Ayo Memperkenalkan Diri, Keberagaman, Perbedaan, Kebinekaan, Menerima Toleransi dan Menerima Keberagaman (Rangkuman Materi PPKn SD/MI Bab 3) Kurikulum Merdeka

  • Whatsapp
Menyederhanakan Bentuk Aljabar, Struktur, Penyederhanaan Suku Banyak, Perkalian dan Pembagian Suku Tunggal (Rangkuman Materi Informatika SMP/MTS Kelas 8 Bab 1 ) Kurikulum Merdeka

Rangkuman Materi PPKn SD/MI Bab 3 |  Kurikulum Merdeka | Ayo Memperkenalkan Diri | Keberagaman | Perbedaan | Kebinekaan Indonesia | Menerima Toleransi | Menerima Keberagaman |

Keberagaman

Keberagaman merupakan hal yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Pada dasarnya, multikulturalisme yang terbentuk di Indonesia merupakan akibat dari kondisi sosio-kultural maupun geografis yang begitu beragam dan luas. Keberagaman dapat terjadi di Indonesia karena: letak geografis indonesia, perkawinan campur, dan iklim yang berbeda dari setiap daerah. Menurut kondisi geografis, Indonesia memiliki banyak pulau di mana setiap pulau tersebut dihuni oleh sekelompok manusia yang membentuk suatu masyarakat. Dari masyarakat tersebut terbentuklah sebuah kebudayaan mengenai masyarakat itu sendiri. Tentu saja hal ini berimbas pada keberadaan kebudayaan yang sangat banyak dan beranekaragam.

Perbedaan

Perbedaan adalah keistimewaan dan ciri khas dari setiap manusia. Untuk mengenalkan perbedaan ini, peserta didik diharapkan memahami bahwa setiap individu memiliki perbedaan identitas dan latar belakang, memiliki perbedaan hobi atau kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari, memiliki perbedaan bahasa, memiliki perbedaan suku, dan yang paling utama peserta didik memiliki perbedaan fisik yang mungkin dipengaruhi oleh ras bangsa Indonesia. Karena perbedaan bukanlah permasalahan melainkan sebuah keistimewaan yang dimiliki masing-masing individu, maka sikap peserta didik harus mampu menerima, baik menerima dirinya dan menerima orang lain sehingga terwujud harmonisasi kebersamaan.

Baca Juga :   Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 5 & 6 SD / MI (Fase C) Kurikulum Merdeka

Kebinekaan Indonesia

Kebinekaan yang terjadi di Indonesia merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan. Dikatakan sebagai sebuah potensi, karena hal tersebut akan membuat bangsa kita menjadi bangsa yang besar dan memiliki kekayaan yang melimpah baik kekayaan alam maupun kekayaan budaya yang dapat menarik minat para wisatawan asing untuk mengunjungi Indonesia.






Kebinekaan bangsa Indonesia juga merupakan sebuah tantangan bahkan ancaman, karena dengan adanya kebinekaan tersebut mudah membuat membuat masyarakat Indonesia berbeda pendapat yang seringkali lepas kendali, mudah tumbuhnya perasaan kedaerahan yang amat sempit dikhawatirkan akan mengancam integrasi nasional. Oleh karena itu, dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat harus ditanamkan sikap toleransi, keberterimaan, peduli dan saling menghargai yang sudah ditanamkan sejak dini.

Baca Juga :   Capaian Pembelajaran IPAS Kelas 3 & 4 SD / MI (Fase B) Kurikulum Merdeka

Menerima Toleransi

Kemampuan menerima dan toleransi dalam hidup bermasyarakat mutlak diperlukan agar tercipta kerukunan hidup dalam bermasyarakat. Kerukunan dalam kehidupan dapat mencakup 4 hal, yaitu: kerukunan dalam rumah tangga/keluarga, kerukunan dalam beragama, kerukunan dalam mayarakat, dan kerukunan dalam berbudaya. Indonesia yang sangat luas ini terdiri dari berbagai macam suku, ras, dan agama serta sangat rawan akan terjadinya konflik pertikaian jika seandainya saja setiap pribadi tidak mau saling bertoleransi.

Dalam arti yang sederhana, konsep toleransi dapat diajarkan dengan mengenalkan adanya perbedaan yang ada di lingkungan peserta didik. Sebagai peserta didik, sikap yang bisa dilakukan untuk menciptakan toleransi dalam kehidupan sehari-hari yaitu:

  • Mengembangkan perilaku ramah dan menerima teman.
  • Saling toleransi dan menghormati sesama.
  • Mengembangkan semangat kekeluargaan dengan saling bertegur sapa antar teman.
  • Menghormati teman yang sedang beribadah.
  • Tidak mengejek teman yang memiliki kebudayaan yang unik maupun bahasa yang khas.
Baca Juga :   Capaian Pembelajaran Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Kelas 3 & 4 SD (Fase B) Kurikulum Merdeka

Menerima Keberagaman

Kemampuan menerima terhadap keberagaman sudah disepakati oleh bangsa Indonesia sejak zaman dahulu kala dengan suatu prinsip atau Semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan gagasan yang mutakhir karena sangat sesuai dengan keadaan bangsa Indonesia. Semboyan tersebut bukan hanya sebatas slogan dan kata-kata mutiara belaka, melainkan melalui semboyan tersebut, kalian dapat menjadikannya sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari untuk menghargai perbedaan yang ada di lingkungan sekitar kalian. Semboyan ini menekankan pada persatuan dan kesatuan bangsa.




Related posts