Ayat Ayat Al Quran Tentang Ekonomi Syariah

  • Whatsapp
Ayat Ayat Al Quran


Ayat Tentang Ekonomi Syariah | Ayat  Al Quran Ekonomi Syariah | Surat Al Mulk Ayat 15 | Surat Al Jumuah Ayat 9 dan 10 | Surat An Naba Ayat 10 dan 11 |  Bacaan | Latin | Terjemah | Makna | Tafsir | Makna |

Ayat Al Quran Tentang Ekonomi Syariah Surat Al Mulk  Ayat 15

Bacaan Surat  Al Mulk  Ayat 15

هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الْاَرْضَ ذَلُوْلًا فَامْشُوْا فِيْ مَنَاكِبِهَا وَكُلُوْا مِنْ رِّزْقِهٖۗ وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Latin Surat  Al Mulk  Ayat 15

huwallażī ja’ala lakumul-arḍa żalụlan famsyụ fī manākibihā wa kulụ mir rizqih, wa ilaihin-nusyụr



Terjemah Surat  Al Mulk  Ayat 15

Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.

Makna Surat Al Mulk  Ayat 15

(Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kalian) mudah untuk dipakai berjalan di atas permukaannya (maka berjalanlah di segala penjurunya) pada semua arahnya (dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya) yang sengaja diciptakan buat kalian. (Dan hanya kepada-Nyalah kalian dibangkitkan) dari kubur untuk mendapatkan pembalasan.

Ayat Al Quran Tentang Disiplin Surat Al Jumuah Ayat 9

Bacaan Surat Al Jumuah Ayat 9

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ



Latin Surat Al Jumuah Ayat 9

yā ayyuhallażīna āmanū iżā nụdiya liṣ-ṣalāti miy yaumil-jumu’ati fas’au ilā żikrillāhi wa żarul baī’, żālikum khairul lakum ing kuntum ta’lamụn

Terjemah Surat Al Jumuah Ayat 9

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jum‘at, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Makna Surat Al Jumuah Ayat 9

(Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat pada) huruf min di sini bermakna fi, yakni pada (hari Jumat maka bersegeralah kalian) yakni cepat-cepatlah kalian berangkat (untuk mengingat Allah) yakni salat (dan tinggalkanlah jual beli) tinggalkanlah transaksi jual beli itu. (Yang demikian itu lebih baik bagi kalian jika kalian mengetahui) bahwasanya hal ini lebih baik, maka kerjakanlah ia.



Ayat Al Quran Tentang Disiplin Surat Al Jumuah Ayat 10

Bacaan Surat Al Jumuah Ayat 10

فَاِذَا قُضِيَتِ الصَّلٰوةُ فَانْتَشِرُوْا فِى الْاَرْضِ وَابْتَغُوْا مِنْ فَضْلِ اللّٰهِ وَاذْكُرُوا اللّٰهَ كَثِيْرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Latin Surat Al Jumuah Ayat 10

fa iżā quḍiyatiṣ-ṣalātu fantasyirụ fil-arḍi wabtagụ min faḍlillāhi ważkurullāha kaṡīral la’allakum tufliḥụn

Terjemah Surat Al Jumuah Ayat 10

Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung.

Makna Surat Al Jumuah Ayat 10

(Apabila telah ditunaikan salat, maka bertebaranlah kalian di muka bumi) perintah ini menunjukkan pengertian ibahah atau boleh (dan carilah) carilah rezeki (karunia Allah, dan ingatlah Allah) dengan ingatan (sebanyak-banyaknya supaya kalian beruntung) yakni memperoleh keberuntungan. Pada hari Jumat, Nabi saw. berkhutbah akan tetapi tiba-tiba datanglah rombongan kafilah membawa barang-barang dagangan, lalu dipukullah genderang menyambut kedatangannya sebagaimana biasanya. Maka orang-orang pun berhamburan keluar dari mesjid untuk menemui rombongan itu, kecuali hanya dua belas orang saja yang masih tetap bersama Nabi saw. lalu turunlah Ayat ini.

Ayat Al Quran Tentang Ekonomi Syariah  Surat An Naba Ayat 10

Bacaan Surat An Naba Ayat 10

وَّجَعَلْنَا الَّيْلَ لِبَاسًاۙ

Latin Surat An Naba Ayat 10

wa ja’alnal-laila libāsā

Terjemah Surat An Naba Ayat 10

dan Kami menjadikan malam sebagai pakaian

Makna Surat An Naba Ayat 10

(Dan Kami jadikan malam sebagai pakaian) sebagai penutup karena kegelapannya.

Allah menjadikan malam sebagai pakaian. Maksudnya malam itu gelap menutupi permukaan bumi sebagaimana pakaian menutup tubuh manusia. Hal itu berarti bahwa malam itu berfungsi sebagai pakaian bagi manusia yang dapat menutupi auratnya pada waktu tidur dari pandangan orang-orang yang mungkin melihatnya. Demikian pula sebagai pakaian, maka gelap malam itu dapat melindungi dan menyembunyikan seseorang yang tidur dari bahaya atau musuh yang sedang mengancam.

Ayat Al Quran Tentang Ekonomi Syariah Surat An Naba Ayat 11

Bacaan Surat An Naba Ayat 11

وَّجَعَلْنَا النَّهَارَ مَعَاشًاۚ

Latin Surat An Naba Ayat 11

wa ja’alnan-nahāra ma’āsyā

Terjemah Surat An Naba Ayat 11

dan Kami menjadikan siang untuk mencari penghidupan,

Makna Surat An Naba Ayat 11

(Dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan) yaitu waktu untuk mencari penghidupan.

Yakni mata pencaharian yang digunakan oleh manusia untuk mencari rizki, sesuai dengan tingkatan dan keadaan mereka. Ini adalah nikmat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala atas hamba-hambaNya.

Related posts