil dan Hubungannya dengan Berat Bayi Lahir: Studi Kasus di Desa ABC
  5. Pengaruh Keterlibatan Suami dalam Persalinan terhadap Pengalaman Ibu dan Kesehatan Bayi Baru Lahir: Pendekatan Kualitatif di Puskesmas XYZ
  6. Evaluasi Pelaksanaan Program Pelayanan Kesehatan Maternal di Daerah Pedesaan: Tinjauan Kuantitatif dan Kualitatif di Kabupaten PQR
  7. Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Akses dan Kualitas Pelayanan Kesehatan Maternal: Analisis Data dari RS TUV
  8. Pengalaman Ibu dalam Memilih Metode Persalinan: Pendekatan Kualitatif di Kota MNO
  9. Evaluasi Efektivitas Program Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja: Studi Kasus di Sekolah SMA di Wilayah JKL
  10. Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Pencarian Perawatan Maternal: Analisis Data Kuantitatif dan Pendekatan Kualitatif di Kecamatan RST
  11. Persepsi Perawat Terhadap Kepatuhan Ibu Hamil dalam Mengikuti Program Kesehatan Antenatal: Pendekatan Campuran di Puskesmas UVW
  12. Dinamika Hubungan Interpersonal antara Ibu Hamil dan Perawat: Studi Kasus di Ruang Bersalin RS XYZ
  13. Analisis Peran Perawat dalam Pencegahan Komplikasi Maternal: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif di Rumah Sakit ABC
  14. Pengalaman Ibu dalam Menghadapi Komplikasi Persalinan: Pendekatan Kualitatif di Puskesmas DEF
  15. Evaluasi Pelaksanaan Program Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dan ASI Eksklusif: Studi Kasus di Posyandu GHI

Contoh Judul Skripsi Keperawatan Gawat Darurat

Berikut adalah daftar contoh judul skripsi keperawatan Gawat Darurat, yang kamu bisa jadikan referensi:

  1. Pengaruh Pelatihan Penanganan Kasus Trauma Terhadap Keterampilan Perawat Gawat Darurat: Studi Kasus di Rumah Sakit XYZ.
  2. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Perawat Gawat Darurat: Pendekatan Kualitatif di Puskesmas ABC.
  3. Evaluasi Protokol Penatalaksanaan Pasien Stroke di Unit Gawat Darurat: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif di RS DEF.
  4. Pola Penggunaan Alat Bantu Pernapasan pada Pasien Kritis: Studi Kasus di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit GHI.
  5. Peran Perawat Gawat Darurat dalam Penanggulangan Kejadian Bencana: Tinjauan Kualitatif di Daerah JKL.
  6. Pengaruh Faktor Psikososial terhadap Kualitas Hidup Pasien Setelah Pemulangan dari Unit Gawat Darurat: Pendekatan Kuantitatif di RS MNO.
  7. Peningkatan Pengetahuan Perawat Gawat Darurat tentang Penanganan Kasus Intoksikasi Obat: Studi Kasus di Puskesmas PQR.
  8. Analisis Kepatuhan Perawat Gawat Darurat terhadap Protokol Pemberian Obat pada Pasien Gagal Jantung: Pendekatan Kualitatif di RS STU.
  9. Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Efisiensi Triage di Unit Gawat Darurat: Studi Kasus di Rumah Sakit VWX.
  10. Pengalaman Perawat Gawat Darurat dalam Menangani Kasus Kekerasan Berbasis Gender: Pendekatan Kualitatif di Lingkungan Masyarakat YZ.
  11. Pengaruh Penerapan Tim Interprofesional dalam Penatalaksanaan Pasien Trauma Berat: Studi Kasus di Unit Gawat Darurat RS ABC.
  12. Evaluasi Penerapan Protokol Penatalaksanaan Pasien Sepsis di Unit Gawat Darurat: Pendekatan Kuantitatif di RS DEF.
  13. Persepsi Perawat Gawat Darurat tentang Faktor Risiko Terjadinya Kelelahan Kerja dan Burnout: Studi Kasus di RS GHI.
  14. Pengaruh Penerapan Metode Komunikasi Terapeutik dalam Meredakan Kecemasan Pasien Gawat Darurat: Pendekatan Kualitatif di Puskesmas JKL.
  15. Analisis Tren Penyebab Kematian Pasien Gawat Darurat di Daerah Perkotaan dan Pedesaan: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif di RS MNO.

Contoh Judul Skripsi Keperawatan Keluarga

Berikut adalah daftar contoh judul skripsi keperawatan Keluarga, yang kamu bisa jadikan referensi:

  1. Pengaruh Keterlibatan Keluarga terhadap Proses Pemulihan Pasien Post-Operasi: Studi Kasus di Rumah Sakit XYZ
  2. Analisis Peran Keluarga dalam Manajemen Perawatan Pasien dengan Penyakit Kronis: Pendekatan Kuantitatif pada Keluarga Pasien Diabetes Tipe 2
  3. Pengalaman dan Tantangan Tenaga Perawat dalam Menangani Keterlibatan Keluarga: Studi Kualitatif di Unit Gawat Darurat RS ABC
  4. Dampak Kekurangan Tenaga Perawat terhadap Kualitas Perawatan Pasien di Unit Perawatan Intensif: Analisis Kuantitatif di Rumah Sakit Swasta
  5. Persepsi Keluarga terhadap Peran Perawat dalam Mendukung Proses Kesembuhan Pasien: Studi Kasus pada Keluarga Pasien Kanker
  6. Evaluasi Efektivitas Program Pendidikan Keluarga dalam Manajemen Penyakit Kronis: Pendekatan Kuantitatif di Puskesmas Wilayah X
  7. Pola Komunikasi antara Tenaga Perawat dan Keluarga Pasien: Analisis Kualitatif di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Pemerintah
  8. Hubungan antara Dukungan Keluarga dan Tingkat Kepatuhan Pasien terhadap Pengobatan: Studi Kasus Pasien Hipertensi di Puskesmas
  9. Pengaruh Tingkat Pendidikan Keluarga terhadap Keterlibatan dalam Perawatan Pasien: Pendekatan Kuantitatif pada Keluarga Pasien Stroke
  10. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Hidup Keluarga dengan Anggota yang Mengalami Gangguan Jiwa: Pendekatan Kualitatif di Komunitas XYZ
  11. Persepsi Tenaga Perawat terhadap Dukungan Keluarga dalam Manajemen Pasien dengan Penyakit Menular: Studi Kasus HIV/AIDS di Puskesmas
  12. Pengalaman dan Strategi Keluarga dalam Merawat Anggota Keluarga dengan Kondisi Kesehatan Kronis: Pendekatan Kualitatif pada Keluarga Pasien Diabetes
  13. Evaluasi Implementasi Program Edukasi Keluarga dalam Pencegahan Penyakit Menular: Pendekatan Kuantitatif di Sekolah Menengah Atas
  14. Peran Keluarga dalam Mendukung Kemandirian Pasien Pasca-Stroke: Studi Kasus di Panti Rehabilitasi Stroke
  15. Analisis Perbedaan Persepsi antara Keluarga dan Tenaga Perawat tentang Keterlibatan Keluarga dalam Proses Perawatan: Pendekatan Kualitatif di Rumah Sakit Umum

Related posts