Soal Essay Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia dan Jawaban

Soal Essay
Kumpulan Contoh Soal Essay dan Jawabannya, Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013

Soal Essay Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia dan Jawabannya | Kelas 9 | Contoh Soal Essay | Wislah Indonesia | Soal Essay Hots | Pembahasannya |  

Contoh Soal Essay Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia dan Jawaban

Melatih diri dengan berbagai macam Soal Essay Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia bagi siswa adalah salah satu upaya untuk mengukur penguasaan materi Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia.

Upaya tersebut (Latihan Soal Essay Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia) juga penting untuk mengasah logika berpikritis siswa. Karena dengan melatihnya dengan berbagai jenis jenis pertanyaan, siswa diharapkan akan lebih mendalami materi tersebut, bukan hanya dari sisi hafalan materi Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia. Tetapi juga dari struktur logika yang dibangun oleh guru melalui Soal Essay yang dibuat.


Contoh Soal Essay Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia dalam tulisan ini hanyalah contoh Soal Essay. Bukan angka pasti. Artinya bukan “harus” diujikan pada siswa, tetapi diharapkan hanya sebagai referensi guru. Karena, mungkin di antara Soal Essay Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia yang ada di bawah ini, cocok dan dirasa relevan dengan proses pembelajaran saat mengajar materi Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia di kelasnya.

Dan kami akan lebih sangat bahagia, jika dengan modal Soal Essay Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia di bawah ini, guru mengembangkannya menjadi Soal Essay dengan bentuk atau jenis Soal Essay lain, yang relevan situasi sosial mereka. Sehingga siswa merasakan bahwa Soal Essay yang dibuatkan untuknya adalah Soal Essay yang berkenaan dengan kehidupannya, bukanlah sesuatu yang abstrak dan jauh dari kebermanfaatan hidupanya.

Soal Essay Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia dan Jawaban

Apa yang dimaksud dengan perlindungan hukum?

Jawaban:

Perlindungan hukum merupakan upaya yang dilakukan secara ssadar oleh setiap orang ataupun lembaga pemerintahan dan swasta.

Tujuannya untuk mengusahakan pengamanan, penguasaan, dan pemenuhan kesejahteraan hidup sesuai dengan hak asasi yang ada.

Jadi, hukum memberikan perlindungan kepada manusia dalam memenuhi berbagai macam kepentingan.

Apa saja unsur-unsur perlindungan hukum?

Jawaban:

Unsur-unsur perlindungan hukum, yaitu:

  • Adanya perlindungan dari pemerintahan kepada warganya.
  • Adanya jaminan kepastian hukum.
  • Adanya keterkaitan dengan hak-hak warga negara.
  • Adanya sanksi hukuman bagi pelanggar hukum.

Apa yang dimaksud dengan hak atas kekayaan intelektual?

Jawaban:

Hak atas kekayaan intelektual merupakan hak atas kekayaan intelektual yang meliputi, hak cipta dan hak atas kekayaan industri.

Pengaturan mengenai hak ini sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan, seperti UU No.28 Tahun 2004, UU No.15 Tahun 2001, dan UU No.13 Tahun 2016.

Mengapa perlindungan dan penegakan hukum perlu dilakukan?

Jawaban:

Perlindungan dan penegakan hukum perlu dilakukan demi tegaknya supremasi hukum, keadilan, dan terwujudnya perdamaian dalam kehidupan masyarakat.

Apa saja faktor penentu perlindungan dan penegakan hukum?

Jawaban:

Faktor penentu perlindungan dan penegakan hukum yaitu:

  • Hukum yang berlaku seperti undang-undang.
  • Penegakan hukum.
  • Masyarakat yang memahami hukum tersebut.
  • Sarana dan fasilitas yang mendukung penegakan hukum.

Sebagai lembaga penegak hukum, apa peran Kepolisian Republik Indonesia?

Jawaban:

Peran Kepolisian Republik Indonesia, di antaranya:

  • Melakukan penangkapan, penahanan, penggeledahan, dan penyitaan.
  • Melarang orang untuk meninggalkan atau memasuki tempat kejadian perkara atau TKP untuk kepentingan penyelidikan.
  • Membawa dan menghadapkan seseorang kepada penyidik dalam rangka penyidikan.
  • Melakukan penyitaan dan pemeriksaan surat.

Apa saja peran advokat dalam penegakan hukum di Indonesia?

Jawaban dan penjelasannya:

  • Advokat memberikan jasa hukum berupa kunsultasi hukum, bantuan hukum, menjalankan kuasa, mewakili, membela, mendampingi dan melakukan tindakan hukum.
  • Advokat juga memiliki tugas profesi yaitu untuk menjaga tegaknya keadilan berdasarkan hukum untuk kepentingan masyarakat.

Jelaskan sifat hukum yang mengatur dan memaksa!

Jawaban:

Hukum mempunyai sifat yang mengatur dan memaksa, dikatakan bersifat mengatur, karena hukum memuat peraturan-peraturan berupa perintah dan larangan yang mengatur tingkah laku manusia dalam hidup bermasyarakat. Dikatakan memaksa, karena hukum dapat memaksa anggota masyarakat untuk mematuhinya. Apabila melanggar hukum akan menerima sanksi yang tegas.


