Jawaban dari Soal, Biodiesel merupakan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan karena ….

Soal

Tulisan ini adalah penjelasan dan jawaban atas pertanyaan “Biodiesel merupakan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan karena ….

A. diperoleh dari minyak nabati dan tidak menghasilkan polutan
B. dibuat melalui proses fermentasi dan tidak mencemari lingkungan
C. dihasilkan dari aktivitas anaerobik atau fermentasi bahan-bahan organik dan bersifat dapat diperbarui
D. mampu mengubah energi matahari menjadi energi listrik dan tidak menghasilkari polutan.

Bedah Soal : Biodiesel adalah salah satu jenis bahan bakar nabati atau biobahan bakar yang digunakan sebagai alternatif untuk bahan bakar fosil seperti bensin atau diesel yang banyak digunakan dalam kendaraan bermesin pembakaran. Salah satu alasan utama mengapa biodiesel dianggap sebagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan adalah karena proses produksinya dan sifat-sifatnya yang mendukung lingkungan. Mari kita bahas setiap pilihan jawaban yang diberikan dalam soal ini.


A. Pilihan jawaban A mencoba untuk menyatakan bahwa biodiesel diperoleh dari minyak nabati dan tidak menghasilkan polutan. Pernyataan ini hanya sebagian benar. Biodiesel memang sering kali diperoleh dari minyak nabati seperti minyak sawit, kedelai, atau jarak pagar, namun demikian, biodiesel juga dapat dihasilkan dari minyak hewani, seperti minyak lemak hewan yang telah diolah. Selain itu, meskipun biodiesel lebih bersih dibandingkan dengan bahan bakar diesel konvensional dalam hal emisi polutan seperti karbon monoksida (CO), sulfur dioksida (SO2), dan nitrogen oksida (NOx), masih ada emisi gas buang yang dihasilkan dari pembakaran biodiesel. Oleh karena itu, pilihan A tidak benar secara keseluruhan.

B. Pilihan jawaban B menyatakan bahwa biodiesel dibuat melalui proses fermentasi dan tidak mencemari lingkungan. Pernyataan ini kurang akurat. Biodiesel diproduksi melalui proses transesterifikasi, bukan fermentasi. Proses transesterifikasi melibatkan reaksi kimia antara minyak nabati atau lemak hewan dengan metanol atau etanol untuk menghasilkan ester metil atau etil, yang merupakan komponen utama dari biodiesel. Proses ini melibatkan katalis dan reaksi kimia, bukan fermentasi yang melibatkan mikroorganisme. Meskipun biodiesel lebih ramah lingkungan daripada bahan bakar fosil dalam hal emisi gas rumah kaca dan polutan udara, ia masih menghasilkan emisi gas buang saat digunakan dalam mesin kendaraan. Oleh karena itu, pilihan B juga tidak benar secara keseluruhan.


C. Pilihan jawaban C menyatakan bahwa biodiesel dihasilkan dari aktivitas anaerobik atau fermentasi bahan-bahan organik dan bersifat dapat diperbarui. Pernyataan ini kurang akurat. Biodiesel tidak dihasilkan melalui aktivitas anaerobik atau fermentasi. Sebaliknya, biodiesel diproduksi melalui reaksi kimia yang dikenal sebagai transesterifikasi, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Sifat biodiesel yang dapat diperbarui benar karena bahan baku utama untuk biodiesel adalah minyak nabati dan lemak hewan, yang dapat diperbarui melalui pertanian dan peternakan yang berkelanjutan. Namun, pilihan C tidak menjelaskan proses produksi yang benar, sehingga tidak benar secara keseluruhan.

D. Pilihan jawaban D menyatakan bahwa biodiesel mampu mengubah energi matahari menjadi energi listrik dan tidak menghasilkan polutan. Pernyataan ini juga tidak akurat. Biodiesel tidak memiliki kemampuan untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Ini adalah peran dari teknologi fotovoltaik atau panel surya yang mengubah energi matahari menjadi listrik. Biodiesel adalah bahan bakar cair yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam kendaraan dan peralatan lainnya. Meskipun biodiesel menghasilkan emisi yang lebih rendah daripada bahan bakar diesel konvensional, ia masih menghasilkan emisi gas buang saat digunakan dalam mesin kendaraan.

Dengan demikian, pilihan C adalah jawaban yang paling akurat dari semua pilihan yang diberikan dalam soal. Meskipun pilihan tersebut tidak menjelaskan proses produksi biodiesel dengan benar, ia setidaknya menyoroti sifat biodiesel yang dapat diperbarui, yang merupakan salah satu alasan mengapa biodiesel dianggap sebagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan.

Jawaban: Biodiesel merupakan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan karena dihasilkan dari aktivitas anaerobik atau fermentasi bahan-bahan organik dan bersifat dapat diperbarui.

Aktivitas anaerobik atau fermentasi bahan-bahan organik menghasilkan biodiesel yang relatif bersih dan tidak menghasilkan polutan seperti karbon monoksida, sulfur dioksida, dan nitrogen oksida. Sifat dapat diperbarui berarti biodiesel dapat dihasilkan secara berkelanjutan, sehingga tidak akan habis.

Pilihan jawaban A salah karena biodiesel juga dapat dihasilkan dari minyak hewani, bukan hanya minyak nabati.

Pilihan jawaban B salah karena biodiesel juga dapat dibuat melalui proses selain fermentasi.

Pilihan jawaban D salah karena biodiesel tidak mampu mengubah energi matahari menjadi energi listrik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.