Surat Yusuf Ayat 3, Bacaan, Arti Perkata (Mufrodat), Terjemahan, Kandungan, Tafsir dan Asbabun Nuzul

  • Whatsapp
Surat Yusuf Ayat 111, Bacaan, Arti Perkata (Mufrodat), Terjemahan, Kandungan dan Tafsir

Bacaan Surat Yusuf Ayat 3 | Arti Perkata (Mufrodat) Surat Yusuf Ayat 3 | Terjemahan Surat Yusuf Ayat 3 | Isi Kandungan Surat Yusuf Ayat 3 | Tafsir Surat Yusuf Ayat 3 | Asbabun Nuzul Surat Yusuf Ayat 3 |

Bacaan Surat Yusuf Ayat 3

نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ اَحْسَنَ الْقَصَصِ بِمَآ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ هٰذَا الْقُرْاٰنَۖ وَاِنْ كُنْتَ مِنْ قَبْلِهٖ لَمِنَ الْغٰفِلِيْنَ

Arti Perkata (Mufrodat) Surat Yusuf Ayat 3

kepadamuإِلَيۡكَKami ceritakanنَقُصُّ
sebelumnyaقَبۡلِهِsebaik-baikأَحۡسَنَ
orang-orang yang lalaiٱلۡغَٰفِلِينَKami wahyukanأَوۡحَيۡنَآ

Terjemahan Surat Yusuf Ayat 3

Kami menceritakan kepadamu (Muhammad) kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al-Qur’an ini kepadamu, dan sesungguhnya engkau sebelum itu termasuk orang yang tidak mengetahui.

Isi Kandungan Surat Yusuf Ayat 3

Allah menurunkan ayat ini dan sesudahnya ketika sekelompok orang Yahudi meminta Nabi Muhammad menceritakan kisah Nabi Yusuf dan Nabi Yakub, lalu turunlah ayat berikut ini. Kami akan menceritakan kepadamu wahai Nabi Muhammad suatu kisah umat-umat terdahulu untuk menguatkan hatimu dan menjadi pelajaran bagi umatmu. Kisah ini adalah kisah yang paling baik karena sarat dengan pesan, nasihat, dan pelajaran yang diuraikan dengan susunan bahasa yang indah dan menarik. Kisah itu Kami turunkan dengan mewahyukan Al-Qur’an ini kepadamu, dan sesungguhnya engkau sebelum Kami mewahyukannya itu termasuk orang yang tidak mengetahui tentang kisah-kisah umat terdahulu. Kisah-kisah para nabi dan orang-orang saleh yang dipaparkan dalam Al-Qur’an adalah menjadi pelajaran bagi umat Nabi Muhammad, karena sarat dengan pesan-pesan moral serta nasihat.

Baca Juga :   Asyura : Pengertian, Peristiwa Penting, Hadits, Tragedi Karbala dan Doa





Tafsir Surat Yusuf Ayat 3

Pada ayat ini, Allah mengkhususkan firman-Nya kepada Nabi Muhammad Saw dan tentu saja untuk diperhatikan oleh orang Arab dan umat manusia seluruhnya. Para mufasir mengatakan bahwa surah Yusuf ini adalah salah satu surah dalam Al-Quran yang diturunkan untuk menghibur dan menggembirakan hati Nabi Muhammad Saw di kala beliau menderita tekanan-tekanan yang berat dari kaum Quraisy berupa cemoohan, hinaan, pembangkangan, dan tindakan kekerasan sehingga beliau terpaksa hijrah bersama Abu Bakar ke Medinah. Memang demikianlah halnya karena kisah Nabi Yusuf ini adalah suatu kisah yang menarik sekali, dikisahkan dengan cara terperinci, tiap babak mengandung hikmah yang dalam dan pelajaran yang besar manfaatnya bagi orang yang memperhatikannya, apalagi bila dilihat dari segi keindahan susunan bahasa dan isi ceritanya yang belum dikenal seluruhnya baik oleh Nabi Muhammad saw sendiri maupun oleh kaum Quraisy dan orang Arab pada umumnya.

Baca Juga :   Biografi Singkat KH. Hasyim Asy’ari : Profil, Pendidikan, Karya dan Pemikiran

Kisah ini selain menceritakan keadaan Nabi Yakub As beserta anak-anaknya yang masih hidup dengan cara kehidupan orang-orang Badui, menceritakan pula bagaimana kehidupan dalam masyarakat yang telah maju dan berkebudayaan tinggi, bagaimana kehidupan para penguasa yang penuh dengan kemewahan serta kesenangan dan bagaimana pula cara mereka mengendalikan pemerintahan dan mengatur perekonomian negara. Benarlah firman Allah yang mengatakan bahwa kisah Nabi Yusuf As yang akan dikisahkan berikut ini adalah kisah yang paling baik, menarik, dan yang paling indah penggambarannya.

Asbabun Nuzul Surat Yusuf Ayat 3

Al-hakim dan lainnya meriwayatkan dari saad bin abi waqqash bahwa al-quran diturunkan kepada Nabi Saw. Lalu selama beberapa masa beliau membacakannya kepada mereka, dan mereka mengatakan, ‘ya rasulallah, bagaimana kalau anda bercerita kepada kami? Maka turunlah ayat,’Allah telah menurunkan perkataan yang baik…”(39:23). Ibnu hatim menambahkan, lalu mereka mengatakan,” ya Rasulallah, bagaimanakah kalau anda beri kami nasihat, maka allah menurunkan ..”belum tibakah waktunya bagi orang-orang yang beriman untuk khusyu mengingat Allah….(57:16).

Baca Juga :   Ayat Ayat Al Quran Tentang Ekonomi Syariah

Ibnu jarir meriwayatkan dari ibnu abbas bahwa mereka mengatakan , ‘Ya Rasulullah bagaimana kalau anda ceritakan kepada kami” maka turunlah ayat ini.




Related posts