Ucapan Sakinah Mawaddah Warahmah: Arab dan Maknanya yang Dalam

Ucapan Sakinah Mawaddah Warahmah, Arab dan Maknanya yang Dalam
Ucapan Sakinah Mawaddah Warahmah, Arab dan Maknanya yang Dalam

WISLAH.COM – Tulisan ini memuat ucapan pernikahan islami yang sarat makna dan doa. Ucapan yang sering kita dengar, “Sakinah Mawaddah Warahmah,” bukanlah sekadar rangkaian kata indah. Ia merangkum harapan mendalam akan kebahagiaan, cinta, dan keberkahan dalam mahligai rumah tangga yang dibina. Merupakan doa yang penuh makna, ucapan ini mengandung harapan akan kehidupan rumah tangga yang harmonis, penuh cinta, dan dilimpahi rahmat Allah SWT.

Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam tentang ucapan “Sakinah Mawaddah Warahmah”. Kita akan membahas penulisan Arabnya yang benar, makna mendalam di balik setiap kata, serta bagaimana ucapan ini menjadi doa yang mengiringi langkah pasangan menuju kehidupan rumah tangga yang penuh berkah. Mari kita menyelami keindahan dan kedalaman makna di balik ucapan yang penuh doa ini.

Baik, berikut perubahannya dengan harakat yang sesuai:


A. Tulisan Sakinah Mawaddah Warahmah Arab yang Benar dan Artinya?

Tulisan Arab yang benar untuk “Sakinah Mawaddah Warahmah” adalah:

سَكِيْنَةٌ مَوَدَّةٌ وَرَحْمَةٌ

Artinya:

  • Sakinah (سَكِيْنَةٌ): Ketenangan, kedamaian, ketenteraman.
  • Mawaddah (مَوَدَّةٌ): Cinta, kasih sayang.
  • Warahmah (وَرَحْمَةٌ): Rahmat, kasih sayang, keberkahan dari Allah SWT.

B. Arti Secara Bahasa “Sakinah Mawaddah Warahmah”?

  • Sakinah (سَكِيْنَةٌ): Berasal dari kata kerja “sakana” (سَكَنَ) yang berarti “tenang” atau “diam”. Dalam konteks rumah tangga, sakinah berarti ketenangan hati, kedamaian jiwa, dan ketenteraman dalam hubungan suami istri.
  • Mawaddah (مَوَدَّةٌ): Berasal dari kata kerja “wadda” (وَدَّ) yang berarti “cinta” atau “kasih sayang”. Mawaddah menggambarkan perasaan cinta yang mendalam, kasih sayang yang tulus, dan ikatan emosional yang kuat antara suami istri.
  • Warahmah (وَرَحْمَةٌ): Berasal dari kata “rahmah” (رَحْمَة) yang berarti “rahmat” atau “kasih sayang”. Warahmah adalah kasih sayang dan keberkahan yang Allah SWT berikan kepada pasangan suami istri, meliputi rezeki, kesehatan, keturunan, dan kebahagiaan dalam kehidupan mereka.

C. Kandungan Makna “Sakinah Mawaddah Warahmah” dalam Ucapan Pernikahan

Ucapan “Sakinah Mawaddah Warahmah” dalam pernikahan mengandung doa dan harapan agar pasangan suami istri:

  • Membangun rumah tangga yang harmonis dan penuh kedamaian (sakinah). Pasangan diharapkan dapat saling memahami, menghormati, dan mendukung satu sama lain, sehingga tercipta suasana rumah tangga yang tenang dan damai.
  • Memiliki cinta dan kasih sayang yang tulus dan mendalam (mawaddah). Cinta dan kasih sayang adalah fondasi utama dalam membangun rumah tangga yang bahagia. Pasangan diharapkan dapat saling mencintai, menyayangi, dan menghargai satu sama lain.
  • Mendapatkan rahmat, keberkahan, dan kasih sayang dari Allah SWT (warahmah). Rahmat Allah SWT adalah kunci kebahagiaan dan kesuksesan dalam kehidupan rumah tangga. Pasangan diharapkan dapat senantiasa berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar memberikan rahmat, keberkahan, dan kasih sayang-Nya dalam kehidupan mereka.

