Soal Essay Sistem Tata Surya dan Jawaban (Soal Tentang Sistem Tata Surya Kelas 7)

Soal Essay
Kumpulan Contoh Soal Essay dan Jawabannya, Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013

Soal Essay Sistem Tata Surya dan Jawabannya | Soal Tentang Sistem Tata Surya | Kelas 7 | Contoh Soal Essay | Wislah Indonesia | Soal Essay Hots | Pembahasannya |  

Contoh Soal Essay Sistem Tata Surya dan Jawaban

Melatih diri dengan berbagai macam Soal Essay Sistem Tata Surya bagi siswa adalah salah satu upaya untuk mengukur penguasaan materi Sistem Tata Surya.

Upaya tersebut (Latihan Soal Essay Sistem Tata Surya) juga penting untuk mengasah logika berpikritis siswa. Karena dengan melatihnya dengan berbagai jenis jenis pertanyaan, siswa diharapkan akan lebih mendalami materi tersebut, bukan hanya dari sisi hafalan materi Sistem Tata Surya. Tetapi juga dari struktur logika yang dibangun oleh guru melalui Soal Essay yang dibuat.


Contoh Soal Essay Sistem Tata Surya dalam tulisan ini hanyalah contoh Soal Essay. Bukan angka pasti. Artinya bukan “harus” diujikan pada siswa, tetapi diharapkan hanya sebagai referensi guru. Karena, mungkin di antara Soal Essay Sistem Tata Surya yang ada di bawah ini, cocok dan dirasa relevan dengan proses pembelajaran saat mengajar materi Sistem Tata Surya di kelasnya.

Dan kami akan lebih sangat bahagia, jika dengan modal Soal Essay Sistem Tata Surya di bawah ini, guru mengembangkannya menjadi Soal Essay dengan bentuk atau jenis Soal Essay lain, yang relevan situasi sosial mereka. Sehingga siswa merasakan bahwa Soal Essay yang dibuatkan untuknya adalah Soal Essay yang berkenaan dengan kehidupannya, bukanlah sesuatu yang abstrak dan jauh dari kebermanfaatan hidupanya.

Soal Essay Sistem Tata Surya dan Jawaban

Jelaskan pengertian tata surya!

Jawaban:

Tata Surya ialah kumpulan benda-benda langit yang tersusun atas suatu bintang besar yang disebut dengan matahari, dan seluruh objek yang terikat oleh gaya gravitasinya

Sebutkan planet dalam dalam tata surya kita!

Jawaban:

Merkurius, venus, bumi, mars

Sebutkan planet luar dalam tata surya kita!

Jawaban:

Jupiter, saturnus, uranus, neptunus

Jelaskan pengertian asteroid!

Jawaban:

Secara umum adalah objek Tata Surya yang terdiri dari batuan dan mineral logam beku

Jelaskan pengertian komet!

Jawaban:

Komet adalah badan Tata Surya kecil, biasanya hanya berukuran beberapa kilometer, dan terbuat dari es volatil.

Mengapa pluto tidak lagi dianggap sebagai planet dalam tata surya kita?

Jawaban:

Pluto sudah tidak dianggap lagi sebagai sebuah planet karena lintasan orbitnya tidak bersih dari benda langit lainnya. Hal ini bertentangan dengan pengertian planet yang di sampaikan oleh IAU.

Jelaskan pengertian satelit alami dan satelit buatan?

Jawaban:

Satelit alami adalah benda langit yang bergerak mengelilingi sebuah planet. Sedangkan satelit buatan adalah satelit yang dibuat oleh manusia dan semua gerakannya telah diatur oleh manusia.

Apa yang menjadi sumber energi bagi sistem tata surya?

Jawaban:

Matahari adalah sumber energi bagi sistem tata surya, melalui proses fusi bahan bakar hydrogen menjadi helium.

Sebutkan dan jelaskan 4 planet dalam sistem tata surya!

Jawaban:

  • Merkurius: planet terkecil dan paling dekat dengan Matahari, memiliki atmosfer sangat tipis dan permukaan yang terkena sinar matahari secara langsung.
  • Venus: planet kedua dari Matahari, memiliki atmosfer yang sangat tebal dan berdampak pada suhu planet yang sangat tinggi.
  • Bumi: planet ketiga dari Matahari, memiliki atmosfer yang memungkinkan adanya kehidupan dan memiliki bulan sendiri.
  • Mars: planet keempat dari Matahari, memiliki atmosfer yang sangat tipis dan memiliki beberapa satelit kecil.

Bagaimana sistem tata surya terbentuk?

Jawaban:

Sistem tata surya terbentuk melalui proses penyusutan awan molekul berkabut besar yang membentuk Matahari dan planet-planet lain. Kemudian, gravitasi memegang peran penting dalam membentuk sistem tata surya menjadi seperti sekarang.

Apa dampak sistem tata surya bagi Bumi dan kehidupan di Bumi?

Jawaban:

Sistem tata surya memiliki dampak besar bagi Bumi dan kehidupan di Bumi, seperti: memberikan energi melalui sinar matahari, mempengaruhi musim dan cuaca, memegang peran penting dalam pemeliharaan ekosistem, dan memungkinkan adanya kehidupan dengan mempertahankan kondisi yang stabil dan cocok bagi kehidupan.


