Tentang Informatika, Pengertian, Kurikulum dan Pembelajaran

Perkalian dan Pembagian Bilangan Desimal, Contoh dan Cara Menghitungnya (Rangkuman Materi Matematika SD/MI Kelas 4 Bab 16) Kurikulum Merdeka

Tentang Informatika | Pengertian Informatika | Kurikulum Informatika | Pembelajaran Informatika Kelas 11 |

Pengertian Informatika

Di era industri 4.0 dan masyarakat 5.0, Informatika merupakan salah satu disiplin ilmu yang wajib dikuasai oleh setiap orang, dan aspek praktisnya sudah diperlukan sejak usia dini. Belajar Informatika tidak berarti harus selamanya di depan komputer. Informatika adalah sebuah disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan mengeksplorasi dunia di sekitar kita, baik natural (dunia dan alam sekitar kita) maupun artifisial (dunia maya atau dunia digital yang diciptakan manusia).

Informatika juga berkaitan dengan studi, pengembangan, dan implementasi dari sistem komputer, serta pemahaman terhadap prinsip-prinsip dasar pengembangan yang didasari pada pemahaman dunia nyata dan dunia artifisial tersebut. Ilmu informatika tidak eksklusif, tetapi banyak bersinggungan dengan bidang ilmu lain karena luasnya kemungkinan eksplorasi masalah yang akan dipecahkan.


Kurikulum Informatika

Kurikulum Informatika terdiri atas 8 elemen, yaitu Berpikir Komputasional (BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Sistem Komputer (SK), Jaringan Komputer dan Internet (JKI), Analisis Data (AD), Algoritma dan Pemrograman (AP), Dampak Sosial Informatika (DSI), dan Praktik Lintas Bidang (PLB).

Kedelapan elemen tersebut erat kaitannya satu sama lain. Semua elemen pengetahuan tersebut akan dipelajari melalui aktivitas yang dirancang pada buku ini. Harapannya, peserta didik dapat memperdalam dan memperluas konsep serta menambah keterampilan yang telah dijalani sesuai dengan materi dalam buku ini. Setelah mempelajari dan menjalani aktivitas pada mata pelajaran Informatika sejak Kelas VII sampai dengan Kelas X yang diorganisasikan dengan modular per elemen, materi Informatika Kelas XI akan lebih banyak dipraktekkan secara terintegrasi.

Selain berakar ke ilmu formal, Informatika juga berakar ke engineering. Informatika hakekatnya mengemas STE(A)M: Science (Sains), Technology (Teknologi), Engineering (Teknik), Art (Seni) and Math (Matematika). STEAM itu erat kaitannya satu sama lain. Membuat sebuah aplikasi adalah menciptakan artefak komputasional, baik itu hanya perangkat lunak, atau merupakan gabungan perangkat keras dan perangkat lunak (sebuah sistem komputer). Membangun sebuah artefak komputasional untuk bidang tertentu misalnya pertanian juga perlu memperhatikan sains yang terkait pertanian (biologi, ilmu tanah atau media tanamannya) selain sains informatika. Teknologi (perangkat TIK dan perangkat lainnya) dan engineering (proses menganalisis dan merancang) dibutuhkan baik untuk mengembangkan produk, maupun untuk memakai produk. Art atau aspek seni dibutuhkan bukan hanya untuk produk digital kreatif, tetapi bagaimana merancang produk yang nyaman dipakai serta indah dipandang. Matematika konon disebut: “Queen of Science” yang mendasari semua model komputasi dari produk komputasional apapun.

Pembelajaran Informatika Kelas 11

Pembelajaran Informatika Kelas XI tidak lagi diorganisasi per elemen, tetapi dikemas sesuai dengan elemen yang dicakup. Berpikir komputasional yang erat hubungannya dengan pemrograman akan dikemas menjadi bab dalam buku ini:


  • Bab 2, Strategi Algoritmik dan Pemrograman, terdiri atas serangkaian aktivitas-aktivitas berkesinambungan yang merekatkan Berpikir Komputasional, Algoritma Pemrograman, Analisis Data, dan Praktik Lintas Bidang. Melalui pengemasan ini, pembelajaran diharapkan akan lebih bermakna karena kalian akan memahami bahwa berpikir komputasional dapat menjadi dasar dari konstruksi algoritma yang dipilih untuk diprogram dalam sebuah bahasa pemrograman. Ketika membuat program tersebut, kalian harus membuat model komputasi yang didasari oleh suatu bidang pengetahuan lain. Pada buku ini dipilih Kimia, Fisika, dan Biologi.
  • Bab 3, intinya adalah Dampak Sosial Informatika, yang akan dipakai sebagai wahana membentuk berpikir kritis yang lebih tajam terhadap sebuah kasus sosial yang timbul akibat penerapan teknologi, khususnya teknologi informasi.
  • Bab 4, tentang Jaringan Komputer dan Internet diperdalam konsepnya, namun tidak harus dipraktikkan karena aspek praktis jaringan komputer merupakan ranah pendidikan vokasional.
  • Bab 5, Praktik Lintas Bidang dirancang untuk pengembangan aplikasi mobile yang dijalankan dengan smartphone atau gawai, dan berbasis Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Artifisial yang merupakan keniscayaan di zaman ini. Bukankah kalian sehari-hari banyak menggunakan HP dan aplikasinya? Jangan khawatir tentang AI karena di tingkatan Kelas XI, detail implementasi AI sudah dikemas menjadi sebuah modul “black box” yang tersedia dan dapat dipakai tanpa perlu mengimplementasi detailnya.
  • Bab 6, merupakan sebuah proyek Analisis Data tentang sebuah isu yang merupakan salah satu isu internasional saat ini. Proyek ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang peran analisis data dalam membentuk manusia memahami apa yang terjadi dengan lebih akurat untuk mengambil keputusan yang tepat.

Tentunya, kalian mengenali elemen-elemen Informatika yang menjadi topik utama, dan cermatilah bahwa hampir semua praktik serta latihan dilakukan dengan menggunakan Sistem Komputer. Walaupun sistem komputer tidak dipelajari lagi secara khusus di kelas ini, namun tetap dibutuhkan dalam melakukan semua kegiatan pembelajaran.

Informatika terdiri atas konsep dan praktik yang dikemas dalam aktivitas pembelajaran dengan harapan akan menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan, bermakna, dan berkesan agar dapat diterapkan dalam memecahkan persoalan kehidupan sehari-hari. Contoh kasus dalam buku ini menggunakan kasus yang umum. Kalian juga perlu bersiap diri jika guru menggantinya dengan kasus yang lebih dekat dengan konteks sehari-hari kalian, namun prinsipnya tetap setara. Pembelajaran Kelas XI membuka sekat-sekat dan merekatkan elemen Informatika, serta mengintegrasikan dengan bidang lain secara utuh dalam aktivitas berpikir, berkarya, berkolaborasi membangun produk komputasional lintas bidang ilmu. Aspek berpikir dapat dan bahkan lebih banyak dilakukan tanpa menggunakan komputer, sedangkan berkarya memerlukan komputer dan perangkat teknologi lain untuk tingkatan Kelas XI ini.

Baca Kumpulan: Rangkuman Infromatika Kelas 11 SMA

Related posts