Jelaskan bukti Indonesia merupakan negara hukum!

Jawaban:

Indonesia sebagai negara hukum terlihat jelas dalam Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 Pasal 1 Ayat (3) yang berbunyi “Negara Indonesia adalah negara hukum.” Selain itu juga Pasal 27 Ayat (1) yang berbunyi “Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan wajib itu dengan tidak ada kecualinya.”

Dari isi pasal-pasal tersebut jelaslah sudah bahwa Indonesia adalah negara hukum dan dengan demikian berarti hukum tersebut mengikat bagi seluruh warga negara dan pemerintahan

Jelaskaan pengertian perlindungan hukum dan penegakan hukum!

Jawaban:

Perlindungan hukum adalah segala upaya yang dilakukan penegak hukum untuk melindungi hak-hak dari subjek hukum agar hak-hak tersebut tidak dilanggar.

Sedangkan penegakan hukum adalah proses dilakukannya upaya untuk tegaknya atau berfungsinya norma-norma hukum secara nyata sebagai pedoman perilaku dalam lalu lintas atau hubungan-hubungan hukum dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Mengapa begitu pentingnya perlindungan dan penegakan hukum dilaksanakan!

Jawaban:

Terciptanya supremasi hukum, tegaknya keadilan dalam masyarakat dan menjamin masyarakat yang tertib

Sebutkan fungsi dari kepolisian republik Indonesia!

Jawaban:

Fungsi dari kepolisian adalah salah satu fungsi pemerintahan negara di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat. Penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Jelaskan tentang KPK sebagai lembaga perlindungan dan penegakan hukum di Indonesia!

Jawaban:

KPK adalah lembaga yang didirikan pada tahun 2002 lembaga ini dibentuk dengan tujuan meningkatkan daya guna dan hasil guna terhadap upaya pemberantasan tindak pidana korupsi.

KPK bersifat independen dan bebas dari pengaruh kekuasaan mana pun dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya. Komisi ini didirikan berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2002 mengenai Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Dalam pelaksanaan tugasnya, KPK berpedoman kepada lima asas, yaitu: kepastian hukum, keterbukaan, akuntabilitas, kepentingan umum, dan proporsionalitas. KPK bertanggung jawab kepada publik dan menyampaikan laporannya secara terbuka dan berkala kepada Presiden, DPR, dan BPK.

Sebutkan jenis sanksi-sanksi dalam pelanggaran hukum!

Jawaban:

Sanksi-sanksi tersendiri diatur dalam pasal 10 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), yaitu:

Hukuman pokok, yang terbagi menjadi:

  1. hukuman mati
  2. hukuman penjara
  3. hukuman kurungan
  4. hukuman denda

Hukuman-hukuman tambahan, yang terbagi menjadi:

  1. pencabutan beberapa hak yang tertentu
  2. perampasan barang yang tertentu
  3. pengumuman keputusan hakim

Jelaskan tentang pengertian pelanggaran dan kejahatan!

Jawaban:

Pelanggaran dan kejahatan dua kata yang berhubungan dengan hukum. Kejahatan adalah perbuatan melanggar hukum yang dikategorikan berat dan sedang. Sedangkan pelanggaran adalah perbuatan melanggar hukum yang dikategorikan ringan. Sanksi tindakan kejahatan adalah hukuman dan denda , sedangkan sanksi tindak pelanggaran umumnya berupa denda. Misalnya, pelanggaran lalu lintas biasanya didenda dengan sejumlah nominal sesuai UU.

Jelaskan makna pasal 27 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945 !

Jawaban:

Berdasarkan Pasal 27 Ayat (1), yakni segala warga negara bersamaan dengan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintah dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.

Untuk itu jelaslah sudah dasar hukum yang mewajibkan masyarakat berpartisipasi dalam perlindungan dan penegakan hukum.

Sebutkan beberapa cara yang bisa kita lakukan dalam upaya melindungi dan menegakkan hukum di Indonesia !

Jawaban:

Beberapa cara yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut sosialisasi sejak dini mengenai hukum dan peraturan-peraturan di dalamnya, Menanamkan sikap patuh pada akan hukum, membangun kesadaran hukum sejak dini.

Memahami akan pentingnya menjunjung hukum dan kehidupan sehari-hari, menciptakan para penegakan hukum yang profesional dan bersih dan memupuk budaya hukum.

Terimakasih sudah berkunjung di Wislah.com, khususnya dalam artikel ini. Yaitu postingan tentang Soal Essay Perlindungan dan Penegakan Hukum di Indonesia dan jawaban Kelas 9. Sebagai informasi tambahan, wislah.com tumbuh dan berkembang hanya dengan iklan yang ada dalam website ini. Sehingga support pengunjung menjadi hal yang sangat penting bagi kami. Sebelum pemberian dukungannya, kami ucapkan terimakasih.

Related posts