Surah Ali ‘Imran Ayat 103 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Surah Ali ‘Imran Ayat 103 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan


Surah Ali ‘Imran Ayat 103 | Bacaan Surah Ali ‘Imran Ayat 103 | Terjemah Surah Ali ‘Imran Ayat 103 | Mufradat Surah Ali ‘Imran Ayat 103 | Isi Kandungan Surah Ali ‘Imran Ayat 103  | Wislahcom | Referensi |

Bacaan Surah Ali ‘Imran Ayat 103

وَاعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللّٰهِ جَمِيْعًا وَّلَا تَفَرَّقُوْا ۖوَاذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ اِذْ كُنْتُمْ اَعْدَاۤءً فَاَلَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِكُمْ فَاَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهٖٓ اِخْوَانًاۚ وَكُنْتُمْ عَلٰى شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ النَّارِ فَاَنْقَذَكُمْ مِّنْهَا ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اٰيٰتِهٖ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَ

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Hijrah



Terjemah Surah Ali ‘Imran Ayat 103

Dan berpegang teguhlah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara, sedangkan (ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah, Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Guru

Mufradat Surah Ali ‘Imran Ayat 103

dan berpegang teguhlahوَاعْتَصِمُوْا
kepada tali (agama) Allahبِحَبْلِ اللّٰهِ
kamu semuanyaجَمِيْعًا
dan janganlah kamu bercerai beraiوَّلَا تَفَرَّقُوْا
dan ingatlahوَاذْكُرُوْا
nikmat Allahنِعْمَتَ اللّٰهِ
kepadamuعَلَيْكُمْ
ketika kamuاِذْ كُنْتُمْ
bermusuhanاَعْدَاۤءً
lalu Allah mempersatukanفَاَلَّفَ
antara hatimuبَيْنَ قُلُوْبِكُمْ
kamu menjadiفَاَصْبَحْتُمْ
dengan karunia-Nyaبِنِعْمَتِهٖٓ
bersaudaraاِخْوَانًاۚ
berada di tepi jurangشَفَا حُفْرَةٍ
nerakaمِّنَ النَّارِ
menyelamatkan kamuفَاَنْقَذَكُمْ
petunjukتَهْتَدُوْنَ

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Gunung



Isi Kandungan Surah Ali ‘Imran Ayat 103  

Pada ayat ini, kaum Muslimin mendapatkan perintah untuk berpegang teguh kepada tali Allah yakni agama-Nya yaitu agama Islam atau kepada Kitab-Nya yaitu Al-Qur`an dengan cara bersatu padu dalam berpegangan, agar selamat di dunia dan akhirat.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Godaan Setan

Secara bahasa kata i’taṣimu merupakan fi’il amr yang berasal dari kata i’taṣama-ya’taṣimu-i’tiṣāman yang berarti berpegang teguh kepada sesuatu, sehingga dapat mencegah dirinya dari terjerumus ke dalam kehancuran.



Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Gotong Royong

Kata habl berarti tali. Kata hablullah tali Allah maksudnya ajaran agama, yaitu Al-Qur`an. Sehingga bermakna benar-benar berpegang dengan teguh kepada tali yang paling kuat (al-Qur`an) yang dapat menjaga dirinya dari terjerumus ke dalam neraka Jahanam. Diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah bahwa Rasulullah Saw bersabda: Sesungguhnya al-Qur`an ini adalah tali Allah yang kokoh, cahaya yang menerangkan, obat penyembuh yang berguna, pelindung bagi yang berpegang kepadanya dan aman bagi yang mengikutinya.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Ghibah

Allah Swt juga memerintahkan agar membina kekuatan kaum muslimin dengan memupuk persatuan hingga tidak mudah bercerai berai dari kebenaran karena berselisih, yaitu dengan mengatur hubungan mereka satu sama lain berdasarkan tolong menolong dan nasehat menasehati untuk memperkuat perjuangan.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Fitrah

Perintah selanjutnya adalah untuk selalu mengingat nikmat yang Allah Swt anugerahkan baik di dunia maupun di akhirat. Dahulu pada masa jahiliyah mereka bermusuhan dan saling membenci, sehingga timbullah perang saudara beratus-ratus tahun lamanya, seperti perang antara kaum ‘Aus dan Khazraj. Maka Allah Swt telah mempersatukan hati mereka dengan datangnya Nabi Muhammad Saw dan mereka telah masuk ke dalam agama Islam dengan berbondong-bondong. Allah Swt telah mencabut dari hati mereka sifat dengki, memadamkan dari api permusuhan dan menghimpun kekuatan kembali sehingga jadilah mereka orang-orang yang bersaudara (dalam agama dan pemerintahan) dan saling mencintai menuju kebahagiaan bersama.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Fitnah

Related posts