D. Contoh Ucapan “Sakinah Mawaddah Warahmah” Arab dan Artinya


Berikut ini 5 contoh ucapan “Sakinah Mawaddah Warahmah” dalam bahasa Arab dan artinya:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ وَسَكِيْنَةٍ مَوَدَّةٍ وَرَحْمَةٍ

Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fi khairin wa sakinah mawaddah wa rahmah.
Artinya: Semoga Allah memberkahimu dan memberkahi pernikahanmu, serta mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan, ketenangan, cinta, dan kasih sayang.

أَسْأَلُ اللهَ أَنْ يَجْعَلَ زَوَاجَكُمْ سَكِيْنَةً مَوَدَّةً وَرَحْمَةً وَأَنْ يَرْزُقَكُمْ الذُّرِّيَّةَ الصَّالِحَةَ

As’alullaha an yaj’ala zawajakuma sakinah mawaddah wa rahmah wa an yarzuqakuma dzurriyyata shalihah.
Artinya: Aku memohon kepada Allah agar menjadikan pernikahanmu penuh ketenangan, cinta, dan kasih sayang, serta menganugerahkan kepada kalian keturunan yang saleh.

أَلْفُ مَبْرُوْكٍ عَلَى الزَّوَاجِ، وَأَسْأَلُ اللهَ أَنْ يَجْعَلَ لَيْلَتَكُمْ سَكِيْنَةً وَيَوْمَكُمْ فَرَحًا وَعُمْرَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً

Alf mabruk ‘ala az-zawaj, wa as’alullaha an yaj’ala lailataku m sakinah wa yaumakum farahan wa ‘umrakum mawaddah wa rahmah.
Artinya: Seribu ucapan selamat atas pernikahanmu, dan aku memohon kepada Allah agar menjadikan malammu penuh ketenangan, harimu penuh kebahagiaan, dan hidupmu penuh cinta dan kasih sayang.

جَعَلَ اللهُ مَحَبَّتَكُمْ فِيْ قُلُوْبِكُمْا زَادَتْ وَ كَثُرَتْ وَ أَلْفَ بَيْنَكُمَا بِالسَّكِيْنَةِ وَ الْمَوَدَّةِ وَ الرَّحْمَةِ

Ja’alallahu mahabbatakum fi qulubikuma zadat wa katsurat wa alfa bainakuma bis-sakinah wal-mawaddah war-rahmah.
Artinya: Semoga Allah menjadikan cinta kalian berdua semakin bertambah dan melimpah, serta mempersatukan kalian dengan ketenangan, cinta, dan kasih sayang.

بَارَكَ اللهُ لَكُمَا وَعَلَيْكُمَا وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ وَسَكِيْنَةٍ مَوَدَّةٍ وَرَحْمَةٍ وَأَلْفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمَا

Barakallahu lakumaa wa ‘alaikumaa wa jama’a bainakumaa fi khairin wa sakinah mawaddah wa rahmah wa alfa baina qulubikuma.
Artinya: Semoga Allah memberkahi kalian berdua dan mempersatukan kalian dalam kebaikan, ketenangan, cinta, dan kasih sayang, serta menyatukan hati kalian berdua.

Penutup:

Ucapan “Sakinah Mawaddah Warahmah” adalah doa yang indah dan penuh makna dalam pernikahan. Ia mengandung harapan akan kebahagiaan, cinta, dan keberkahan dalam mahligai rumah tangga yang dibina. Semoga setiap pasangan yang menerima ucapan ini dapat merasakan keindahan dan kedalaman maknanya, serta menjadikannya sebagai doa yang mengiringi langkah mereka menuju kehidupan rumah tangga yang penuh berkah.

Related posts