Sebutkan dan jelaskan karakteristik dari planet-planet terbesar dalam sistem tata surya!

Jawaban:

Dalam sistem tata surya, terdapat 4 planet terbesar yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Berikut adalah karakteristik masing-masing planet:

  • Jupiter adalah planet terbesar dalam sistem tata surya, memiliki atmosfer yang sangat tebal dan permukaan yang tidak stabil. Jupiter memiliki beberapa satelit besar, seperti Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.
  • Saturnus memiliki atmosfer yang sangat tebal dan memiliki satelit besar seperti Titan dan Enceladus. Hal yang paling menonjol dari Saturnus adalah sistem lingkaran bintang-bintang di atmosfernya.
  • Uranus adalah planet yang memiliki rotasi yang sangat unik, dengan sumbu rotasi yang berada di posisi horizontal. Uranus memiliki atmosfer yang sangat tebal dan memiliki beberapa satelit besar, seperti Miranda, Ariel, Umbriel, dan Titania.
  • Neptunus adalah planet terakhir dari keempat planet gas besar dalam sistem tata surya, memiliki atmosfer yang sangat tebal dan memiliki satelit besar seperti Triton. Neptunus memiliki sistem lingkaran bintang-bintang yang lebih redup dibandingkan dengan Saturnus.

Apa yang menjadi perbedaan antara planet gas dan planet bumi?

Jawaban:

Perbedaan utama antara planet gas dan planet bumi adalah komposisi dan sifat fisik dari masing-masing planet. Planet gas seperti Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus memiliki atmosfer yang sangat tebal dan tidak memiliki permukaan yang stabil. Sementara itu, planet bumi seperti Bumi dan Venus memiliki permukaan yang stabil dan memiliki atmosfer yang tipis.

Perbedaan lain antara kedua jenis planet adalah planet gas memiliki massa yang lebih besar dan memiliki gravitasi yang lebih kuat dibandingkan dengan planet bumi. Planet gas juga memiliki satelit-satelit besar dan memiliki sistem lingkaran bintang-bintang di atmosfernya.

Jelaskan proses terbentuknya bulan dalam sistem tata surya!

Jawaban:

Proses terbentuknya bulan dalam sistem tata surya masih belum pasti, namun ada beberapa teori yang menjelaskan hal ini. Teori yang paling populer adalah teori “The Giant Impact Hypothesis”. Teori ini menyatakan bahwa bulan terbentuk dari material yang terlepas dari Bumi ketika Bumi mengalami tabrakan dengan sebuah planet atau benda angkasa lain yang sangat besar. Material yang terlepas inilah yang kemudian menyatu dan membentuk bulan.

Selain itu, ada juga teori “The Capture Hypothesis”, yang menyatakan bahwa bulan terbentuk dari benda angkasa luar yang tertangkap oleh gravitasi Bumi. Namun, teori ini jarang dipakai karena sulit untuk membuktikan.

Sebutkan dan jelaskan 2 fenomena alam yang terjadi di sistem tata surya!

Jawaban:

Dalam sistem tata surya, terjadi beberapa fenomena alam yang menarik untuk dibahas. Berikut adalah 2 fenomena alam tersebut:

  • Gerhana Matahari: Gerhana Matahari adalah kondisi di mana Bumi berada di antara Matahari dan bulan, sehingga cahaya Matahari terhalang oleh bulan dan membuat bagian bumi yang berada dalam bayangan bulan mengalami kegelapan.
  • Meteor Shower: Meteor shower adalah fenomena alam di mana beberapa bintang jatuh ke Bumi sebagai meteor. Fenomena ini terjadi ketika Bumi melewati sebuah sistem debu dan partikel dalam ruang angkasa.

Apa peran Matahari dalam sistem tata surya dan bagaimana pengaruhnya terhadap kehidupan di Bumi?

Jawaban:

Matahari memiliki peran yang sangat penting dalam sistem tata surya. Matahari merupakan sumber cahaya dan energi bagi sistem tata surya, dan memastikan bahwa planet-planet dalam sistem tata surya dapat bergerak dan berputar dengan stabil.

Pengaruh Matahari terhadap kehidupan di Bumi juga sangat besar. Matahari memberikan cahaya dan energi yang diperlukan untuk menjaga temperatur Bumi dan memastikan bahwa tanaman dan hewan dapat bertahan hidup. Matahari juga memainkan peran penting dalam membentuk iklim dan cuaca Bumi.

Dengan demikian, Matahari merupakan elemen penting dalam sistem tata surya dan merupakan faktor utama dalam memastikan kelangsungan hidup bagi Bumi dan kehidupan yang ada di dalamnya.

Penutup: Support Anda Penting Bagi Kami 

Terimakasih sudah berkunjung di Wislah.com, khususnya dalam artikel ini. Yaitu postingan tentang Soal Essay Sistem Tata Surya dan jawaban . Sebagai informasi tambahan, wislah.com tumbuh dan berkembang hanya dengan iklan yang ada dalam website ini. Sehingga support pengunjung menjadi hal yang sangat penting bagi kami. Sebelum pemberian dukungannya, kami ucapkan terimakasih.

Related posts